Saat ini batik tidak hanya diakui sebagai warisan bangsa Indonesia. Lebih dari itu, batik sudah mendapat pengakuan dari lembaga WHO dan organisasi internasional lainnya sebagai budaya warisan dunia.

Batik dikenal dengan berbagai macam motifnya. Bahkan kini ragamnya begitu banyak. Hampir-hampir di setiap daerah memiliki motif yang menjadi ciri khas tersendiri. Selain itu, fungsinya yang dulu hanya dikenakan pada acara-acara resmi pun seolah bergeser menjadi pakaian sehari-hari.

Wajar bila kini banyak bangsa lain yang menaruh minat pada hasil karya adiluhung bangsa ini. Bahkan beberapa tokoh pun pernah terlihat mengenakannya.

Bagaimana kisah batik Indonesia hingga bisa terkenal di seantero dunia, khususnya di era sebelum kemerdekaan? Berikut ini kisah singkatnya.

1Dikenal Sejak Abad ke-6

loop.co.id

Menurut seorang ahli arkeologi bernama G. P. Rouffaer, teknik pembatikan mulai dikenal masyarakat Nusantara pada sekitar abad ke-6 atau ke-7 yang diperkenalkan oleh para imigran dari India dan Srilanka.

2Ditemukan Pola Batik Gringsing di Abad ke-12

jillraini.wordpress.com

Dalam sebuah penelitian, ditemukan sebuah artefak di abad ke-12 mengenai pola batik gringsing di Kediri, Jawa Timur. Pola batik ini dibuat menggunakan canting sehingga menurut G. P. Rouffaer bahwa canting ditemukan pada abad yang sama.

3Mulai Mendunia di Tahun 1817

batikmama.com

Buku History of Java karya Sir Thomas Stamford Raffles lah yang berperan dalam memperkenalkan teknik batik Nusantara ke Eropa. Saat itu, ia menjadi Gubernur Inggris di Jawa.

4Batik Masuk Belanda pada Tahun 1835

wikimedia.org

Salah satu sumber menyatakan bahwa pada tahun 1835 pemerintahan Belanda yang ada di Hindia Belanda (Indonesia jaman penjajahan) membawa beberapa pembatik untuk mengajarkan teknik tersebut di beberapa pabrik di Belanda.

5Batik di Rotterdam Tahun 1873

peristiwa-id.com

Di Tahun 1873 seorang saudagar Belanda bernama Van Rijekevorsel pernah memberikan selembar kain batik saat datang ke Museum Etnik di Rotterdam. Hingga kini kain batik yang diberikannya masih tersimpan rapi di museum tersebut.

6Dipamerkan di Paris Tahun 1900

rikafe.blogspot.com

Paris memang telah menjadi ikon kiblat fashion dunia sejak dulu. Dan batik telah mendapat kesempatan untuk dipamerkan dalam ajang Exposition Universelle di kota tersebut. Saat itu batik Indonesia mendapat perhatian dari banyak seniman.