Fenomena batu akik yang sedang banyak diminati membuat banyak bermunculan batu akik dengan harga yang fantastis. Keberadaan batu akik memang tidak dihargai dengan murah. Namun ada beberapa batu akik yang harganya begitu mahal, hingga milyaran rupiah.

Tak hanya di Indonesia saja, fenomena batu akik dengan harga yang selangit. Di luar negeri pun batu akik dihargai dengan nominal hingga jutaan dolar.

Batu akik banyak digunakan sebagai aksesoris atau perhiasan seseorang agar terlihat lebih menawan atau berkharisma.

Selain sebagai aksesoris, setiap batu akik juga memiliki manfaat dan keindahannya masing-masing. Karena itulah, batu akik menjadi banyak peminatnya di pasaran.

Perhiasan bermatakan batu akik seperti cincin, kalung, gelang, liontin dan bros juga banyak dicari para penggemar batu akik.

Laki-laki dan wanita sama-sama pantas menjadi penggemar batu akik. Mereka rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk mendapatkan sebutir batu akik.

Ada sebagian orang yang menjadi penggemar batu akik karena desain dan warnanya. Namun ada juga yang murni untuk investasi di masa depan.

Berkaitan dengan investasi, ada beberapa batu akik yang memiliki harga fantastis hingga layak menjadi batu akik termahal di dunia.

Berikut ini beberapa batu akik termahal di dunia yang bisa menjadi referensi untuk investasi.

1Batu Akik Jadeite

bisnisborneo.com

Batu ini merupakan salah satu batu akik terlangka di dunia. Oleh karena itulah pantas jika memiliki harga yang sangat mahal. Batu ini pernah terjual dengan harga sekitar 9,3 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan 120 milyar rupiah.

2Batu Akik Berlian Merah

embanakik.com

Tak jauh berbeda dengan batu akik sebelumnya, batu ini juga termasuk batu akik termahal dan terlangka di dunia. Ciri khasnya yang sangat mudah diingat dan dikenali menambah nilai tambah batu akik berwarna merah ini.

Batu ini berkilauan seperti jenis batu berlian. Karena termasuk dalam kategori batu langka, sehingga per karatnya dijual dengan harga jutaan dolar Amerika Serikat.

3Batu Akik Serendibite

akiksumbawa.com

Batu akik yang masuk kategori termahal ketiga di dunia ini juga termasuk jenis yang langka. Jumlah batu ini dari tahun ke tahun semakin menurun. Apalagi tidak semua negara memilikinya.

Bahkan saat ini, batu akik Serendibite menjadi yang diburu oleh para penggemar batu akik sedunia.

Saat ini, batu akik ini dibandrol pada harga 2,5 juta dolar Amerka Serikat. Sangat mahal bukan?

4Batu Akik Garnet

majalahbatu.com

Penampilannya memang tampak cantik dan mempesona. Adanya beberapa pilihan warna membuatnya semakin diminati pasar. Beberapa warna seperti kuning, jingga, hitam, cokelat, merah, dan merah muda memang banyak peminatnya.

Keberadaannya yang sangat susah dicari membuat batu ini memiliki harga melambung tinggi hingga kisaran pada angka 1,5 juta dolar Amerika Serikat.

5Batu Akik Painite

semarang.solopos.com

Batu akik ini dibandrol dengan harga kisaran 60 ribu dolar Amerika Serikat per karat. Painite termasuk batu akik termahal di dunia ke-5 dan yang paling langka dari batu akik lainnya. Bahkan dipercaya sebagai batu mineral paling langka.

Batu akik Painite pertama kali ditemukan pada tahun 1950-an di Myanmar oleh seorang peneliti Inggris.

6Batu Akik Gradidierite

isigood.com

Berbeda dengan batu akik langka lainnya. Batu ini pertama kali ditemukan di Madagaskar Selatan oleh Alfred Grandider. Tepatnya pada tahun 1902. Nama penemu inilah yang akhirnya dijadikan dasar penamaan batu ini.

Harganya per karat dapat mencapai 50 ribu dolar Amerika Serikat. Uniknya, batu ini sangat mirip dengan batu berlian dengan tampilan nyaris bening seperti kaca kebiru-biruan.