Semua bangunan mulai dari pencakar langit sampai rumah hunian biasa tidak pernah lepas dari yang namanya batu bata.

Batu bata menjadi bahan paling dasar dalam membuat dinding. Bahan material ini terbuat dari tanah liat dengan cara dibakar sampai berwarna merah alias kering.

Seiring dengan perkembangan teknologi, beragam inovasi telah dilakukan untuk pengembangan bahan material yang satu ini. Termasuk pengembangan bentuknya.

Salah yang mengembangkannya adalah arsitek asal Kolombia, Miguel Niño dan Johanna Navarro. Mereka menciptakan sebuah batu bata tanah liat dengan bentuk tidak teratur, yang diberi nama BT-Bloque Termodisipador.

Di bawah perusahaan arsitekturnya Smart Diseño y Arquitectura SAS, mereka tidak hanya membuat batu bata biasa.

Batu bata tersebut tidak hanya memiliki bentuk tidak teratur, melainkan juga memiliki kelebihan dapat melindungi rumah dari radiasi panas sinar matahari.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Bentuk dasar dari batu bata tersebut memang sama dengan batu bata pada umumnya, yaitu persegi panjang. Tetapi, di sisi lain dari persegi tersebut membentuk pola prisma segitiga.

Jika dijadikan sebuah dinding, pola prisma segitiga tersebut menjadi bagian yang berada di luar rumah, sehingga bagian tersebut yang akan melindungi dinding dari sinar matahari.

Bentuk fasad yang tidak teratur jika sudah jadi sebuah dinding bangunan rumah secara utuh tampak sangat unik dan menarik.

1Solusi Masalah Hunian

architecturendesign.net

Batu bata BT-Bloque Termodisipador ini memang ditujukan untuk menjadi solusi dari permasalahan masyarakat dunia selama ini.

Merancang dan membangun hunian dibuat agar senyaman mungkin agar kualitas hidup juga menjadi baik. Namun kondisi hidup telah berubah, contohnya seperti pemanasan global yang sering menjadi permasalahan pelik.

Tahun lalu ribuan orang meninggal di India akibat cuaca panas yang ekstrim. Batu bata BT-Bloque Termo Disipador ini bisa jadi solusi dalam masalah itu.

2Menangkal Panas dan Suara

architecturendesign.net

BT – Bloque Termodisipador adalah batu bata untuk arsitektur fasad. Mengadopsi proses manufaktur yang sama dengan batu bata tanah liat tradisional, namun dengan inovasi dalam desain penampang yang digunakan dalam proses ekstrusi.

Bentuknya pun tidak biasa, terdiri dari persegi panjang dan segitiga sisi yang tidak teratur. Sebagiannya melindungi batu bata dari radiasi matahari dan transfer panas.

Pemisahan antara blok, dikombinasikan dengan saluran yang membentuk segitiga tak sama sisi, memungkinkan ventilasi untuk melewati batu bata.

Dengan cepat menghilangkan panas yang tersimpan dan mengurangi jumlah energi panas yang dipancarkan ke dalam interior bangunan.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Bukan hanya panas, dengan bentuknya yang tidak beraturan itu, mampu untuk membelokkan suara, mengurangi jumlah suara yang masuk ke dalam bangunan.

Jadi bagi masyarakat perkotaan yang sangat dekat dengan ramai-riuhnya jalanan dan berbagai aktivitas lain, jangan khawatir rumah atau kantormu akan menjadi bising kalau menggunakan BT – Bloque Termodisipador ini.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Lihat gambar, Perbandingan dengan batu bata biasa dengan Batu bata BT. Cara kerja batu bata ini dalam menghalau kebisingan.

Bentuk tidak teraturnya meredam kebisingan, memutus gelombang suara terus menerus, dan menghilangkan jumlah suara yang dipantulkan di dalam dan di luar gedung.

Selain itu batu bata ini juga diklaim juga tidak akan mengalami perembesan air yang biasa terjadi pada dinding biasa saat hujan.

Sisi terkecil dari segitiga tidak teratur itu memiliki kemiringan yang tak memungkinkan terjadinya penumpukan air. Selain itu batu bata ini juga diklaim tidak rentan terhadap penuaan, dan dijamin awet ratusan tahun.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Batu bata BT – Bloque Termodisipador juga dapat disusun dengan berbagai cara instalasi. Memberikan kebebasan untuk berbagai ekspresi arsitektur, dan membuat ciri keunikan.

Dengan dimensi yang sama dengan batu bata biasa, BT – Bloque Termodisipador juga bisa digabungkan dengan batu bata biasa sebagai kombinasi. Namun lebih baik jika menggunakan keseluruhan.