Hei, kamu para pecinta batu! Hahaha. Memang Indonesia sedang jaman-jamannya dari para kawula muda hingga yang tua renta mengandrungi benda ini. Rata-rata, mereka memakainya sebagai cincin.

Hmmm, pasti mereka punya alasan masing-masing mengapa mereka suka memakainya.
Entah itu untuk sekedar mengikuti tren lah, atau agar bisa terlihat kharismanya lah (mungkin bangga gitu ya bisa beli cincin batu).

Sampai ada yang percaya bisa nambah kuat (dikasih makan sama cincinnya kali ya). Sedikit tidak habis pikir sih. Oke Guys, berbicara soal cincin batu ya, sepertinya membahas batu-batu yang langka cukup asik nih. Simak satu-satu ya Guys!

1Batu Painite

insider.pro

Batu painite ini bernilai 60 ribu per karat namun batu ini merupakan batu paling langka yang pernah ada di dunia karena batu ini hanya 3 saja yang pernah ditemukan yaitu salah satunya ditemukan pertama oleh Artur Pain di Myanmar pada tahun 1950.

Para peneliti batu mulia di dunia yakin bahwa jenis batu ini adalah batu paling langka di seluruh dunia. Hal ini terbukti karena dalam kurun waktu hampir satu dekade, hanya dua jenis batu ini yang bisa ditemukan di seluruh dunia.

Berdasarkan beberapa penelitian batu langka ini memiliki kandungan mineral seperti kalsium, zirconium, alumunium, boron dan oksigen.

2Batu Jadeite

kalimatlangit.blogspot.com

Batu Jadeite merupakan salah satu batu giok yang sangat langka dan paling mahal karena sangat langka. Hal tersebut yang menyebabkan harganya sangat mahal yaitu berkisar 3 juta Dollar AS per karatnya.

Batu Giok ini mirip sekali dengan batu giok Niphrite Jade yang ditemukan di Aceh, hanya saja beda kualitas.

3Batu Grandidierite

pinterest.com

Batu Grandidierite ini merupakan batu mineral yang ditemukan oleh Alfren Grandidier pada thun 1902 di Madagaskar saat melakukan penelitian sumberdaya alam. Batu ini mempunyai texture atau kombinasi warna yang indah.

Untuk memiliki batu ini pun sangat sulit sekali, karena ketersedian batu ini pun sudah mulai jarang sekali di dunia. Batu dengan corak warna hijau ini bisa berubah warna menjadi biru ataupun putih menyala. Batu yang unik dan mempunyai keindahan tersendiri.

4Batu Black Opal

tokopedia.com

Batu Opal Hitam atau Black Opal banyak ditemukan di Australia. Di Indonesia sendiri pun sudah ada penambang batu jenis ini, tepatnya di Provinsi Banten.

Meskipun begitu, batu ini tetap menjadi batu akik langka karena jumlahnya yang sedikit dengan peminat yang luar biasa banyak sehingga harganya mencapai 2.355 Dollar AS tiap karatnya.

5Batu Poudretteite

anekatop10.com

Batu dengan kombinasi warna pink dan putih ini merupakan batu paling langka di dunia. Dengan teksture yang cantik membuat batu ini banyak digemari para kolektor batu mulia di dunia.

Sehingga membuat keberadaan batu ini menjadi punah dan sudah tidak bisa ditemukan lagi.Batu mulia ini pertama kali ditemukan di Mon Saint Hilaire, Quebec pada pertengahan tahun 1960.

6Batu Tanzanite

satujam.com

Karena bentuk dan kemilau batu tanzanite yang indah, membuat para kolektor batu mulia di dunia mencari batu ini.

Sayangnya, karena sulit mendapatkannya, maka batu ini pun terbilang sangat langka, harga untuk memiliki batu ini pun terbilang cukup mahal.Batu ini berasal dari Utara Tanzania tepatnya di pegunungan Kalimanjaro.

7Batu Musgravite

anekatop10.com

Batu Musgravite Ini juga batu akik langka yang pernah ditemukan di wilayah Musgrave, Australia Selatan sekitar tahun 1967 sehingga dinamai dengan Batu Musgravite. Sangking langkanya batu musgravite ini dinilai dengan harga 35 ribu Dollar Amerika per karatnya.

8Batu Blue Garnet

jatibening.com

Blue Garnet atau batu garnet biru merupakan batu akik langka selanjutnya yang beraneka jenis warna yang pertama ditemukan di Madagaskar lalu di Amerika, Rusia Turki, Tanzania dan Kenya.

Dimana harga per karat bisa bisa menjapai 1,5 juta Dollar Amerika. Pada tahun 2003 batu garnet biru ini terjual 4,2 karat dengan harga 6,8 juta Dollar AS.

Kamu yang cinta sama batu sudah kenal dengan ke delapan batu tadi belum? Itu anugerah Tuhan, kenapa dijadikan ajang penunjuk kekuatan, kekayaan, atau apapun itulah. Wake up Guys!

Tuhan memberi kita itu semua tidak lain dan tidak bukan agar kita semakin bersyukur. Semoga bermanfaat!

 

 

SHARE