Halo para pecinta batu mulia! Tentu kamu sangat antusias begitu membaca judul artikel ini.

Di Indonesia sudah sangat ramai masyarakat membicarakan tentang batu mulia atau yang lebih dikenal dengan batu akik. Selain karena katanya batu ini memiliki pesona keindahan yang beragam, tak sedikit juga yang mempercayai bahwa batu ini memiliki kekuatan mistik. Hehe.

Batu mulia memang banyak diminati dikalangan masyarakat. Saat ini tidak hanya orang tua yang berminat, bahkan anak-anak mudapun sudah mulai ramai membicarakan dan mengenakan batu ini.

Demam batu akik kali ini nampaknya tidak hanya berlangsung satu atau dua bulan saja, melainkan akan berlanjut bahkan sampai beberapa tahun kedepan.

Nah, untuk itu kamu jangan ketinggalan. Walaupun mungkin kamu bukan pecinta batu akik, ngga ada salahnya untuk mengenali jenis-jenis batu yang sangat tersohor ini.

1Bacan

pusatbatu.com

Nama batu mulia yang satu ini memang mirip dengan nama salah satu daerah di Indonesia bagian timur. Kalau kamu berkunjung ke Ternate, kamu akan menemukan sebuah daerah bernama bacan. Jelas saja nama batu ini Bacan, karena dia berasal dari Maluku Utara, hehe.

Keunggulan batu bacan adalah dia mampu bermetafora, sehingga semakin lama batu bacan akan semakin indah secara alami. Waw! Menarik bukan? Dari jenis batu bacan ini yang paling populer adalah jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.

2Kalimaya

infobatuakik.info

Kalimaya adalah salah satu jenis batu akik yang memiliki tekstur agak lembek dibanding akik lainnya. Ia juga memiliki ciri spesifik memancarkan warna semacam berlian sehingga menjadikan batu ini termasuk buruan nomor satu bagi para kolektor.

Jenis batu mulia yang satu ini juga dikenal dengan nama batu opal. Di luar negeri batu opal bisa ditemukan di negara India, Meksiko, Australia dan juga Mesir, untuk di Indonesia sendiri bisa ditambang di Banten.

3Zamrud

ultradn.blogspot.com

Batu dengan warna hijau menawan ini juga sangat terkenal dikalangan pecinta batu mulia.

Batu yang emiliki kekerasan sekitar 7.5 skala mohs ini sangat dihargai dan dimuliakan pada zaman kerajaan karena dianggap sebagai lambang kemakmuran juga kedamaian.

Oh, pantas saja jika batu ini dihargai sangat mahal dari dulu sampai sekarang.

4Topaz

batuakikmurah.net

Batu yang berasal dari Brazil, Srilanka dan Meksiko ini ternyata juga bisa kamu temukan di negara Rusia. Bagi yang percaya akan khasiat dari batu akik, batu jenis ini bisa mengurangi depresi bagi penggunanya.

Cocok buat kamu mblo! Hehe.

Batu topaz yang menjadi primadona dikalangan kolektor ini juga memiliki beragam warna, dari jingga, kuning dan bahkan kemerahan.

5Safir

batu-safir.blogspot.com

Wah, siapa yang tidak kenal dengan batu safir? Ini adalah salah satu primadona akik yang juga terkenal dan sangat diburu oleh para pecinta batu mulia. Tampilannya yang mewah membuat para pengusaha sangat senang mengenakannya.

Mungkin karena batu ini memancarkan aura kewibawaan dan lain sebagainya. Hehe.

Batu mulia jenis safir ini dipercaya memiliki khasiat menenangkan jiwa atau pikiran yang sedang kalut. Sehingga semakin meningkatkan harga jual batu yang satu ini.

Waw! Kamu mungkin harus rajin menabung untuk bisa membeli mahar batu mulia. Hehe.

6Kalsedon

batucincin-bagus.blogspot.com

Kalsedon mempunya ciri sedikit diselimuti kabut pada bagian permukaannya. Ini justru semakin menambah keeksotisan batu mulia jenis kalsedon.

Bisa ditemukan di daerah Jawa Barat dan daerah Sulawesi Tenggara batu ini seakan ikut melengkapi keindahan jenis batu akik yang ada di Indonesia.

Tapi, baru-baru ini jenis batu akik kalsedon juga ditemukan di daerah Pacitan Jawa Timur.

7Idokras

tokobatu.com

Sebagian besar batu jenis ini berwarna hijau lumut atau coklat kekuningan. Kamu bisa mendapatkan batu permata seperti ini di wilayah Sumatera Barat dan Aceh.

Tenang saja, Indonesia punya berbagai macam batu mulia yang indah, mewah, dan elegan. Meskipun harganya bisa selangit.

8Agate

cantikbagus.com

Batu ini adalah salah satu batu istimewa yang ada di Indonesia. Gambar atau motif yang tampak di batu tersebut merupakan ukiran alami.

Bahkan ada jenis batu mulia yang memiliki gambar mirip dengan ayam, sebuah karakter tertentu, atau lansekap.

Apakah kamu bertanya-tanya gambar yang lebih spesifik dalam harga batu akik pasti akan pergi.

9Crysoberil

embancincin.com

Batu yang juga disebut batu permata opal (permata) yang lembek, tetapi banyak orang menikmati. Harganya cukup mahal.

Opal dapat memancarkan cahaya berlian. Opal ditambang di India, Mesir, Australia, Meksiko. Terutama di Indonesia di Banten. Banyak jika tidak Crysoberil sebagai gunung yang paling indah di dunia.

Waw! Jadi selain keberagaman budaya dan kulinernya, Indonesia juga dikenal dengan kekayaan jenis batu mulia ya guys. Kamu wajib berbangga hati dengan ini. Hehe.

Batu mulia menjadi harta yang seolah sangat berharga dan prestisius sebab harganya yang selangit dan proses mendapatkan bahan bakunya sangat sulit.

Batu Permata atau Batu Mulia adalah sebuah mineral batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi.

Jenis Batu Permata termahal yang paling diminati di dunia adalah yang berkristal yaitu Batu Zamrud (Emerald), Batu Blue Safir (Sapphire), Batu Ruby (Merah Delima) dan Berlian / Batu Intan (Diamond). Permata tersebut sangat cocok dijadikan Batu cincin maupun cincin Berlian.

Pantas saja ya banyak pemburunya

10Cara Periksa Keaslian Batu Mulia

akikindo.blogspot.com

Jika kamu kolektor atau penggemar berat batu mulia dan mencari jenis-jenis tertentu batu mulia yang harganya tergolong cukup mahal,

maka sebaiknya batu mulia tersebut memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi Batu Mulia yang cukup terkenal di Indonesia.

GRI Lab (Gem Research International Lab, yang berkantor pusat di Batu Ceper 4 no 6L Jakarta Pusat. Jakarta Gems Center (JGC), berkantor pusat di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur tepatnya di lantai 2.

Ada pula AGL (Adam Gemological Laboratory), yang berada di Apartemen istana Harmoni lantai ½ A, Kimplek Harmoni Plaza, Jakarta Pusat.

Namun batu yang ada di pasaran hanya sebagian kecil saja yang memiliki sertifikat. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut periksalah keaslian batu mulia secara alami.

Jika batu asli terkena air atau minyak dan kemudian diusap, maka cairan tersebut tidak akan berbekas.

Batu asli jika disulut dengan bara api rokok atau dibakar dengan menggunakan korek api maka batu tersebut tidak akan terjadi perubahan wana seperti kelihatan gosong atau meleleh.

Jika dibakar dalam waktu agak lama akan mengeluarkan cairan berwarna coklat. Jika batu asli tersebut kita tempelkan di pipi maka akan terasa dingin.

Batu sintetis umumnya bening seperti kaca dan tidak akan terlihat serat-serat di dalamnya. Batu sintetis akan mudah tergores atau lecet jika terjatuh atau bergesekan dengan benda keras lainnya.

Kamu bisa juga menggunakan alat untuk membersihkannya. Gunakan Presidium Gem Tester. Alat ini sangat akurat untuk menguji keaslian batu.

Cara kerjanya yaitu gunakan pena tester alat ini, jika jarum bergerak ke arah hijau maka batu tersebut adalah asli.

Jika jarum bergerak hanya setengahnya atau bahkan tidak bergeraksama sekali maka batu tersebut adalah palsu atau sintetis.

Bisa juga menggunakan Diamond Selector. Cara kerjanya hampir mirip dengan alat di atas namun lampu indikatornya berbeda. Jika berwarna merah maka batu tersebut asli.

Jika indikator berwarna hijau atau kuning atau tidak menyala maka batu tersebut adalah palsu.

Kamu bisa juga memakai kaca pembesar. Alat ini sangat membantu untuk melihat kandungan serat yang ada di batu mulia tersebut, juga memeriksa jika ada gelembung udara yang biasa terdapat di batu mulia sintetis.

Pilihan berikutnya adalah lampu senter. Alat ini biasa digunakan sama seperti kegunaan kaca pembesar di atas.

Jika kamu amati dengan seksama, di pasaran beredar begitu banyak ragam nama batu mulia sehingga membuat sebagian konsumen menjadi kebingungan.

Namun para ahli geologi menetapkan standarisasi internasional nama jenis batu mulia tersebut yang biasanya dipakai dalam sertifikasi batu mulia. Istilah-istilah nama batu mulia yang biasa terdapat di Indonesia adalah sebagai berikut:

Intan (Diamond), Kecubung (Amethyst), Kecubung Es (Rock Crystal), Kecubung Teh (Smoky Quartz), Kecubung Hijau (Prasiolite Quartz), Badar Lumut (Green Jasper), Badar Tawon (Petrified Sea Coral), Mirah (Ruby),

Zamrud Merah (Bixbite), Merah Delima (Ruby Star), Sungai Dareh (Idocrase), Bacan (Chrysocolla), Kalimaya (Opal), Giok (Jade), Akik (Agate), Safir Air (Lolite),

Ruby Borneo/Merah Borneo (Rhodochrosite), Biduri Bulan (Moon Stone – White Sheen), Biduri Laut (Moon Stone Feldspar – Blue Sheen), Pirus (Turquoise), Badar Emas (Pyrite), Batu Raja (Chalcedony), Yaman (Chalcedony Agate).

11Batu Mulia Kena Pajak

maxmanroe.com

Menteri Perindustrian, yaitu Saleh Husin mengatakan, tingkat penjualan batu mulia di Jakarta Gems Stone Rawabening, Jatinegara, Jakarta Timur terus meningkat tajam hingga mencapai Rp 5 miliar-Rp 10 miliar setiap harinya.

Nilai tersebut diperoleh dari penjualan batu mulia per butir mulai dari kisaran harga Rp 35 ribu, Rp 2 juta, sampai dengan Rp 10 juta lebih.

Atas fenomena meningkatnya pembelian batu mulia, Pemerintah akan merancang kategori perhiasan yang dikenakan pajak dalam revisi peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.253/PMK.03/2008.

Aturan tersebut akan mengatur tentang Wajib Pajak Badan tertentu sebagai Pemungut Pajak Penghasilan (PPh).

Dari pihak pembeli atas penjualan barang yang tergolong sangat mewah dikenakan pajak 5 persen atas transaksi penjualan senilai batu mulia yang kena pajak yaitu yang memiliki harga jual di atas Rp 1 juta.

Sedangkan untuk harga jual di bawah Rp 1 juta dikenakan tarif antara 0,5-1,5 persen.

Kementerian Perindustrian menggelar pameran batu mulia yang bertajuk “Demam Batu” yang diikuti oleh pengrajin batu se-nusantara di Plasa Pameran Kementerian Perindustrian, Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, pada Selasa 21 April 2015.

Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian Saleh Husein berjanji akan membantu para perajin batu lokal untuk memasarkan bukan hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri.

Karena menurutnya, dengan dipasarkan di luar negeri, para perajin batu ini penghasilannya akan semakin meningkat.

12Tujuan Orang Memakai Batu Mulia

jatibening.com

Kamu tahu apa saja motif atau tujuan seseorang mengenakan batu mulia? Bahkan rela mencari jauh-jauh dan membayar mahal untuk memilikinya.

Memang, ada apa sih dengan batu mulia? Apa yang ingin mereka lakukan jika sudah mendapatkan batu mulia yang dicari tersebut?

Pertama, keinginan untuk menghias diri. Menghias diri ternyata tidak cuma menggunakan emas-emasan. Batu mulia juga bisa, bahkan tak kalah indah dan menawan.

Apalagi warna batu-batu mulia yang beragam serta bentuk dan coraknya yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta batu mulia.

Kedua, agar terlihat lebih baik. Agak membingungkan juga ya. Apa yang ingin terlihat lebih baik? Tampilan? Jari tangan? atau ingin tampil lebih baik hanya untuk memenuhi persepsi dan interpretasi orang-orang atas diri seseorang yang menggunakan batu mulia?

Para pecinta batu mulia itu rela merogoh koceknya dalam-dalam hanya untuk menghias jari-jemari mereka dengan bulatan-bulatan berkilau yang terkenal belakangan ini yaitu batu mulia.

Ketiga, agar disebut keren. Selain mendapatkan citra diri yang lebih baik, para pecinta batu mulia juga ingin dibilang sebagai orang kaya. Menggunakan batu mulia juga bisa menaikkan status sosial seseorang loh.

Misalnya saja, ada orang yang menggunakan batu mulia berharga ratusan ribu bahkan jutaan. Otomatis orang yang menggunakan batu mulia tersebut akan dianggap sebagai orang kaya sekaligus akan terlihat keren sekali.

Keempat, ingin mendapatkan manfaat kesehatan. Selain ingin menjadi keren, ada juga yang meyakini jika batu mulia dapat memberikan manfaat kesehatan. Jadi tidak hanya memberikan efek keren saja.

Contohnya, batu giok yang dipercaya memberikan gaya magnetis yang membuat keseimbangan tubuh menjadi lebih baik.

Selain cincin, para pengguna batu giok yang memiliki alasan sama bahkan didapati menggunakan gelang dan kalung yang terbuat dari batu tersebut.

Kelima, ada juga lho yang ingin menggunakan batu mulia karena hendak mengguna-guna seseorang! Alasan ini cenderung bertemakan mistis.

Seperti yang kita ketahui bersama, banyak batu mulia yang juga dipercaya sudah dibekali dengan hal-hal mistis, salah satunya adalah kekuatan mengguna-guna seseorang atau mengirim santet.

Ada remaja yang cintanya ditolak, dia akan menggunakan segala daya upaya untuk mendapatkan cinta orang tersebut.

Keenam, mengikuti tren. Ini adalah alasan yang paling labil untuk seorang remaja ketika menggunakan batu mulia.

Mereka hanya ingin memakai saja tanpa tahu esensi dari pemakaian batu mulia. Kalau sudah bosan, maka mereka akan meninggalkan barang itu begitu saja sampai jadi rongsokan, meskipun sudah dibeli dengan harga jutaan rupiah.

Remaja yang memiliki alasan ini biasanya cuma sekadar ingin dibilang keren, padahal sebenarnya ia belum punya prinsip hidup sama sekali. Ia masih belum memahami apa yang dilakukannya.

Ketujuh, batu mulia termasuk investasi yang aman loh. Asalkan ketika membeli batu mulia, kamu harus pastikan bahwa batu mulia yang kamu beli sudah disertai sertifikat keaslian.

Kedelapan, menyesuaikan dengan karakter seseorang. Katanya, batu mulia lebih mencerminkan gambaran karakter seseorang daripada menggunakan perhiasan berbahan emas atau perak.

Kesembilan, batu mulia adalah lambang cinta abadi. Kenapa? sebab nilainya tidak lekang oleh waktu dan zaman. Batu mulia akan terus bernilai tinggi dan digandrungi oleh orang-orang. Kalo soal cinta sih, tergantung masing-masing personal ya.

13Hukum Menggunakan Batu Mulia sebagai Cincin

travel.kompas.com

Di dalam ajaran Islam, ada aturan mengenai penggunaan batu mulia ditinjau dari berbagai sisi. Topik tersebut terdapat dalam kitab-kitab fiqih.

Maka, Islam tidak hanya kaya akan pengetahuan hukum, ia juga memiliki khazanah yang cukup luas, termasuk pengetahuan mengenai batu mineral yang merupakan bagian dari obyek hukum.

Hajar nafis atau hajar karim, adalah istilah yang biasa digunakan dalam kitab-kitab fiqih klasik untuk menyebut batu mulia.

Masalah fiqih yang pembahasannya menyinggung bebatuan mineral ini adalah masalah thaharah atau bersuci, khususnya dalam pembahasan hukum istinja (bercebok) dengan menggunakan batu, juga terdapat dalam pembahasan awani alias bejana-bejana.

Tuhfah Al Habib ‘ala Syarhi Al Khatib karya Al Bujairmi dan Ghayah Al Bayan karya Ar Ramli serta sejumlah kitab fiqih klasik lainnya menyebutkan bahwa tidak ada perbedaan pendapat mengenai kebolehan menggunakan batu-batu tersebut sebagai cincin karena tidak ada nash yang melarang.

Demikian pula dalam pembahasan mengenai zakat, juga disinggung mengenai status batu mulia, apakah wajib dikeluarkan zakat atasnya atau tidak.

Imam An Nawawi dalam Al Majmu’ menyatakan bahwa selain emas dan perak, semisal batu mulia dengan berbagai variannya tidak dikenakan zakat.

Dan dari berbagai pembahasan fiqih yang menyangkut batu mulia, para fuqaha klasik juga menyebutkan sejumlah varian darinya, antara lain:

Al Yaqut (Ruby). Istilah al yaqut disebut oleh Syeikh Al Bujairimi dalam Tuhfah Al Habib, diambil dari istilah Persia yang telah dimasukkan dalam perbendaharaan bahasa Arab. Ulama Al Azhar ini juga menyebutkan batu jenis ini merupakan batu yang paling mulia dan memiliki daya tahan tinggi terhadap api.

Dalam istilah Inggris al yaqut yang memiliki warna khas merah atau pink ini disebut dengan batu ruby.

Disamping disinggung dalan kitab-kitab fiqih, istilah al yaqut sendiri dijadikan sebagai nama sebuah kitab fiqih.

Al Imam Al Allamah Ahmad bin Umar As Syathiri menamai karyanya dengan nama Yaqut An Nafis fi Madzhab Ibni Idris yang merupakan kitab fiqih rujukan dalam madzhab As Syafi’i.

Zabarjad (Peridot). Zabarjad dalam Mu’jam Musthalahat Al Fiqhiyah disebut sebagai batu mulia yang mirip dengan batu zamrud yang memiliki varian warna.

Sejumlah ulama bahasa klasik memaknai bahwa zabarjad sama dengan zamrud, karena ada kemiripan warna antara keduanya yaitu sama-sama berwarna hijau.

Dalam peradaban Islam, batu yang juga disebut dengan batu paridot ini pernah menjadi batu yang paling mahal di masa kekhalifahan Utmani di Turki. Di masa itu pemerintahan Utsmani memiliki koleksi batu mulia paling banyak di dunia.

Disamping untuk mata cincin, batu zabarjad juga digunakan sebagai hiasan untuk surban dan kotak perhiasan.

Az Zumurrud (Emerald). Az Zumurrud atau biasa disebut dengan zamrud adalah batu mulia yang berwarna hijau tua dan transparan yang merupakan batu mulia terbaik.

Demikian difinisi az zumurrud dalam Al Mu’jam Al Wasith. Dalam bahasa Inggris, zamrud disebut sebagai emerald stone.

Al Billaur (Crystal). Batu yang juga digolongkan para fuqaha sebagai batu mulia adalah ballur alias batu kristal.

Al Mu’jam Al Wasith mendefiniskan al billaur atau al ballur sebagai batu putih yang transparan. Batu ini biasa digunakan juga untuk mata cincin, kalung, tasbih atau hiasan lampu.

Al Marjan (Corallium Rubrum). Al Marjan juga digolongkan sebagai batu mulia meski sama sekali tidak mengandung barang tambang, namun merupakan anggota badan dari jenis hewan koral yang tumbuh di atas karang.

Pakar batu mulia Arab, At Tifasyi menyebutkan bahwa al marjan merupakan makhluk hidup pertengahan antara tumbuhan dan benda. Ia mirip dengan benda padat membatu juga mirip dengan tumbuhan karena ia tumbuh di karang laut yang juga berdaun.

Sedangan dalam Al Mu’jam Al Musthalahat Al Fiqhiyah disebutkan bahwa al marjan adalah jenis dari binatang laut yang berwarna merah, meski ada juga yang menyebutnya sebagai tumbuhan.

Dari koral merah yang telah mengeras dan membatu ini, dibentuklah berbagai macam perhiasan semisal anting-anting, kalung, gelang, mata cincin dan lain-lain.

Aqiq (Akik). Batu yang biasa disebut sebagai batu akik ini dalam Al Mu’jam Al Musthalahat Al Fiqhiyah disebut sebagai batu mulia yang berwarna merah yang digunakan untuk mata cincin. Bisa diperoleh di Yaman atau di pesisir Laut Tengah.

Al Lu’lu’ (Pearl). Batu al lu’lu’ alias mutiara dalam definisi Al Mu’jam Al Wasith adalah benda bulat mengkilap yang terbentuk di dalam cangkang hewan air dari bangsa sesiputan (moluska).

Pada umumnya batu mutiara berwarna putih, namun ada juga yang berwarna keemasan, hitam atau warna lainnya.

Al Fairuz (Turquoise). Batu al fairuz atau al fairuzaj ini adalah batu pekat (tidak bening) berwarna biru langit atau biru kehijau-hijauan, yang digunakan untuk perhiasan, demikian penjelasan Al Mu’jam Al Wasith.

Batu yang juga disebut dalam bahasa Inggris sebagai turquoise ini banyak diperoleh di Iran dan gurun Sinai Mesir.

Tidak hanya dijadikan perhiasan yang dipakai manusia, batu ini juga digunakan untuk penghias bangunan.

Dinding masjid Kubah Batu (Dome Rock) di Al Quds dihiasi dengan ubin yang terbuat dari batu fairuz ini. Demikian pula kubah masjid kuno Tilla Kari di Samarkand yang memancarkan warna biru langit, disebabkan karena dilapisi ubin batu fairuz.

Sebagian orang menyatakan demam trend ini hampir sama ketika bunga Anthurium jenis Gelombang Cinta, Jenmani Cobra, dan jenis lainnya ketika di tahun 2007 terjadi booming tanaman hias.

Tahukan kamu darimana asalnya kata akik itu? Menurut kamus istilah geologi yang disusun oleh M.M. Poerbohadiwidjojo, kata akik asalnya dari kata agate atau agat yang berupa sejenis mineral silika (SIO2) yang biasanya disebut Kuarsa Amorf atau Kriptokristalin.

Warna dari jenis batu ini terbentuk secara alami melalui proses pembentukan batu di dalam bumi.

14Islam Memandang Batu Mulia

infobatuakik.info

Tidak ada dalil yang melarang seseorang menjual batu mulia atau memakainya. Bahkan ulama mengatakan bahwa Rasulullah Saw juga pernah memakai cincin yang serupa dengan batu akik.

“Dari Anas bin Malik ra. ia berkata, bahwa cincin Rasulullah Saw itu terdiri dari perak dan mata cincinya itu mata cincin Habsyi”. (HR. Muslim)

Menurut Imam Nawawi, para ulama menyatakan bahwa yang dimaksud dengan, “mata cincin Rasulullah Saw itu mata cincin Habsyi” adalah batu yang berasal dari Habsyi.

Artinya batu mata cincinya itu dari jenis batu merjan atau akik karena dihasilkan dari pertambangan batu di Habsyi dan Yaman.

Pendapat lain mengatakan bahwa batu mata cincin Rasulullah Saw tersebut berwarna hitam seperti kulit orang Habsyi.

Lantas bagaimana hukumnya memakai batu mulia? Menurut Imam Syafi’i hukum memakai batu mulia atau batu akik seperti batu yaqut, zamrud dan lainnya adalah mubah (boleh) sepanjang tidak untuk berlebih-lebihan dan menyombongkan diri.

Imam Syafii berkata dalam kitab al-Umm,

“Saya tidak memakruhkan laki-laki memakai mutiara kecuali karena terkait dengan etika dan mutiara itu termasuk dari aksesoris perempuan, bukan karena haram,

Dan saya tidak memakruhkan laki-laki, memakai yaqut atau zamrud kecuali jika berlebihan dan untuk menyombongkan diri.”

SHARE