Tahapan perkembangan janin dari bulan ke bulan seringkali menjadi hal yang selalu ingin diketahui para ibu hamil. Hal ini untuk memastikan keadaan janin yang dikandungnya tetap baik-baik saja.

Bagi mereka yang memiliki budget lebih, tentu dapat melakukan pemeriksaan USG setiap bulannya untuk dapat melihat bentukĀ  dan perkembangan calon bayinya tersebut. Berbeda halnya bagi mereka yang merasa pemeriksaan USG tidak perlu dilakukan terlalu sering.

Bagi mereka, mengetahui perkembangan janin dapat dilakukan dengan membayangkannya sesuai dengan perkembangan janin dari bulan ke bulan pada umumnya. Khususnya pada 3 bulan pertama sebagaimana penjelasan berikut ini.

Perkembangan Janin 1 Bulan

Tahapan perkembangan janin pada bulan pertama dimulai dengan terbentuknya kantung kehamilan yang berfungsi untuk melindungi janin dari air ketuban. Pada bulan pertama ini, plasenta juga mulai terbentuk.

Fungsinya untuk menyalurkan makanan atau nutrisi dari tubuh ibu hamil ke janinnya. Selain itu, di bulan pertama, sirkulasi darah dalam tubuh janin pun sudah mulai terjadi. Oleh karenanya, pada bulan kehamilan pertama, bunda disarankan memperbanyak konsumsi buah-buahan.

Perkembangan Janin 2 Bulan

Pada tahapan perkembangan janin pada bulan kedua, bayi mulai berkembang dan wajahnya mulai terbentuk. Bakal telinga sudah mulai tampak sebagai lipatan pada bagian kanan dan kiri kepalanya.

Seiring waktu, mulai tampak pula bakal lengan, kaki, dan jari-jemarinya. Selain itu, sistem syaraf pusat atau otak, syaraf tulang belakang serta saluran pencernaan juga mulai terbentuk di usia kehamilan ini.

Perkembangan Janin 3 Bulan

Perkembangan janin pada bulan ketiga ditunjukan dengan hampir terbentuknya bayi secara sempurna pada seluruh bagian tubuhnya. Tangannya mulai dapat mengepal, serta kuku-kukunya pun mulai dapat tumbuh.

Meski belum terlihat dengan sempurna, jenis kelamin bayi pada usia kehamilan ini juga mulai terbentuk walau belum sempurna. Oleh karenanya pemeriksaan USG (Ultrasonografik) pada bulan ketiga kurang tepat dilakukan jika tujuannya hanya untuk mengetahui jenis kelamin bayi.

Perlu diketahui pula bahwa bagian dalam tubuh janin juga sudah mulai berkembang. Sistem kantung kemih dan organ reproduksinya pun mulai terbentuk.Sedangkan hatinya mulai memproduksi empedu.

[td_smart_list_end]