Pulang kampung atau mudik sudah seperti tradisi untuk sebagian masyarakat Indonesia. Mudik biasa dilakukan jika seseorang pergi merantau dari desa untuk bekerja ke kota. Kegiatan yang rutin dilakukan minimal disaat hari raya ini sangat melekat sekali.

Kendaraan yang digunakan untuk mudik pun berbagai macam. Ada yang menggunakan pesawat terbang, kapal laut, bus, kereta, maupun naik kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Apabila seseorang yang sudah berkeluarga, maka akan pulang bersama dengan anggota keluarga yang lain. Ayah, ibu, dan anak. Bagi yang sudah pernah merasakan mudik pasti mengerti betapa repotnya mengurus segala keperluan untuk dibawa pulang.

Urusan pribadi saja sudah banyak yang diperlukan, apalagi jika membawa anak yang masih bayi, terbayangkan seperti apa repotnya?

Jika kamu ingin mudik dengan nyaman dengan membawa bayimu, coba lakukan tujuh tips mudik berikut ini.

1Pastikan Keamanan Bayi

blog.reservasi.com

Jangan sembarangan untuk pulang kampung begitu saja jika membawa bayi, bukan hanya perlengkapan yang cukup saja, mereka juga membutuhkan keamanan.

Mudik memang paling enak jika menggunakan mobil pribadi, sehingga tidak begitu repot apabila menyertakan bayi di dalamnya.

Namun, menggunakan alat transportasi apapun itu, pastikan bayimu aman dalam kendaraan, jika kamu menggunakan mobil, gunakanlah car seat untuk bayimu.

Tetapi, jika kamu menggunakan transportasi lain, buat bayimu aman dan nyaman dalam gendonganmu, jangan hanya dipangku saja.

2Perhatikan Makanan untuk Bayimu

tipsmembuatmakananbayisaatmudik.blogsaya.com

Jika bayimu masih berusia di bawah 6 bulan, pastikan dirimu untuk selalu memberinya ASI, karena bayimu belum diperbolehkan mengonsumsi makanan lain selain ASI.

Namun, jika anakmu sudah diperbolehkan untuk diberi makanan pendamping ASI, perhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya, jangan sampai kamu salah memberinya makan. Bisa-bisa bayimu merasa ada yang salah dengan perutnya dan perjalanan terganggu.

3Sesuaikan Jadwal Bayi

thehendrawan.wordpress.com

Memperhatikan jadwal keseharian bayimu ini begitu penting, karena kamu harus mengikuti rutinitas bayimu dalam perjalanan sebagaimana ketika di rumah. Jika waktunya makan maka berilah dia makan. Apabila dia sudah memasuki jam tidur, maka tidurkanlah.

Usahakan tidak terlambat untuk mengurus bayimu, agar mereka tetap nyaman dan tidak rewel, hal seperti ini juga mampu menjaga stamina bayimu sampai tiba di kampung halaman.

4Hindari Kebisingan

irstory.org

Waktu untuk pulang kampung memang biasa dilakukan secara bersamaan dengan keluarga-keluarga yang lain, sehingga keramaian itu tak terelakkan. Suara jalanan yang bising bisa membuat bayi kaget.

Sebisa mungkin kamu melewati jalur yang terhindarkan dari kebisingan, supaya si bayi tidak kaget lagi, takutnya nanti dia bisa jadi rewel dan nangis di sepanjang jalan.

5Menggunakan Baju yang Nyaman

id.aliexpress.com

Kamu ingin pulang kampung, bukan untuk mengikuti lomba fashion anak-anak. Jadi pilihkan saja baju yang menurutmu nyaman untuk dikenakan adik bayi. Sesuaikan saja pakaian yang akan dikenakan dengan cuaca ketika kamu akan mudik.

6Perhatikan Apapun yang Masuk ke Mulut Bayi

kuherbal.com

Ketika dalam perjalanan kamu pasti membawa bekal untuk seperti makanan ringan untuk dimakan di dalam kendaraan kan?

Jangan sampai bayimu juga ikut makan snack itu denganmu. Jadi, perhatikan lagi segalanya yang bayimu pegang dan masukkan ke dalam mulut.

7Berkunjung Saat Bayi Sedang Tak Tidur

gulalives.com

Ketika kamu sudah sampai tujuan, sudah pasti kamu ingin mengunjungi kerabat dekat untuk silaturahim. Jika berkunjung, sebisa mungkin menghindari waktu istirahat si bayi. Agar bayi tetap dalam staminanya dan tidak rewel untuk minta tidur di rumah saudaramu.