Biasanya beasiswa diberikan kepada mereka yang cerdas dan berhasil mengukir prestasi dalam bidang tertentu.

Namun ada yang unik dalam program Beasiswa 3G (3 Gemilang) yang digulirkan oleh LAZ Al Azhar Peduli Ummat selama 5 tahun terakhir ini.

dok APU
dok APU

AL Azhar menggulirkan beasiswa bagi siapapun pemuda yang memiliki tekad kuat dalam memperoleh pendidikan jika ia tidak mampu.

Tidak harus cerdas dan pintar asal mereka berkeinginan untuk maju. Dan tentu saja berasal dari kalangan dhuafa.

1Tekad Kuat

dok APU

Memiliki tekad kuat adalah salah satu persyaratan untuk memperoleh beasiswa ini. Supervisor Zakat PRIDE LAZ APU Dika Lustian mengatakan beasiswa dari Al Azhar ini memang untuk menjembatani mereka yang kurang mampu sekaligus belum memiliki nilai bagus.

Dika menyebut beasiswa umumnya hanya dikhususnya bagi mereka yang tidak mampu tapi memiliki nilai akademik cerdas.

“Beasiswa ini dikhususkan untuk siswa/i kelas 3 SMA/Sederajat dari kalangan dhuafa meski mereka kemampuan belajar mereka pas-pasan atau tidak berprestasi di bidang akademik tapi memiliki tekad yang kuat untuk maju dan sukses. Biasanya beasiswa hanya untuk siswa berprestasi, lalu siapa yang memperhatikan mereka? ” ujar di

2Bantuan Lengkap

dok APU

Lanjut Dika, tujuan program ini ialah untuk menunjang kegemilangan masa depan para penerima manfaat agar penerima program mempunyai cita-cita dan kemampuan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, sebagai sarana untuk meningkatkan taraf hidup lebih baik lagi.

Para murid yang mendapat beasiswa 3G ini mendapatkan bantuan biaya SPP selama setahun (kelas 3), bantuan biaya Ujian Nasional, bimbingan belajar, bantuan perlengkapan sekolah, gemilang camp, dan motivasi serta pendampingan manajemen sekolah terhadap sekolah-sekolah mitra penerima manfaat program.

3Lulus UN 100 Persen

dok APU

Untuk tahun ajaran 2015/2016 ini total ada 426 murid dari seluruh Indonesia yang terdaftar menjadi peserta program 3G dan siap untuk menghadapi UN 2016.

“Awal April 2016 nanti akan ada UN untuk kelas SMA/sederajat. Insya Allah seluruh peserta Beasiswa 3G siap lulus 100 persen seperti tahun-tahun sebelumnya,” lanjut Dika.

4Bantu Ribuan Pemuda

dok APU

Sudah berjalan selama 5 tahun, program 3G kini sudah tersebar di beberapa provinsi dari Nias hingga Timika Papua dan telah membantu kaum dhuafa sebanyak 2.188 murid.

Selain itu bagi mereka yang berprestasi akan diberikan apresiasi khusus kepada 10 peserta terbaik yang diseleksi lagi menjadi 5 orang sebagai penerima beasiswa sarjana (S1) di Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) sesuai jurusan yang mereka minati.

SHARE