Beasiswa yang dinilai prestisius untuk sebagian kalangan adalah beasiswa belajar ke luar negeri.

Walaupun di Indonesia ada beberapa universitas atau instansi pendidikan yang dinilai mampu memberikan pendidikan yang kurang lebih sama seperti beasiswa ke luar negeri,

namun, setidaknya ada 4 jenis beasiswa ke luar negeri yang cukup bergengsi, yang lebih dilirik oleh para pelajar Indonesia daripada beasiswa ke institusi dalam negeri.

4Beasiswa Turki S1-S3

sekolahpascasarjana.com

Turkiye Burslari merupakan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Turki untuk para pelajar asing yang ingin melanjutkan pendidikannya di negeri tersebut untuk jenjang S1, S2, maupun S3.

Pembukaan beasiswa ini biasanya berlangsung antara bulan Maret setiap tahunnya. Beasiswa ini bersifat penuh, artinya segala biaya kuliah dan akomodasi selama di belajar di sana, ditanggung oleh pemerintah Turki.

Beasiswa ini juga mencangkup hampir seluruh program studi, dari program ilmu alam, humaniora sampai keagamaan.

3SUSI (Study of United States Institutes)

cooperacion-unmsm.blogspot.com

Study of the United States Institutes (SUSI) adalah beasiswa untuk masyarakat Indonesia yang tertarik di bidang jurnalisme, kerukunan beragama, sampai kehidupan masyarakat Amerika.

Program SUSI diadakan pada beberapa universitas serta kampus yang ada di Amerika. Para kandidat akan diberi kesempatan untuk belajar dalam kurun waktu sekitar 6 minggu. Beasiswa ini biasanya dibuka pada bulan Juni setiap tahunnya.

bahasa.aquila-style.com
bahasa.aquila-style.com

Fasilitas yang didapat untuk program beasiswa ini sendiri adalah biaya transportasi dari negara asal ke Amerika, penginapan, makan, transportasi selama serta asuransi kesehatan selama mengikuti program.

Program yang ditawarkan sendiri di antaranya: Contemporary American Literature, Journalism and Media, Religious Pluralism in the United States, U.S. Culture and Society, U.S. Foreign Policy, dan U.S. Political Thought.

2Rajawali Foundation – Harvard University

republika.co.id

Program ini sebenarnya adalah program baru. Usianya belum genap lima tahun namun, program ini terbilang cukup ambisius.

Sebab putra-putri terbaik Indonesia akan dikirim ke Harvard untuk belajar lebih dalam tentang kebijakan publik serta pemerintahan.

Ilmu yang sudah didapat di Harvard, diharapkan bisa dimanfaatkan untuk kemajuan Nusantara. Jika diterima di program ini, para Awardee akan berstatus sebagai seorang research fellow.

1Beasiswa Qatar University

hikmatia.blogspot.com

Setiap tahun, Qatar University menyediakan kuota beasiswa sebesar 400 kursi untuk masyarakat internasional maupun warga Qatar.

Studi berlangsung di Qatar University, sesuai pilihan program yang diambil. Selain biaya kuliah yang ditanggung universitas, pihak kampus juga menyediakan fasilitas asrama, transportasi, hingga tiket pesawat tahunan jika ingin pulang ke negara asal.