Never Ending Story, itulah mungkin istilah yang melekat untuk kota Yogyakarta. Betapa tidak, jika kita mengunjungi kota Yogyakarta rasanya tak cukup hanya sekali.

Rasa untuk datang kemabli kesana pasti muncul, entah untuk yang kedua kalinya, ketiga klainya dan seterusnya. Memang kota pelajar ini memiliki hal-hal yang luar biasa.

Segala tentang Yogyakarta memiliki daya pikat yang membuatmu tertarik untuk mengenalnya lebih jauh. Kota ini kaya akan keberagaman dan kekayaan budaya sehingga layak disebut daerah “Istimewa”.

Berbagai tempat wisata ada di sana. Kamu tentu tahu Yogyakarta memiliki pantai-pantai indah yang membuatmu berdecak kagum.

Tak hanya pantai, berbagai tempat wisata lainnya juga menarik untuk dikunjungi. Kamu juga akan dimanjakan oleh sajian kuliner khas yang lezat dan menggoda.

Selain itu, Yogyakarta memiliki budaya dan tradisi yang kental dan masih dijaga oleh masyarakatnya secara turun-menurun.

Berbicara tentang Yogyakarata memang tidak ada habisnya. Selalu ada cerita ketika kita mengunjunginya.

Tahukah kamu, Yogakarta juga menyimpan cerita-cerita unik yang menarik dan membuatmu semakin penasaran. Nah, berikut beberapa cerita unik dari kota Yogyakarta yang membuatmu percaya atau tidak percaya.

1Mitos tentang Candi Prambanan

dearbarbie23.files.wordpress.com

Masih ingatkah kamu tentang legenda candi Prambanan di pelajaran sejarah saat kamu duduk di bangku sekolah? Mungkin ingatanmu akan melayang pada nama Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang.

Yup, kisah ini berawal dari ketika Roro Jonggrang yang sangat cantik jelita akan dipersunting oleh Pangeran Bandung Bondowoso. Karena Roro Jonggrang tidak menyukai Bandung Bondowoso, dia mengajukan syarat untuk dibangunkan seribu candi.

Akan tetapi, Roro Jonggrang berusaha menggagalkan usaha Bandung Bondowoso untuk membuat seribu candi.

Murkalah bandung bondwoso, setelah mengetahui perbuatan tersebut. Dikutuklah Roro Jonggrang menjadi batu. Nah, mungkin bagi sebagian orang di Yogyakarta tahu tentang mitos Candi Prambanan.

Jangan berkunjung ke Candi Prambanan bersama pasangan, hubunganmu bisa kandas seperti kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Mitos tersebut berdasarkan legenda candi Prambanan di atas. Apakah kamu percaya?

2Mitos Tugu Yogyakarta

sabdamanda.files.wordpress.com

Apakah kamu pernah mengunjungi kota Yogyakarta? Sudahkah kamu singgah sejenak di kawasan Tugu Yogyakarta?

Bagi banyak orang rasanya tidak lengkap jika berkunjung ke Yogyakarta tak mampir ke Tugu Yogyakarta. Memang percaya tidak percaya, terdapat beberapa mitos tentang Tugu yang berdiri selama hampir 3 abad ini.

Konon katanya jika bisa berfoto tepat di depan Tugu Yogyakarta, maka suatu saat nanti kita akan kembali lagi bisa menginjakkan kaki di kota pelajar ini.

Selain itu, juga ada mitos lain yang mengatakan bahwa jika kita bisa memeluk bagian dari Tugu ini bisa membuat mahasiswa lulus kuliah dengan cepat. Unik ya?

Maka dari itu tak heran jika di malam hari, kawasan yang menjadi ikon kota Yogyakarta ini sangat ramai oleh orang-orang. Mungkin mereka ingin berfoto di sana atau hanya menghabiskan waktu bersama teman-teman.

3Mitos Dua Pohon Beringin Di Alun-alun Kidul, Yogyakarta

i.ytimg.com

Yogyakarta memang salah satu kota yang kaya akan obyek wisatanya, mulai dari wisata pantai, wisata alam sampai wisata budaya.

Salah satu tempat wisata yang terkenal di sana adalah wisata di Alun-alun Kidul. Alun-alun Kidul juga merupakan salah satu ikon Yogyakarta. Tempat ini dahulu adalah peninggalan dari Kerajaan Yogyakarta.

Nah, yang menarik dari tempat ini adalah adanya permainan ‘unik’ bernama Masangin. Pernahkah kamu mendengarnya?

Yup, masangin adalah permainan dimana kita berjalan dengan mata tertutup dan melewati tengah anatara dua pohon beringin besar yang ada di Alun-alun.

Konon, hanya orang yang berpikiran dan berhati bersih yang mampu melewati jalan tersebut. Banyak orang yang berbelok atau bahkan berbalik tak bisa melewatinya.

Banyak juga yang bilang bahwa jika seseorang berhasil melewati beringin kembar itu dengan mata tertutup maka segala keinginannya tercapai. Lucu ya?

Sampai saat ini kawasan Alun-alun Kidul masih banyak dikunjungi banyak orang dan mereka berusaha membuktikan mitos tersebut. Apakah kamu percaya dengan mitos tersebut?

4Mitos “Baju Hijau” di Pantai Selatan

www.rss.ayosearch.com

Sering kita mendengar mitos bahwa jangan mengenakan pakaian berwarna hijau saat berada di Pantai Selatan. Konon katanya jika kita bermain air dengan memakai baju warna hijau maka akan terseret oleh ganasnya ombak di Pantai tersebut.

Pantai Selatan identik dengan Nyi Roro Kidul. Sebagian masyarakat percaya orang yang terseret ombak ke tengah laut akan dijadikan budak oleh sang ratu.

Padahal secara ilmiah, penyebab ombak besar di Pantai Selatan adalah akibat dari bentuk geografis dasar pantainya.

5Mitos Pasar Bubrah di Gunung Merapi

assets.kompas.com

Fenomena keberadaan pasar bubrah telah banyak dikenal oleh penduduk di sekitar kawasan gunung Merapi. Apalagi bagi kamu pecinta alam yang gemar mendaki gunung tentu tak asing dengan mitos ini.

Pasar bubrah atau pasar setan konon adalah tempat yang ramai berkumpulnya para makhluk tak kasat mata. Bahkan batu besar yang berserakan di sana dianggap sebagai kursi dan warung bagi para makhluk halus.

Kawasan ini adalah daerah punggung bukit yang berupa bentangan menyerupai lapangan yang relatif datar. Daerah tersebut terdiri dari bebatuan dan pasir, serta terletak di bawah kaki Gunung Merapi. Serem ya mitos pasar bubrah di atas.

Itulah beberapa cerita unik dari kota Pelajar. Percaya tidak percaya ya. Apapun ceritanya, tak perlu menjadikan kita terobsesi untuk melakukan apa yang dikatakan mitos tersebut.