Tren adalah sebuah hal yang sangat diburu oleh manusia demi mendapatkan pengakuan sosial dari masyarakat luas tentang dirinya.

Apalagi bagi mereka yang hidupdi tengah-tengah lingkungan masyarakat yang mementingkan kelas daripada sebuah hal yang lebih berharga lainnya dalam hidup.

Tren kemudian menjadi sebuah hal momok yang akhirnya justru bisa membuat masyarakat hidup bukan sebagai diri mereka sendiri, alias kehilangan jati diri.

Termasuk beberapa tren yang dianggap keren berikut ini, mereka tak hanya ada baru-baru ini namun ada yang sudah ada sejak lama.

Ternyata yang dianggap keren ini justru bisa membunuh kita perlahan-lahan lho!

1Laki-laki yang Tidak Merokok Dianggap Tidak Jantan

sehatfresh.com

Pada usia remaja atau muda, seorang anak lelaki yang kebetulan berada di jalur pergaulan kurang benar akan menemukan sebuah anggapan bahwa dengan merokok mereka bisa disebut lelaki sejati.

Apalagi pada usia tersebut, anak-anak remaja mulai mengejar pengakuan dari orang-orang sekitarnya. Sehingga mereka akan mengejar pengakuan tersebut bagaimana caranya.

Padahal seseorang yang telah terjerumus dalam rokok akan menjadi seorang pecandu rokok dan sangat sulit untuk melepaskannya sampai dia dewasa dan tua kelak.

Dan kita semua sudah tahu bukan, bahwa banyak sekali efek negatif akibat zat-zat racun yang dapat merusak tubuh manusia lewat rokok tersebut.

2Remaja yang Tidak Punya Pacar Dianggap Tidak Laku

akhwatshalihah.net

Ya walau efek membunuh perlahan-lahannya tidak terlihat secara langsung, namun banyak juga kasus pembunuhan atau bunuh diri yang berawal dari masalah asmara yang belum halal.

Sayangnya anggapan bahwa tidak memiliki pacar sama dengan tidak laku itu terus merasuk di kalangan remaja Indonesia, sehingga mereka akan berusaha untuk mencari pacar.

Dan parahnya, mencari pacar untuk mendapat pengakuan atau popularitas justru malah merugikan diri sendiri dan bahkan orangtua yang telah banyak berkorban jiwa raga untuk anaknya tersebut.

3Minuman Keras Dianggap Tren Golongan Kelas Atas

halloapakabar.com

Sinetron dan film sekarang ini banyak yang dengan terang-terangan memperlihatkan sebuah adegan seseorang yang berasal dari kalangan kelas atas mengadakan pesta minuman keras.

Akhirnya banyak kaum remaja dan anak muda yang merasa bahwa dengan meminum minuman haram tersebut adalah sebuah tren yang menunjukkan mereka memiliki kelas.

Padahal kita semua tahu bahwa minuman tersebut bisa menjadi candu, dan jika sudah kecanduan sulit lepasnya. Sedangkan efek minuman keras sangat berbahaya bagi kesehatan.

Bukan tak mungkin kan bahwa hal tersebut bisa membunuh kita perlahan-lahan, atas nama tren masa kini.

4Anggapan Bahwa Cinta Itu Sama Dengan Seks

sabiluna.id

Dan lagi-lagi di zaman yang sudah sangat kelewat canggih ini, teknologi bisa dengan mudah mengantarkan seseorang menuju pada hal yang baik maupun yang buruk sekaligus.

Mulai dari sinetron, film, bahkan sampai buku dan pergaulan saat ini memberikan sebuah edukasi tidak baik bahwa pacaran adalah sebuah ungkapan cinta dan cinta sejati bisa dinilai dari seks.

Sehingga wajarlah jika sekarang banyak kasus pembunuhan, aborsi, dan hamil di luar nikah akibat seks bebas atau pemerkosaan.

Semoga kita bisa belajar banyak dari peristiwa sekitar yang terjadi dewasa ini, mengambil hikmah kemudian belajar menjadi bijak.

Merubah diri sendiri sambil berusaha mengajak orang lain berubah lebih baik, demi masa depan Indonesia yang lebih bermartabat.