Menjadi seorang perantau berarti siap hidup sendiri jauh dari orangtua dan sanak saudara. Pilihan bekerja atau menuntut ilmu di kota atau bahkan negeri seberang menjadikan seseorang harus merantau.

Ketika tak ada sanak saudara yang bisa ditumpangi, pilihan paling tepat dalam perantuan adalah dengan tinggal di rumah kos.

Sebuah rumah yang akan kamu tinggali bersama banyak orang, memiliki Ibu atau Bapak kosa yang entah galak atau baik, dengan beberapa peraturan yang harus kamu patuhi, dan segudang tingkah polah aneh yang akan kamu jalani.

Hmm, tingkah polah seperti apakah itu? Yuk simak beberapa keanehan yang hanya bisa kamu temukan dari kehidupan anak kos berikut ini! Dijamin kamu akan tersenyum geli sendiri.

Masak Mie Direndam Air Panas

indomie rebus kiki widyasari
rheinitacn.blogspot.com

Bagi yang mendapatkan rumah kos dengan fasilitas seperti dapur tentunya harus banyak bersyukur karena bisa menikmati aktivitas masak walau harus bergiliran dengan penghuni kos lainnya.

Namun bagi yang rumah kosnya tidak menyediakan fasilitas tersebut, adal larangan bahkan untuk membawa peralatan masak, dan atau ada fasilitas dapur namun malas nunggu antrian panjang, biasanya memilih cara cepat.

Tahu kan makanan favorit anak kos? Ya betul, mie adalah makanan pokok anak kos! Hehehe.

Itulah mengapa bagi mereka yang tidak bisa memasak karena kendala di atas, pilihan memasak mie dengan merendam mie di dalam mangkuk atau piring kemudian dituangi air panas atau bahkan air biasa terpaksa diambil.

Jika masih bisa mendapat air panas bersyukurlah walaupun mie nya berasa aneh, namun coba bayangkan bagi mereka yang tak mendapat air panas dan harus merendam mie nya dengan air biasa? Hmm…

Membuat Roti Bakar dengan Setrika

Roti bakar
sakkarepcuk.blogspot.com

Bagi yang tidak pernah menjadi anak kos mungkin masih bingung dengan maksud tersebut. Bagaimana bisa membuat roti bakar dengan setrika?

Kalau tidak kreatif maka bukan anak kos namanya. Dengan hanya bermodal roti tawar baik diisi selai atau tidak, lalu dilapisi kertas dan disetrika sampai gosong, maka jadilah roti bakar yang siap dimakan.

Merasa belum berpengalaman sebagai anak kos? Jangan coba-coba meniru karena ketahanan perutmu belum teruji dengan baik seperti mereka. Hehehe.

Makan Nasi dengan Garam

20121216_122916
azeliamaris.blogspot.com

Tanggal tua, entah uang gaji atau kiriman orangtua menipis atau memang kamu sedang dalam masa penghematan. Namun bukan anak kos namanya kalau tak pernah merasakan makan nasi dengan garam.

Fungsi garam adalah memberikan sensasi rasa pada nasi, sehingga seolah tidak hanya sedang makan nasi saja namun juga ada lauk lain yang memang wujudnya hanya dalam bayangan.

Banyak anak kos yang pernah melalui masa-masa seperti ini, kebanyakan menyantap nasinya sambil meneteskan air mata, namun sebagian malah ada yang tertawa senang-senang saja. Hehehe.

Menjemur Pakaian di Kamar

100_6043
sarisanisah.wordpress.com

Ketika jemuran umum di rumah kosan telah penuh dan sesak, saat itu musim hujan, baju gampang basah, dan kamu sudah tidak memiliki baju lagi, atau tak ada cadangan uang untuk melaundry baju.

Saat itulah anak kos akan mengalami yang namanya jemuran berpindah di kamar. Kamu anak kos? Kurang greget rasanya jika belum mengalami nasib seperti ini.

Kamu harus tidur sambil membaui baju yang masih basah dan memandang pemandangan baju-bajumu bergelantungan di kamar. Tapi mau bagaimana lagi bukan?

Empat hal unik di atas hanya akan kamu temukan dari pengalaman ngekos. Jadi bagi yang belum pernah menajdi anak kos, siapkan fisik dan mental terbaikmu, karena dengan menjadi anak kos kamu akan belajar perjuangan hidup.

Bagi mantan anak kos, selamat! Berarti kamu telah lulus menjalani ujian hidup dan siap menjalani sisa perjuanganmu selanjutnya dengan senyum lebar. Hehehe.