Momen pernikahan adalah momen yang bersejarah bagi kamu, momen ini tidak bisa dilewatkan sampai seumur hidup.

Agar momen ini semakin menjadi kenangan yang indah tentu semuanya harus berjalan lancar dan penuh keindahan. Dan salah satu untuk mendukung kelancaran dan keindahan momen pesta pernikahan adalah menentukan tanggal yang tepat.

Kok bisa? Iya bisa karena tanggal juga menentukan momen kamu bisa ramai atau tidak dan lancar atau tidak. Alasannya banyak lho, cek deh nanti dibawah ini.

Nah agar momen kamu tetap bisa ramai, kamu dan pasangan kamu happy, tentu menentukan tanggal harus bener dan tepat. Jangan asal menentukan tanggal ya.

Di bawah ini bisa kamu jadikan pedoman untuk menentukan tanggal pesta pernikahan kamu.

1Gak Musim Hujan

shopsoiree.com

Kamu dan calon kamu tentu ingin pernikahan dihadiri oleh semua orang yang kamu undang kan? Iya pastinya, secara ini memang momen bersejarah kamu. Hal yang pertama kamu atur dalam menentukan tanggal adalah jangan saat musim hujan.

Kenapa? Karena saat musim hujan itu potensi pesta pernikahan kamu sepi, orang kalau hujan deras plus angin dan guntur akan takut keluar rumah. Dan jika kamu melaksanakan pesta pernikahan di rumah juga repot kalau air hujan datang.

So, jangan menikah di musim hujan, emang sich bagi pengantin baru musim hujan mendukung tapi untuk momen yang ini mending kamu pikir lagi dech.

2Akhir Pekan atau Long Weekend

kaskus.co.id

Biar tambah seru karena banyak teman-teman kamu datang, tentukan tanggalnya di akhir pekan atau di long weekend. Jangan hari-hari yang efektif saat bekerja, misal senin-jumat itu hari efektif kerja. Kamu bisa menentukan hari sabtu atau minggu.

Dengan begitu banyak teman kamu yang libur kerja dan mereka bisa datang di momen bersejarah kamu. Mereka senang kamu pun juga bahagia, lengkap kan?

3Awal Atau Akhir Bulan

segiempat.com

Biasanya kalau awal bulan atau akhir bulan itu saatnya gajian para karyawan. Bukan masud minta kado tidak, tapi menjaga kalau ada teman kamu yang rumahnya jauh bisa punya duit untuk bekal datang di pernikahan kamu.

Misal rumahnya jakarta trus datang ke jawa kan harus pakai duit bro, kasihan kan kalau belum punya duit trus dipaksa datang di tempat kamu.

Memang sich tidak menjamin punya uang atau tidak, ya setidaknya ini bisa menjaga kalau memang begitu adanya.

4Jangan Terpancing Perbuatan Syirik

madrasahsalafiyyah.wordpress.com

Ini dia yang bahaya, kalau ada dari keluarga yang masih percaya tanggal baik dan buruk mending kamu hindari jauh-jauh.

Secara semua tanggal itu sama saja, sama baiknya dan tidak ada efek baik buruknya. Itu juga perbuatan syirik, percaya pada hari baik dan buruk.

Tapi kamu bisa hindari tanggal ketika perayaan hari besar agama, saat bulan puasa atau mungkin hari besar ulang tahun negara.

5Kesepakatan Bersama Kedua Keluarga

news.liputan6.com

Yang terkahir yang harus kamu perhatikan adalah jika kamu sudah menentukan tanggal yang tepat segera beritakan pada kedua keluarga. Berikan mereka alasan yang logis, yang bisa diterima dan tidak mengada-ada.

Alasan logis disini maksudnya adalah alasan yang pas untuk jangka waktu untuk persiapan pesta yang tidak hanya butuh biaya saja.

Tapi juga persiapan mungkin seperti menata rumah, mengabari saudara yang jauh dan tentunya persiapan buat kamu dengan calon kamu.

Kedua keluarga harus sepakat dalam hal ini, jangan sampai ada yang tidak. Jika alasan kamu tepat pasti kok mereka juga sepakat, tinggal bagaimana kamu menyampaikan secara baik-baik kepada keluarga.

Semoga bermanfaat ya