Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat hafidz cilik bernama Musa yang berasal dari Bangka dan pernah menjadi juara di kontes hafidz cilik Indonesia? Jika kamu pernah melihatnya, maka kamu pun perlu tahu bahwa Musa pun di tahun 2016 ini berhasil melenggang ke final MTQ Internasional di Mesir dan menyabet juara ketiga.

Dari prestasi Musa di kancah Internasional ini, seharusnya kita sebagai saudara setanah airnya, bangga kepadanya. Dan kita pun perlu belajar dari ayahnya Musa. Belajar bagaimana cara mendidik anak yang masih sekecil itu untuk menjadi seorang hafidz. Kira-kira bagaima ya pendidikan ayahnya kepada Musa?

Back

1. Kunci Dari Menghafal Adalah Memperbanyak Mengulangnya

Menurut Penuturan Ayahnya Musa, pada awalnya Musa pun sulit menghafal Alquran, sama saja dengan anak lain seusianya. Namun karena ketekunan sang ayahlah, maka Musa pun bisa menghafal ayat demi ayat Alquran.

Kita pun perlu mengetahui bahwa Ayahnya Musa pun tidak hafal apa yang dihafal oleh Musa, namun Ayahnya Musa bisa membuat Musa menghafalnya dengan kuat. Taukah kamu apa kuncinya? Kuncinya adalah dengan seiring murajaah atau mengulang-ngulang hafalan Quran.

srandil.com
Back