commons.wikimedia.org

7 Beladiri Paling Brutal dan Mematikan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Posted on

Setiap orang mendambakan yang namanya kedamaian. Namun pada kenyataannya, dinamika hubungan antar manusia tidak terlepas dengan konflik dan pertentangan. Itu karena kepentingan dan kebutuhan manusia berbeda dan tak jarang saling berbenturan.

Gesekan antar manusia itu berujung pada perkelahian, atau pada skala yang lebih besar lagi, adalah perang. Atas dasar itulah manusia membutuhkan ketrampilan beladiri, sebagai bekal melindungi diri dari gesekan sewaktu-waktu.

Masing-masing masyarakat lalu menciptakan ilmu beladiri yang sesuai dengan kultur masyarakatnya.

Indonesia dengan silatnya, Thailand dengan muay thainya, Tiongkok dengan kungfunya, Jepang dengan karatenya, dan Taekwondo, Jiujutsu, dan beladiri terkenal lain.

Kebanyakan dari jenis beladiri yang terkenal itu ada unsur keindahan dan dengan gerakan yang bisa dinikmati sebagai pertunjukkan, maka disebut sebagai seni beladiri. Tapi ada juga beladiri yang sepenuhnya brutal dan mematikan.

Mungkin karena saking brutalnya itu, sehingga jenis beladiri ini tidak terlalu dikenal dan hanya digunakan sedikit orang di daerah tertentu.

Alasan lain kenapa tidak terlalu banyak dikenal, karena beladiri jenis brutal hanya digunakan oleh kelompok khusus, dan tidak boleh sembarangan orang yang menggunakannya.

Apa saja beladiri yang paling brutal dan jarang diketahui banyak orang itu, ini dia ulasannya.

Lerdrit dari Thailand

flickr.com
flickr.com

Bicara beladiri Thailand, orang-orang lebih akrab dengan muay thai ketimbang beladiri yang satu ini. Banyak yang bilang kalau muay thai adalah beladiri yang mematikan, padahal kalau kamu tahu, lerdrit lebih brutal dan mematikan.

Sekilas gerakan-gerakan ledrit hampir mirip dengan muay thai. Namun tujuan akhir ledrit bukan hanya melumpuhkan lawan seperti muay thai, tapi langsung membunuh lawan!

Maka wajar jika beladiri ledrit tak banyak tersebar di Thailand apalagi di dunia, hanya pasukan khusus Kerajaan Thailand yang menggunakan beladiri ini.

Kajukenbo dari Hawai

pauldavisphotography.com
pauldavisphotography.com

Beladiri yang lahir dari pertarungan mematikan, kehidupan yang penuh bahaya, pastilah brutal dan mematikan. Kajukenbo adalah beladiri hybrid yang mengkombinasikan berbagai beladiri, tujuannya satu, memenangkan pertarungan hidup mati di jalanan.

Ya, beladiri ini memang lahir dari di Hawai yang pada tahun 1940 sangat sering terjadi perang jalanan. Kajukenbo menggunakan segala macam senjata, teknik bahkan senjata alami manusia untuk memenangkan pertarungan.

Banyak menyebut istilah kajukenbo adalah singkatan dari berbagao beladiri, yakni ‘ka’ dari karate, ‘ju’ berarti judo dan jujitsu, ‘ken’ adalah kenpo, terakhir ‘bo’ merujuk pada boxing Amerika dan Tingkok.

Systema dari Rusia

systemaspetsnaz.com
systemaspetsnaz.com

Ini beladiri yang tidak perlu gerakan muluk-muluk yang menyerupai seni. Lebih tepatnya ini adalah teknik melumpuhkan dan membunuh lawan. Jadi petarungnya langsung to the point dengan cepat menyerang titik vital dari lawan.

Pantas saja jika yang menggunakannya bukan sembarangan, tapi pasukan khusus / pasukan elit yang disebut Spetnaz. Sesuai dengan postur tubuh orang Rusia, beladiri systema butuh fisik dan stamina yang kuat.

Kalari Payat dari India

nusantara-fighter.blogspot.com
nusantara-fighter.blogspot.com

Walau tidak terlalu banyak dikenal, sebetulnya beladiri Kalari termasuk yang tertua di India. Dalam kepercayaan masyarakat, beladiri diajarkan oleh Dewa Wisnu kepada orang-orang terpilih di India.

Karena itu para petarungnya sangat menjaga spritualitas diri mereka, mereka juga harus menguasai mantra-mantra dari para dewa.

Sekilas teknik Kalari Payat hanya berkutat pada teknik kuncian dan gulat. Namun ketika mereka menggunakan senjata, mereka akan lebih agresif dan mematikan.

Dambe dari Mesir

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Beralih ke benua Afrika, ada beladiri dambe yang berasal dari Mesir. Ini betul-betul pertarungan yang liar dan brutal. Tekniknya tidak menonjol, namun plat besi yang dipasang di tangan dan kaki membuat lawan-lawan mereka bisa cidera parah dan terbunuh.

Lethwei dari Myanmar

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Ini beladiri yang tidak terlalu populer, namun jika para petarung tahu, mereka akan gentar dengan pengguna beladiri lethew. Salah satu legenda lethew, yakni Lone Chaw pernah merobohkan petarung handal Jujitsu hanya dalam waktu kurang dari satu menit.

Sambo dari Rusia

xfsportmag.com
xfsportmag.com

Selain systema, Rusia juga punya beladiri lain yang tak kalah brutal, yakni sambo. Dengan mengandalkan kekuatan fisik besar dan ketepatan teknik, petarungnya mampu mematahkan tulang dan merobek sendi lawan dengan mudah.

Beladiri sambo di Rusia banyak digunakan para bodyguard dan agen-agen pemerintah.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *