1Sosok Nabi Ibrahim

Siapa yang tidak kenal dengan nabi ibrahim? Nabi yang terkenal dengan kisahnya mencari Tuhan, memenggal kepala berhala sesembahan buatan ayahnya dan mempunyai mukjizat di bakar tidak hangus.

Tentu semua umat islam tahu bahkan anak SD pun tahu akan kisah diatas karena itu sudah menjadi mata pelajaran bagi mereka. Mereka suka dan terinspirasi dari kisah nabi Ibrahim.

Nabi ibrahim dikenal sebagai nabi yang super tegar, super kuat dalam prinsip dan super berani dalam mengambil keputusan. ALLAH swt telah memberikan pendidikan yang begitu hebat dalam kisah hidupnya.

Kita sebagai umat di akhir jaman tidak mungkin bisa melihat wajah beliau tapi kita masih bisa belajar dari kisah hidup beliau yang begitu fantastis.

Yuuk mari simak bersama pelajaran yang dapat kita ambil dari perjalanan hidup nabi Ibrahim

2Nabi Ibrahim Tak Kenal Menyerah

kembarasalik.wordpress.com

Seperti kisah beliau yang mencari Tuhan kemana saja, melihat apa saja, tak kenal lelah dan menyerah sampai beliau menemukan kebenarannya.

Kisah beliau diabadikan dalam alquran. Ibrahim menemukan dan membina keyakinannya melalui pencarian dengan perenungan akan fenomena alam.

Setelah mengamati perjalanan bintang, bulan, dan matahari sampailah dia pada suatu kesimpulan bahwa yang menciptakan semua peristiwa alam itu adalah Allah (Surat Al An’am: 17).

3Nabi Ibrahim Itu Kritis

nurachmanku.wordpress.com

Sesosok Ibrahim sangat kritis dalam mencari dan menerima kebenaran melihat keyakinan masyarakat pada saat itu bertentangan dengan akal sehat. Ibrahim menolak keyakinan tersebut sekalipun berhadapan dengan ayahnya.

“Dan (ingatlah) di waktu Ibrahim berkata pada bapaknya Aazar, ‘Pantaskah kamu menjadikan berhala-berhala sebagai Tuhan-tuhan? Sesungguhnya aku melihatnya dan kaum kamu dalam kesesatan yang nyata’.” (QS Al An’am: 74).

4Istiqomah dalam Ajaran ALLAH

blogkhususdoa.com

Istiqomah dan konsisten dalam menerapkan ajaran Allah dan melepaskan diri dari kekufuran, sebagaimana dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan kaumnya. (QS Almumtahanah: 4).

Nabi Ibrahim juga tetap istiqomah dan konsisten dalam keyakinannya, sekalipun bertentangan dengan ayahnya dan dibakar hidup-hidup, beliau tetap berpegang teguh pada yang beliau yakini.

5Nabi Ibrahim Punya Percaya Diri Tinggi

nsqjuara.com

Beliau memiliki rasa percaya diri yang tinggi terhadap keyakinan agama yang dianut, sehingga tidak ragu-ragu untuk menunjukkan identitas keislamannya.

Firman Allah: Maka katakanlah pada mereka, ‘Saksikanlah bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri kepada Allah.’ (QS Al Imran: 64).

6Wawasan Ilmu Luas dan Visi yang Jelas

mozaik.inilah.com

Nabi Ibrahim memiliki wawasan ilmu yang luas serta visi yang jelas. Firman Allah: Dan ingatlah hamba-hamba kami, Ibrahim, Ishaq, dan Ya’qub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu yang tinggi. (QS Shad: 45).

7Resiko Apapun Perjuangan Beliau Terima

tinoberita.blogspot.com

Nabi Ibrahim sanggup menghadapi risiko perjuangan. Tidak bergeming menghadapi ancaman, intimidasi dan penyiksaan yang dilakukan oleh rezim penguasa.

Bahkan pengorbanannya yang luar biasa demi mematuhi perintah ALLAH yaitu menyembelih anaknya sendiri, demi membuktikan cintanya pada ALLAH, sungguh itu diluar akal manusia jaman sekarang.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari seorang nabi Ibrahim yang luar biasa, bapak dari semua nabi dan semoga perjuangannya, prinsip hidupnya dan pengorbanannya bisa menginspirasi kita.

Wallahu a’lam bi ash-ashawab.