Orang sukses memang rata-rata dari hal yang kecil, mereka harus berjuang dengan berat, di remehkan banyak orang dan mungkin juga dikatakan aneh.

Ini menandakan sukses memang tidak mudah didapat, ia butuh perjuangan, pengorbanan dan keistiqomahan dalam berkarya. Seperti halnya seorang entertain yang sudah terkenal saat ini, yaitu Raditya Dika, yuuk mari belajar bersama Raditya Dika.

1Pribadi Dika

maxmanroe.com

Dika Angkasaputra Moerwani merupakan nama asli dari sosok lucu yang sekarang terkenal bernama Raditya Dika. Ia sebenarnya adalah seorang penulis, bukan pelawak.

Awanya dia hanyalah seorang blogger, tulisan dika memang mempunyai khas dan berbeda dari penulis lain. Dia selalu memaparkan pengalaman pribadi yang konyol, unik, dan mengocok perut, sehingga memunculkan karya yang khas dan membuat dia terkenal.

Sekarang Dika sudah terkenal, tenar dan dompetnya tebal, tapi, siapa sangka dulu Dika kenyang ditolak penerbit karena ide-idenya dinilai gila?

2Merintis Karir

youtube.com

Kesuksesan dalam meniti karier sebagai menulis, membuat dika, memberanikan diri merambah ke jalur lain. Dika akhirnya terjun ke dunia lawak, aktor, model, hingga sutradara.

Pria berumur 30 tahun itu juga ikut merintis panggung stand up comedy di Indonesia. Sekarang ia dipercaya sebagai juri di program acara tersebut.

Terakhir, Dika dikenal sebagai pelopor web series di Indonesia. Salah satu karyanya cukup terkenal: ”Malam Minggu Miko”.

3Karya Dika

blog.lendabook.cog

Karya Dika memang hampir semua ber genre komedi. Contohnya ada di buku-buku bertajuk Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh (2005), Cinta Brontosaurus (2006), Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa (2007).

Babi Ngesot:Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang (2008), Marmut Merah Jambu (2010), Manusia Setengah Salmon (2011), dan Koala Kumal (2015).

Semuanya dipaparkan dengan gaya kocak dan mudah dicerna. Begitu juga ketika dia bermain film atau menjadi sutradara.

Genre komedi seolah-olah menjadi identitas bagi Dika, yang akhirnya pada tahun 2009 Dika mendapat penghargaan The Online Inspiring Award 2009

4Kreatif dan Inovatif

dicuekin.com

Semua berawal dari keisengannya yang membukukan catatan harian di blog pribadi, berkat pengorbanan waktu, tenaga dan pikirannya, pengalamannya yang unik dan lucu ia tuangkan dalam blog pribadi dan tak  disangka dia memenangi Indonesian Blog Award.

Akhirnya Dika menawarkan karya-karyanya di penerbit di Jakarta, tapi apes dia. Banyak penerbit yang menolak. Maklum, ketika itu, Dika bukan siapa-siapa dan idenya dianggap “gila”.

Dika tidak menyerah, setelah susah payah, akhirnya ada penerbit yang mencetak bukunya tapi Dika harus melakukan presentasi terlebih dulu. Sejak itulah namanya mulai dikenal.

Cowok asli kelahiran Jakarta ini akhirnya melejit sebagai penulis muda kreatif dan inovatif. Buku-bukunya banyak laris di pasaran.

Uniknya, ia selalu menampilkan identitas yang berbeda dengan penulis kebanyakan. Dalam memilih judul buku, misalnya, selalu mengandung kata bintang.

Raditya Dika berpesan kepada kita semua, agar lebih kuat dalam passion, berikut kalimat-kalimat motivasinya.

“Untuk berhasil, harus ada mimpi dan keinginan kuat untuk mewujudkannya. Passion adalah bensin untuk melakukan sesuatu.

Jadi bagi gue, dalam memilih pekerjaan, passion kata kuncinya. Jangan bekerja karena pekerjaannya bergengsi, karena tuntutan orangtua, atau karena gak ada pilihan lain. Tapi bekerjalah karena kamu punya passion yang besar untuk itu,” pungkas dia.