Gelar “Istimewa” yang tersemat pada Yogyakarta memang betul ya. Sebab, siapapun yang pernah berkunjung ke Yogya, pasti akan rindu untuk kembali lagi.

Yogyakarta memang punya sejuta romantisme yang syahdu, lembut, dan hangat. Dibuktikan dengan keindahan 10 lokasi yang belum begitu banyak dilirik orang. Wah, coba deh kamu ke tempat ini bersama pasangan sah dan halal. Dijamin, seruu!

Back

1. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo berlokasi di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta.

Puncak Suroloyo merupakan obyek wisata di daerah Kulonprogo yang menyimpan kisah melegenda, sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa, khususnya Yogyakarta.

Tokoh Raden Mas Rangsang yang bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo mendapat petunjuk wangsit tentang kekuasaan di tanah Jawa.

Beliau mendapat wangsit, bila ingin menjadi penguasa di tanah Jawa, beliau harus berjalan kearah barat di Keraton Kotagede menuju pegunungan menoreh dan melaksanakan tapa brata di salah satu perbukitan menoreh ini.

Sekarang, salah satu bukit tempat Raden Mas Rangsang bertapa dikenal dengan nama puncak Suroloyo.

Untuk menuju puncak Suroloyo, kamu harus menaiki anak tangga berjumlah 286 dengan tingkat kemiringan yang lumayan terjal.

wisata-jogja.net
Back