6 Keajaiban yang Terjadi Saat Bencana Tsunami Aceh

reportaseinti.wordpress.com

Masih ingat dengan peristiwa tsunami di Aceh? Sebuah bencana tsunami terdahsyat di dunia yang menewaskan lebih dari 500 umat manusia. Tsunami Aceh pada tahun 2004 telah menorehkan duka mendalam bagi seluruh dunia.

Ketika itu Aceh porak-poranda laksana debu berhamburan. Hingga kini, tsunami Aceh masih menyisakan kenangan pahit untuk negeri ini.

Namun, siapa sangka, di balik kejadian tsunami yang mahadahsyat justru muncul lingkaran-lingkaran keajaiban Tuhan. Keajaiban apa saja yang terjadi tatkala tsunami melanda Aceh. Simak, yuk!

1Gadis ABG Aceh Hilang Selama 15 Tahun

beritadaerah.co.id

Fanisa Rizkia, kini berusia 15 tahun saat dipulangkan pemerintah Indonesia dari Negeri Jiran. Fanisa adalah gadis ABG yang selamat saat tsunami Aceh 10 tahun lalu.

Fanisa yang ketika itu baru berusia 5 tahun tidak diketahui keberadaannya. Hingga akhirnya dinyatakan hilang.

Seluruh keluarga Fanisa meninggal terhantam arus tsunami. Ajaib! Fanisa Rizkia tiba-tiba ditemukan di Malaysia dan bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Beruntung, karena Fanisa mendapatkan majikan yang baik meskipun agen yang memberangkatkannya tidak pernah membayar gaji Fanisa. Dia menjadi korban human trafficking.

Pemerintah Indonesia yang mengetahui hal tersebut lantas segera memulangkan Fanisa. Betapa gadis itu sangat riang tatkala menginjakkan kakinya lagi di Aceh.

Fanisa bahagia meski kini sebatang kara. Setidaknya dia telah kembali ke tanah airnya.

221 Hari di Tengah Lautan, Martunis Selamat

djurnal.com

Martunis, ketika ditemui kini telah berusia 17 tahun. Martunis selamat dari terjangan tsunami Aceh 11 tahun silam.

Dia sempat terombang-ambing di lautan selama 21 hari. Sebuah batang pohon mengantarkannya ke rawa-rawa tepat di makam Teungku Syiah Kuala.

Uniknya, ketika itu Martunis mengenakan kaos tim sepak bola Portugal hingga ia ditemukan penduduk. Tim televisi Inggris lalu membawa Martunis dan meliputnya.

Kemunculan Martunis di televisi menarik perhatian Ketua Federasi Sepak bola Portugal, Gilberto Madail. Pasalnya, Martunis mengenakan kaos tim sepak bola mereka.

Itulah sebabnya Martunis diundang secara resmi ke Negara Portugal oleh Federasi Sepak Bola Portugal.

3Naik Kubah Masjid, Mereka Selamat

nasional.news.viva.co.id

Ini bukti kebesaran Tuhan! Tujuh orang yang naik ke kubah masjid selamat dari sapuan arus tsunami. Kubah masjid tersebut merupakan kubah yang berasal dari masjid jami Desa Lam Teungoh.

Selamatnya tujuh orang tersebut erat kaitannya dengan kisah mistis. Konon, menurut cerita seseorang, ia melihat kubah itu dibawa oleh tiga orang misterius berjubah putih.

Ia berujar bahwa yang mengangat kubah adalah seorang ulama dan dua muridnya.

Memang, di masjid jami tempat kubah ini berasal, tadinya merupakan makam ulama besar Aceh Hamzah Fansuri dan kedua orang muridnya.

Benar atau tidaknya kisah itu, yang jelas ketujuh orang yang menumpang kubah masih hidup sampai sekarang. Mereka salah satu bukti Kekuasaan Tuhan.

4Diselamatkan Ular Raksasa, Nenek 60 Tahun Selamat

anehjuga.com

Nenek berusia 60 tahun ini membuktikan bahwa jika Tuhan sudah berkehendak, segala yang tidak mungkin menjadi mungkin. Seekor ular raksasa pun tergerak untuk menyelamatkan sosok nenek Ummikasum.

Tatkala tsunami menggulung Aceh, nenek Ummikasum langsung tak sadarkan diri. Tiba-tiba saja dia sudah berada di sekitar jembatan Krueng Cut dalam kondisi tubuhnya dililit ular raksasa.

Lantas, sang ular membawa nenek Ummikasum ke daratan, tepat di jembatan Lamnyong, Darussalam. Selidik punya selidik, ternyata profesi nenek Ummikasum adalah seorang bidan yang merangkap juru memandikan mayat.

Entah, amalan apa yang sudah dilakoni nenek Ummikasum sehingga seekor ular raksasa pun bersimpati kepadanya. Inilah sekali lagi bukti kebesaran Tuhan.

5Masjid Ini Tetap Kokoh

wtop.com

Masjid Rahmatullah, begitulah orang-orang mengenalnya. Masjid yang letaknya 500 meter dari bibir pantai ini sama sekali tidak hancur diterjang tsunami.

Padahal, seluruh bangunan di sekitarnya rata dengan tanah. Tapi, masjid Rahmatullah tidak sedikit pun rusak.

Gubernur Aceh Syamsudin Mahmud lah yang membangun masjid Rahmatullah pada tahun 1997 di Lhoknga, Aceh Besar.

Banyak pengunjung yang berdecak kagum karena masjid tersebut tidak terhempas arus tsunami meskipun perkampungan Lhoknga luluh lantak.

6Masjid Baiturrahim Masih Utuh

reportaseinti.wordpress.com

Satu lagi, masjid yang masih berdiri kokoh saat tsunami Aceh, masjid Baiturrahim. Masjid Baiturrahim terletak di radius 300 km dari pusat gempa Banda Aceh.

Lokasi berdirinya masjid Baiturrahim merupakan lokasi pertama dan terdahsyat yang terkena dampak tsunami. Seluruh bangunan di sekitar masjid hancur lebur menjadi puing-puing.

Bahkan tidak sedikit yang terbawa arus tsunami hingga ke wilayah lain. Tapi, masjid Baiturrahim sama sekali tak tersentuh. Ia tetap kokoh dan menjadi saksi kedahsyatan tsunami di Aceh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here