Di zaman peperangan antar kerajaan dahulu kala, masing-masing pasukan menggunakan panji atau bendera untuk mengidentifikasi pasukannya.

Fungsi bendera ini sudah digunakan oleh peradaban kuno seperti Tiongkok dan Persia pada 4000 tahun yang lalu. Peperangan-peperangan dengan jumlah pasukan besar butuh penanda untuk mengenali dan mengatur strategi.

aliexpress.com
aliexpress.com

Pada tahap selanjutnya bendera nasional yang lebih dikenal saat ini mulai marak digunakan oleh kapal-kapal maritim sebagai bentuk komunikasi di laut.

Bendera menjadi penanda masing-masing kapal, dengan dipasang di puncak layar agar mudah berkibar dan terlihat jelas. Itulah kenapa bendera terbuat dari kain dan berbentuk persegi.

Dari bendera kapal, kini bendera bertransformasi menjadi simbol penting dari suatu negara yang melambangkan kedaulatan dan kebesaran suatu negara.

Tidak terkecuali dengan bendera nasional kita yakni bendera merah putih. Bendera merah putih menjadi sesuatu yang sakral dan wajib dihormati oleh seluruh warga negara.

Bukan bentuk fisik kainnya yang dihormati, tapi menghormati persatuan rakyat dan cita-cita luhur negara yang disimbolkan pada bendera tersebut.

Menghormati bendera merah putih juga bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan dan kemajuan Indonesia.

Bendera merah putih sendiri punya asal-muasal yang menarik, juga makna filosofi yang mendalam. Berikut ini tentang seluk beluk bendera merah putih yang perlu kamu ketahui.

1Asal-muasal Bendera Merah Putih

wikipedia.com

Banyak yang bisa dikaitkan tentang darimana bendera merah putih ini berasal. Dari Jawa panji-panji pasukan dari zaman kerajaan Kediri dan zaman Majapahit adalah warna merah putih.

Alasannya lebih karena teknis, yakni warna putih adalah warna asli kapuk atau kapas katun, dan warna merah adalah pewarnaan alami dari daun pohon jati, bunga belimbing wuluh, dan kulit manggis.

Sedangkan di luar Jawa, catatan sejarah juga menceritakan panji-panji pasukan Kerajaan dari Aceh, Sisingamangaraja IX, dan Kerajaan Bone Bugis juga menggunakan merah putih.

wasumku.blogspot.com
wasumku.blogspot.com

Semuanya adalah masa-masa waktunya terlalu jauh dari masa Indonesia. Yang paling mungkin ada kaitannya adalah panji-panji pasukan Pangeran Diponegoro pada perang Jawa 1825-1830.

Bendera merah putih berkibar dalam setiap peperangan Diponegoro melawan Belanda. Seabad berlalu warna merah putih ini mengispirasi dan dibangkitkan kembali oleh para pemuda pergerakan nasional untuk keluar dari cengkraman Belanda.

historia.id
historia.id

Di mulai dari lambang Perhimpunan Indonesia, organisasi mahasiswa yang studi di Belanda ini punya lambang merah putih dengan gambar kerbau di bagian tengah.

Berlanjut Pada Partai Nasional Indonesia yang didirikan Soekarno juga menggunakan latar merah putih dan gambar banteng di bagian tengah sebagai lambang partai.

Semakin menguatkan ketika kongres pemuda 1928 yang terkenal dengan sumpah pemudanya itu juga menyepakati bendera merah putih sebagai bendera persatuan. Namun bedanya ada lambang garuda di tengah bendera tersebut.

Desember 1939 saat pertemuan kongres Rakyat Indonesia, para tokoh menyepakati bendera yang sama persis dengan bendera Indonesia saat ini.

Bendera mereh putih lalu disepakati dan ditafsiri maknanya dalam panitia kecil menjelang kemerdekaan. Selanjutnya dikukuhkan menjadi bendera nasional seiring dengan kemerdekaan Indonesia 17 agustus 1945.

2Makna Filosofi Bendera Merah Putih

smaterpadu-alqudwah.sch.id

Secara resmi, tafsir makna filosofi merah putih ditetapkan menjelang kemerdekaan, yakni yang diketuai oleh Ki Hadjar Dewantoro. Dalam tafsir resminya arti warna merah adalah keberanian, putih berarti kesucian.

Merah melambangkan raga manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan jiwa dan raga manusia untuk membangun Indonesia.

Sedangkan jika merujuk pada penggunaan bendera merah putih di kerajaan-kerajaan jawa, unsur merah sebagai lambang ibu, yaitu darah yang tumpah ketika melahirkan. Dan unsur putih sebagai lambang ayah, yang ditanam di gua garba.

myquran.or.id
myquran.or.id

Beda lagi dengan penelitian orintalis, merah putih adalah warna yang dimuliakan oleh bangsa Austronesia (Asia Tenggara dan sekitarnya). Merah adalah simbol bunda bumi dan putih adalah simbol bapak langit.

Karena itulah warna merah putih banyak muncul di rumpun melayu seperti bendera Singapura, Partai UMNO dan Partai PAS Malaysia, serta bendera milisi Pattani Thailand yang semuanya berlatar merah putih.