Percayakah kamu bahwa bentuk bumi itu bulat?

Sebelum bukti otentik berupa foto bumi dari luar angkasa keluar, belum ada seorang pun yang percaya. Begitu pula yang terjadi pada Galileo Galileo pada tahun 1616.

Ketika Galileo mengutarakan pendapatnya tentang bumi yang berbentuk bulat, pihak gereja pun memusuhi lantas memenjarakannya. Pihak gereja sudah terlanjur percaya pada teori yang menyatakan bentuk bumi datar.

Pihak gereja tidak mempercayai Galileo karena ia tidak mempunyai bukti berupa foto atau gambar. Selain itu, sikap arogan pihak gereja telah memasung mereka ke dalam pehamaman saklek tentang bentuk bumi.

Baru ketika Apollo 8 mengadakan misi luar angkasa dan berhasil mendapatkan foto bumi, pendapat Galileo diakui seluruh dunia. Menakjubkan bukan? Butuh waktu 3,5 abad untuk membuktikan kebenaran pendapat Galileo.

Hasil temuan gambar bumi dari Apollo 8 pada tanggal 24 Desember 1968 itu disebut earthrise yang artinya bumi muncul. Warna bumi dari gambar tersebut adalah kebiruan dan bentuknya bulat.

Walaupun saat itu bukti berupa foto sudah muncul, namun masih ada yang menyangkal kebenarannya. Kelompok penyangkal tersebut disebut penganut flatearther. Mereka tetap percaya bahwa bumi itu bentuknya datar.

Pendapat lain tentang bumi diungkapkan oleh James Mclntyre, moderator situs diskusi masyarakat bumi rata di Negara Inggris. Ia berpendapat bahwa bumi berbentuk seperti piring.

Menurutnya, bumi tidak rata secara keseluruhan karena terdapat bukit dan lembah. Ia bahkan menyatakan diameter bumi berukuran 24.900 mil.

James pun berani menyangkal bukti foto bumi yang ditunjukan NASA. Ia menganggap foto tersebut hasil rekayasa internasional untuk mengeruk keuntungan semata.

Lain halnya dengan Christine Garwood, pengarang buku Flat Earth: The History of an Infamous Idea yang berpendapat tentang kepercayaan penganut paham flatearthers.

Ia mengatakan, sebenarnya mereka merupakan pencetus teori konspirasi tentang bumi datar. Itulah sebabnya mereka pun menganggap foto-foto yang ditunjukan NASA adalah palsu.

Tapi, terlepas dari munculnya kelompok flatearthers, hampir seluruh manusia di bumi percaya bahwa bumi berbentuk bulat.

Di samping itu, fakta otentik berupa foto bumi yang ditunjukan NASA dan ahli astronomi beberapa dekade ini cukup menguatkan pendapat bahwa bumi berbentuk bulat.

Supaya kamu semakin percaya bentuk bumi itu memang bulat, simak 9 hal berikut ini.

1Foto Bumi Dari Apollo 17

wikimedia.org

Tepat pada tanggal 7 Desember 1972, tim Apollo 17 memotret gambar bumi dari luar angkasa. Hasilnya, terbukti bahwa bumi berbentuk bulat.

Gambar tersebut telah dipublikasikan sehingga diketahui oleh seluruh dunia. Tentu saja sekali lagi mematahkan pendapat kelompok flatearthers.

2Pergeseran Bintang

bintang astronesia.blogspot.com

Coba perhatikan bintang yang bergeser dari tempatnya. Taruhlah contoh ketika kamu melihat rasi bintang orion. Kalau kamu bergerak ke arah utara atau selatan, rasi bintang orion akan terbalik di langit belahan bumi selatan.

3Penjelajahan Ferdinand Magellan

biography.com

Ingat tokoh Ferdinand Magellan? Seorang pemberani yang menjelajahi bumi ke arah barat. Pada akhir pelayarannya, ia kembali ke titik semula ketika memulai pelayaran.

4Kaki Langit

aryaperdhana.wordpress.com

Kamu bisa membuktikan bumi bulat saat berada di danau tepat di kaki langit. Contohnya, di Danau Michigan, Amerika Serikat.

Ketika kamu berada di sana, gedung pencakar langit di Kota Chicago hanya nampak bagian atasnya saja.

Ini menjadi bukti bahwa bumi tidak berbentuk datar. Jika memang datar, pasti kamu dapat melihat seluruh bagian gedung.

5Ketinggian Matahari

anothersideoflives.blogspot.com

Saat kamu menjauhi garis ekuator, matahari akan terlihat berpindah posisi yang lebih rendah di langit. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya lengkungan di bumi yang menyerupai bentuk bola.

6Gerhana Bulan

Bayangan bumi akan terlihat melengkung ketika terjadi gerhana bulan. Ini membuktikan bahwa bumi berbentuk bulat seperti bola.

7Seluruh Planet Berbentuk Bulat

wikiwand.com

Jumlah planet di alam semesta tak terhitung banyaknya. Namun, dari yang nampak, semuanya berbentuk bulat.

Logikanya, jika planet lain bentuknya bulat, bumi sudah pasti bulat, karena termasuk jenis planet di tata surya.

8Perbedaan Zona Waktu

dakwatuna.com

Saat kamu menelepon sahabatmu di Amerika pada siang hari, di sana pasti sedang mengalami malam hari. Nah, hal itulah yang memperkuat bukti bahwa bumi berbentuk bulat.

Matahari bergerak dari satu ujung bumi barat, lalu muncul di ujung yang lain. Jika bentuknya datar, pasti tidak ada perbedaan zona waktu.

9Segitiga

anothersideoflives.blogspot.com

Buktikan bahwa bumi bulat dengan cara berjalan lurus sejauh 90 kilometer. Kemudian, beloklah sebesar 90o ke kanan dan berjalan lurus lagi dengan jarak yang sama. Belok kanan lagi untuk kedua kalinya dengan besaran sudut yang sama pula.

Hasilnya, kamu akan kembali di titik semula dengan membentuk 3 sudut segitiga. Mustahil, segitiga ini ada di permukaan datar.