Kita pernah bahas soal unsur-unsur kebugaran jasmani yang bisa membuat tubuh menjadi lebih optimal dalam mengerjakan sesuatu.

Namun ada baiknya kita review sejenak apa sih sebenarnya kebugaran jasmani dan apa saja bentuk latihannya.

Menurut Judith Rink dalam Mochamad Sajoto (1988: 43), kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang menyelesaikan tugas sehari-hari dengan tanpa mengalami kelelahan berarti, dengan pengeluaran energi yang cukup besar, guna memenuhi kebutuhan geraknya dan menikmati waktu luang serta untuk memenuhi keperluan darurat bila sewaktu-waktu diperlukan.

Sementara menurut Engkos Kosasih (1985: 10), kebugaran jasmani adalah suatu keadaan seseorang yang mempunyai kekuatan (strength), kemampuan (ability), kesanggupan, dan daya tahan untuk melakukan pekerjaannya dengan efisien tanpa kelelahan.

Kebugaran jasmani pada hakekatnya berkenaan dengan kemampuan dan kesanggupan fisik seseorang untuk melaksanakan tugasnya sehari-hari secara efisien dan efektif dalam waktu yang relatif lama tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti, dan masih memiliki tenaga cadangan untuk melaksanakan aktivitas lainnya.

Nah untuk mendapatkan kondisi ideal seperti di atas memang diperlukan beragam latihan agar hasilnya maksimal.

1Kelenturan

www.youtube.com

Guna melatih kelenturan, kamu bisa latihan peregangan. Biasanya memang dilakukan setelah olahraga atau saat pemanasan.

Coba gerakkan beberapa persendian dengan gerakan merenggang. Jangan sampai saat perenggagang kamu terlalu memaksakan diri sehingga bisa cedera otot.

2Kecepatan

www.studentsports.com

Cara melatih kecepatan bisa dilakukan dengan banyak cara. Cara paling mudah adalah dengan lari. Namun dengan berbagai variasi lari.

Misalnya lari cepat dengan jarak 50 meter. Setelah itu kombinasikan juga dengan lari naik bukit agar menambah latihan pada beban dan kecepatan.

Selain itu latihan kecepatan juga bisa dilakukan dengan lari sembari mengubah kecepatan seperti mulai dari lambat, semakin lama semakin cepat.

3Kekuatan Otot

www.askmen.com

Melatih otot bisa dilakukan dengan olahraga angkat beban secara teratur. Selain itu di fitness banyak alat yang bisa digunakan untuk melatih otot baik tangan maupun kaki seperti gerakan pull up.

Tanpa alatpun bisa melakukan latihan kekuatan otot yakni dengan gerakan push up. Yang dilatih dalam push up memang fokus pada kekuatan otot tangan yang menahan tubuh.

4Daya Tahan Otot

www.cbinsights.com

Mirip kekuatan otot, latihan yang cukup tepat untuk meningkatkan daya tahan otot adalah angkat beban. Namun disarankan jangan langsung mengangkat beban yang langsung berat.

Cukup dilakukan secara bertahap dari barbel yang kecil setelah merasa nyaman dan kuat bisa ditingkatkan ke beban yang lebih besar.

5Kelincahan

www.youtube.com

Guna melatih kelincahan kamu bisa lari zig zag dengan bantuan alat alat sederhana sebagai pembatas. Lakukan gerakan itu semakin lama dengan cepat.

Kamu bisa juga latihan lari bolak balik dalam kecepatan tinggi sehingga perputaran arah dalam kecepatan tinggi akan melatih kelincahan kamu.

6Keseimbangan

hereandnow.wbur.org

Kamu bisa melatih keseimbangan dengan melakukan sikap dalam keadaan seimbang dalam bidang tumpuan. Contoh : Mengangkat salah satu kaki dari sikap kayang

7Ketepatan

azharjaafar313.blogspot.com

Latihan mengarahkan sesuatu sesuai dengan sasaran yang dikehendaki. Kamu bisa memanah atau latihan melempar.

Jika sudah ahli kamu bisa menyasar target yang berjalan atau kamu yang dalam keadaan berjalan.

8Daya Ledak

www.dhflakeview.com

Guna melatih daya ledak kamu caranya cukup mudah. Kamu cukup melompat dengan satu kaki secara bergantian.

Pergantian dari satu kaki saja akan menguatkan pijakan dan menguatkan daya ledak kamu.

9Kecepatan Reaksi

www.studentsports.com

Nah untuk melatih reaksi kamu bisa coba latihan yang satu ini. Kamu lari ketika mendengar pluit sesuai intruksi.

Contoh : Lari kedepan ketika mendengar pluit pertama, lari kesamping ketika mendengar peluit kedua, dan lari kebelakang ketika mendengar peluit ketiga.

10Koordinasi

badmintonindonesia.org

Guna melatih koordinasi kamu bisa melakukan beberapa gerakan. Pertama berdiri tegak, kedua kaki dirapatkan dan tangan disamping badan

Kedua, beringkukkan badan kedepan, kedua kaki lurus, tundukan kepala dan telapak tangan menyentuh tanah

Ketiga, ketika hitungan kedua, jongkok, tumit diangkat dan tangan lurus kedepan sejajar dengan bahu. Terakhir, pada hitungan ketiga kembali ke posisi pertama.