Sebagai makhluk yang tinggal di bumi, ada baiknya untuk mengetahui seluk beluk tentang planet ini. Walaupun terlihat berbentuk bulat penuh jika dilihat dari jauh, tapi sebenarnya bumi memiliki bentuk permukaan yang tidak rata.

Bentuk muka bumi yang tidak rata ini berupa tonjolan, dataran, dan cekungan yang biasa disebut dengan relief atau kekasaran permukaan bumi.

Relief permukaan bumi terjadi karena adanya pengaruh tenaga-tenaga pembentuk muka bumi, baik tenaga endogen maupun tenaga eksogen. Dan tenaga ini masih terus berproses, sehingga bentuk muka bumi masih sangat mungkin berubah.

Perubahan bentuk muka bumi dalam skala kecil bisa terjadi setiap waktu seperti adanya gempa, gunung meletus, juga meluapnya air laut. Sedangkan dalam skala besar seperti pembentukan benua dan pulau-pulau tentu dalam waktu yang lama.

Ketika pemanasan global semakin parah, diramalkan dalam hitungan abad atau milenium beberapa pulau akan lenyap, termasuk pulau-pulau besar di Indonesia. Ngerinya jika itu benar-benar terjadi ya?

Relief sering dibagi menjadi dua, yaitu yang ada yang di darat (relief darat) dan yang ada di laut (relief laut). Bentuk muka bumi yang sering kita dengar seperti gunung, pegunungan, bukit, atau dasar samudra.

Namun ternyata banyak sekali ragam bentuk muka bumi yang masih jarang diketahui orang, atau pernah didengar namun tidak paham apa maksudnya.

Nah, untuk itu penting kayaknya nih buat kamu mengetahui apa saja sih relief muka bumi atau me-refresh kembali ingatan seputar itu. Simak ulasan berikut ini.

1Plato (Plateau)

djakalodang.blogspot.com

Seringkali plato dianggap sebagai nama lain dari dataran tinggi. Sebenarnya tidak begitu salah karena plato memang bagian dari jenis dataran tinggi. Plato adalah dataran tinggi dengan bagian atas relatif rata dan telah mengalami erosi.

Plato atau plateau sendiri secara etimologi berarti adalah datar atau rata. Datar di sini karena pada plato terdapat lapisan batuan horizontal. Biasannya daerah plato dihiasi lembah dan bukit disekelilingnya.

Di Indonesia ada sejumlah dataran plato seperti plato Dieng di Jawa Tengah, dan plato Madi di Kalimantan.

2Delta

geo.uu.nl

Ini juga istilah yang sering kita dengar, namun terkadang tidak mengerti maksudnya. Mungkin familiar karena ada film dan game yang berjudul Delta Force.

Dalam pengertian ilmiah delta adalah tanah datar hasil pengendapan yang dibentuk oleh sungai, muara sungai, di mana timbunan sedimen tersebut mengakibatkan propagradasi yang tidak teratur pada garis pantai.

Delta terbentuk secara perlahan dan menjadi daratan setelah beberapa tahun. Semakin mendekat ke laut, sungai mengalir di atas daratan yang landai sehingga alirannya melambat.

Material-material yang dibawanya pun mengendap. Endapan pasir dan lumpur akhirnya menumpuk membentuk daratan baru yang disebut delta.

3Gosong

wikimedia.org

Bukang gosong kalau kebakar lho ya! Gosong pada relief muka bumi adalah pulau yang tergenang ketika laut pasang dan muncul ke permukaan ketika air laut suru.

4Ngarai (Canyon)

canyontours.com

Ngarai atau canyon adalah lembah yang dalam dan memanjang di antara lereng yang curam.

5Seamount dan Guyot

ccom.unh.edu

Sebenarnya dua istilah ini serupa namun tidak sama dengan gunung laut. Jika gunung laut puncaknya lebih atau terlihat dari permukaan laut, sedangkan seamount dan guyot tidak tampak atau berada di bawah permukaan laut.

Sedangkan perbedaan di antara seamount dengan guyot, jika seamount bentuknya puncaknya meruncing, kalau guyot puncaknya datar. Baru bisa disebut keduanya jika tingginya mencapai 1 km atau lebih.

6Istilah Lain dalam Relief Dasar Laut

slideplayer.info

Punggung laut (Ridge)

Punggung laut adalah punggung pegunungan di dasar laut yang mirip tanggul raksasa dan panjangnya bisa sampai ribuan kilometer.

Lubuk Laut (Basin/Bekken)

Lubuk laut adalah dasar laut yang bentuknya bulat cekung atau lonjong (oval) yang terjadi karena ingresi atau pemerosotan dasar laut.

Palung Laut (Trog)

Palung laut yakni sama seperti lubuk laut namun bentuknya lebih dalam dan memanjang serta memiliki lereng yang curam. Kedalaman palung laut bisa mencapai ┬▒ 7.000- 11.000 meter.