Rumah minimalis merupakan pilihan keluarga kecil yang baru saja menikah dan memiliki satu atau dua anak. Rumah minimalis sedang menjadi trend terutama di perkotaan yang membandrol harga tanah sangat tinggi.

Harga rumah minimalis terjangkau dan bisa dilunasi dalam waktu singkat. Namun, rumah minimalis justru malah terkesan modern dan elegan manakala kamu sudah memikirkan desainnya dengan matang.

Beberapa tips di bawah ini dapat menjadi inspirasi mengenai bentuk rumah minimalis namun terkesan modern dan elegan.

1Pilihlah Desain Eksterior yang Sesuai

www.allrumahminimalis.blogspot.com

Seiring waktu desain eksterior rumah minimalis terdapat banyak pilihan. Kamu dapat mencari referensi dari majalah desain maupun berbagai situs desain rumah dengan mudah.

Diskusikan dengan pasanganmu untuk memilih desain yang terbaik. Komunikasikan juga dengan developer mengenai desain eksterior yang kamu pilih.

Sesuaikan dengan budget yang kamu sediakan. Semakin unik dan rumit suatu desain biasanya memakan biaya yang semakin besar juga.

www.rumahminimalis2015.com
www.rumahminimalis2015.com

Desain sederhana namun elegan dapat menjadi pilihan utama. Jangan terlalu memaksakan desain eksterior sehingga malah terkesan norak.

2Pikirkan Denah Setiap Ruangan dengan Matang

www.desainrumahku.co

Diskusikan bersama pasanganmu mengenai rencana beberapa tahun ke depan. Buatlah daftar ruangan yang harus ada disesuaikan dengan rencana masa depan yang telah kamu sepakati bersama pasangan.

Beberapa ruangan yang harus ada diantaranya teras rumah, ruang tamu, 2 kamar tidur, ruang makan, dapur, kamar mandi, garasi mobil, serta taman rumah kecil.

Sesuaikan luas tanah dengan luas masing-masing ruangan. Diskusikan masalah denah rumah bersama developer yang biasanya lebih paham.

Jangan khawatir dengan luas tanah yang terlalu kecil. Sementara buatlah rumah yang sederhana dengan ruangan yang benar-benar dibutuhkan. Seiring berjalannya waktu kamu bisa menabung bersama pasangan untuk membuat rumah lantai 2.

Sebaiknya jangan terlalu membuat banyak dinding pembatas di dalam rumah sehingga rumah terkesan sempit. Sebagai contoh kamu dapat menggabung ruang makan dengan dapur. Begitu juga dengan ruang tamu dan ruang keluarga.

Berikan penyekat antara ruang tamu dan keluarga dengan tirai. Kamu juga dapat memberikan perabotan seperti sofa dan bufet untuk memisahkan ruang tamu dan ruang keluarga.

3Buatlah Desain Interior Masing-masing Ruangan

www.konstruksirumah.com

Desain interior masing-masing ruangan sangat penting untuk memberikan kesan modern dan elegan. Jangan membeli terlalu banyak furnitur sehingga memberikan kesan sempit.

Sebaiknya pilihlah furnitur yang benar-benar dibutuhkan dengan fungsi ganda. Sesuaikan bentuk dan warna furnitur dengan bentuk dan warna dinding rumah.

Desain interior juga berkaitan erat dengan warna cat tembok rumah. Biasanya warna cat tembok rumah minimalis menggunakan warna yang lembut seperti putih, biru muda, dan abu-abu.

Jika kamu menginginkan warna yang lebih cerah, netralkanlah dengan warna lembut sebagai warna dominan. Sebagai contoh warna ungu cerah dapat kamu netralkan dengan warna ungu muda.

4Tambahkan Taman Kecil dalam Rumah

www.rumahm.com

Taman kecil rumah tak hanya akan memperindah rumahmu. Namun juga dapat menjadikan rumahmu lebih sehat sekaligus dapat digunakan sebagai ruang bersantai saat malam cerah bersama keluarga di bawah sinar bulan purnama.

Kamu yang menyukai ketenangan untuk mencari inspirasi, dapat duduk sejenak bersama segelas teh hangat di taman rumah.

Kamu dapat menempatkan taman kecil rumahmu baik di depan, di samping, atau di belakang rumah. Jika kamu menempatkan taman di samping rumah, tempatkan di samping ruang tamu.

www.ayeey.com
www.ayeey.com

Kemudian buatlah konsep ruang tamu dengan pembatas dinding kaca yang langsung menyambung dengan taman rumah. Ruang tamu akan terkesan lebih luas dan lebih segar.

SHARE