Memiliki penghasilan untuk hidup layak tentu menjadi idaman setiap orang. Namun, lebih penting lagi untuk selalu mengimani rezeki yang kita dapatkan tidak melulu soal pendapatan yang kita terima. Rezeki merupakan segala hal yang bisa kita nikmati secara halal darimana pun sumbernya.

Karena itulah, jikalau nanti dalam artikel ini muncul hitung-hitungan matematis berapa penghasilan yang layaknya dimiliki oleh sebuah keluarga, bukan berarti menjadi patokan mutlak harus sebesar itu. Karena sebenarnya, Allah lah yang mengatur rezeki kita masing-masing.

Besaran penghasilan atau pendapatan ini hanya sebagai patokan, kira-kira nantinya berapa yang perlu kamu siapkan untuk keluargamu. Sehingga kita memiliki motivasi dalam bekerja dan tentu dengan cara yang halal.

Nah, kira-kira komponen kebutuhan apa saja yang ada dalam sebuah keluarga? Berikut ulasannya.

1Biaya untuk Kebutuhan Hidup Sehari-hari

celoteh4ti.wordpress.com

Ketika sudah berkeluarga, tentu kebutuhan sehari-hari seperti biaya untuk stok pangan, listrik, air, perlengkapan mandi, perlengkapan dapur, iuran lingkungan tempat tinggal dan kebutuhan primer lainnya menjadi tanggung jawabmu secara mutlak.

Maka, kamu perlu untuk membuat hitungan pengeluaran kebutuhan harian, berapa rata-rata setiap bulannya. Jumlah itu nantinya menjadi target minimal berapa penghasilanmu dalam setiap bulannya agar kamu dan keluargamu tetap dapat bertahan hidup secara mandiri.

2Biaya Sekolah Anak

ipeka.org

Setiap keluarga tentu mendambakan kehadiran anak. Keberadaan mereka mau tidak mau akan berkonsekuensi pada biaya yang harus kita siapkan khusus untuk jaminan mereka di masa depan. Salah satunya adalah biaya pendidikan.

Walaupun saat ini sekolah negeri tidak lagi memungut biaya pendidikan dari anak didiknya, bukan berarti kita tidak perlu menyiapkannya. Karena belum tentu juga anak kita akan bisa terus bersekolah di sekolah negeri. Selain itu, pendidikan lanjutan seperti kuliah juga perlu persiapan.

Selain untuk sekolah, anak-anakmu juga perlu belajar mengaji, les sesuai hobbinya, juga kursus yang lain bukan. Jadi, sama halnya dengan kebutuhan untuk sehari-hari, dana pendidikan anak pun perlu dipersiapkan.

3Biaya Komunikasi dan Transportasi

smartf41z.com

Saat ini kebutuhan akan komunikasi dan transportasi telah menjadi hal yang primer. Maka dari itu, mengalokasikan pendapatan untuk biaya keduanya menjadi penting. Untuk transportasi misalnya, kebutuhan untuk bahan bakar, parkir dan tol perlu kamu anggarkan.

Sedangkan untuk komunikasi, pulsa bagi masing-masing anggota keluarga jika dihitung-hitung juga lumayan besar. Apalagi jika di rumahmu juga berlangganan paket internet. Hal itu akan menambah anggaran bulananmu.

4Biaya Kredit Rumah dan Kendaraaan

adegondang.wordpress.com

Memang sebaiknya kredit sebisa mungkin kamu hindari. Namun untuk kebutuhan mendesak dan untuk kebutuhan primer seperti rumah, bila memang tidak bisa didapatkan dengan cara cash, maka kredit pun harus dilakukan.

Alasan yang sering digunakan sebagian orang kenapa memilih kredit rumah daripada mengontrak. Karena biaya yang dikeluarkan antara mengontrak rumah dengan membayar cicilan kredit rumah hampir sama besarnya. Namun secara kepemilikan, rumah yang dicicil sudah menjadi miliknya.

Sebagai gambaran saja, untuk saat ini biaya kredit rumah dengan tipe sederhana yang bertipe 36 dan sudah disubsidi pemerintah. Kamu harus merogoh kocek setiap bulannya lebih dari 500 ribu rupiah. Dan semakin besar rumahnya, tentu angsurannya juga semakin besar dong.

Satu yang penting berkaitan dengan kredit rumah, kendaraan atau lainnya. Jangan sampai dirimu terbujuk untuk mengambil kredit dengan sistem riba. Baik itu yang menggunakan istilah bunga atau istilah lainnya. Sebaiknya pilihlah kredit dari bank syariah.