Hidup memang penuh misteri, terkadang ada banyak hal yang kita inginkan tapi tidak sesuai harapan.

Ketika kamu telah berusaha dengan sekuatnya akan tetapi hasilnya tidak seperti yang kamu inginkan, pasti rasa sedih dankecewa menghampiri diri.

Belum lagi kamu harus menghadai segala hal yang tidak menyenangkan itu dan terkadang tak semudah yang dibayangkan.

Jangan sampai kamu berlarut-larut menyalahkan dirimu sendiri, ataupun menyalahkan keadaan dan berkutat dalam kesedihan.

Mungkin ini adalah pembelajaran hidup dan menjadi perenungan untuk diri kita, bahwa hidup tidak hanya tentang baik dan buruk seperti kelihatannya. Kita diminta untuk belajar menerima dan tetap berjuang.

Salah satu langkah bijak untuk menghadapi hal itu adalah menerima dan berhenti mengeluh. Berikut beberapa kiat yang bisa kamu lakukan.

Abaikan Pendapat Orang Lain

kiki widyasari 10 i dont care
www.fastcompany.com

Sudahlah, mulai sekarang tidak usah terlalu peduli dengan cibiran orang lain. Kehidupan ini kamu sendiri yang menjalani, kamu yang meraskan dan memperjuangkan.

Jangan terpaku atau terlalu mendengarkan komentar orang lain yang menjatuhkanmu. Kita hidup tidak beracuan dari argumen-argumen orang lain.

Kadang mereka yag berkomentar hanya tahu apa yang dilihat olehnya, tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi padamu dan proses kehidupanmu.

Hidupmu adalah milikimu, tak ada yang berhak sepenuhnya mengendalikan dirimu apalagi kebebasan untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Ingatlah Masih Ada Orang yang Lebih Menderita Daripada Ini

10 bawah
indonesia.tripcanvas.co

Ketika kamu jatuh dalam kegagalan, mengalami yang namanya sakit dan sedih sehingga hidup terasa tak nyaman, maka ingtalah orang-orang yang ada di bawahmu.

Bisa jadi mereka mengalami hal yang jauh lebih menderita daripada yang kita alami. Kamu bisa belajar dari mereka bagaimana mengahadapi semua ini tanpa mengeluh.

Fokus dan Positive Thingking

10 fokus
vantros.co.id

Banyak hal yang terjadi dalam hidup kadang membuat kita bingung. Hidup adalah pilihan, akan dibawa kemana bergantung pada dirimu.

Kamu yang menahkodai kapal kehidupan ini. Tetaplah fokus pada apa yang kamu cita-citakan dan senantiasa berpikir positif.

Sehingga kamu akan menemuh cara-cara dengan semangat dan optimis untuk menggapai apa yang kamu inginkan.

Berusaha Untuk Senantiasa Bersyukur

10 thanks
thayyiba.com

Sudahkah kamu besyukur hari ini? Kadang kita lupa kan segala nikmat dan anugrah dari Tuhan yang sungguh luas tak terhingga.

Apapun yang kita miliki saat ini adalah anugrah dari Nya. Dengan bersyukur maka hati akan menjadi lebih tenang.

Jika hati terus mengeluh maka hidup justru terasa berat. Kita berusaha untuk tidak terus menerus mengeluh dan mencoba untuk menerima apa yang telah kita dapatkann.

Semua tergantung pada diri kita masing-masing, percayalah Tuhan melihat segala usaha kita. Dan usaha yang sungguh-sungguh tidak ada yang sia-sia.