Ilmu biologi adalah ilmu yang selalu menarik untuk diteliti. Bagaimana proses suatu kehidupan berlangsung. Mulai dari sel terkecil sampai organisme terbesar, bagaimana daur hidup suatu organisme, dan nasih banyak lagi.

Sains sendiri sampai detik ini belum mampu menerjemahkan semua misteri kehidupan. Seperti ada beberapa penyakit yang belum ditemukan obat serta vaksinnya, dan bagaimana suatu sel kanker bisa berkembang hebat dalam tubuh manusia.

Sebagai manusia, kita tak bisa menafikkan bahwa kita hidup bersama dengan organisme lainnya. Dimulai dari para bakteri, jamur, tumbuhan, hewan, bahkan sesama manusia sendiri.

Dengan tetap menyadari bahwa keanekaragaman memang Tuhan ciptakan di sekitar kita, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk terus belajar memahami dan mensyukuri semua ciptaanNya.

Nah, berikut ini adalah beberapa misteri kehidupan di dunia yang akan membuatmu tekjub dan menyadari bahwa Tuhan memang Maha Kuasa terhadap segala ciptaanNya.

1Migrasi Kupu-Kupu

wikimedia.org

Sampai sekarang belum ada ilmuwan biologi atau sains apapun yang mampu memecahkan misteri, bagaimana caranya Monarch Butterfly atau Kupu-kupu Monarki berhijrah atau migrasi.

Lebih uniknya, Monarch Butterfly bermigrasi dari Kanada melewati Amerika Serikat (US) saat musim dingin mulai datang.

Monarch Butterfly ini bermigrasi dengan kawanannya. Jika dibayangkan dengan tubuh dan sayap lemah serta umur hidupnya yang pendek, bagaimana bis ahal tersebut terjadi untuk kupu-kupu? Hmm.

2Virus Ebola

www.epainassist.com

Sudah bukan menjadi pembahasan baru lagi bahwa virus ebola sangat memberikan efek menakutkan bagi warga dunia. Virus yang sangat mematikan ini menyebar sangat cepat di kawasan Afrika.

Virus ebola telah menjadi penyebab dari banyaknya manusia mengalami kematian. Dan sampai sekarang para ilmuwan dunia belum menemukan obat maupun vaksinnya.

Para ilmuwan dunia telah melakukan penelitian tentang virus ebola yang bekerja menginfeksi sel-sel dalam tubuh seekor kera.

Namun yang sekarang masih menjadi misteri adalah bagaimana virus tersebut bersembunyi, berkembang, dan bekerja menginfeksi di dalam sel-sel tubuh manusia hingga menyebabkan kematian.

3Tentang Persepsi Manusia

rannotes-r2.blogspot.com

Persepsi atau yang biasa dikenal umum sebagai sudut pandang adalah bagaimana seseorang atau cara seseorang dalam memandang sesuatu, baik permasalahan maupun benda nampak.

Sampai sekarang masih menjadi misteri dalam kehidupan ini, bahkan para ilmuwan dunia pun belum mampu memecahkan misteri ini.

Bagaimana kerja otak sehingga bisa menampilkan cara pandang tersebut pada diri manusia, sehingga antara satu orang dengan lainnya memiliki perbedaan.

4Adaptasi

linkfileex.blogspot.com

Sampai sekarang ini, masih belum ada satu teori dari disiplin ilmu apapun yang mampu menjelaskan secara detail bagaimana proses adaptasi makhluk hidup bisa terjadi.

Bahkan pun ilmu yang mampu menjabarkan tentang teori evolusi sampai mutasi gen sekalipun, belum bisa menjelaskan tentang bagaimana proses adaptasi suatu makhluk hidup bisa mencapai sempurna.

5Struktur Kepala Hiu Martil

selingkaran.com

Tahukah kamu bahwa sampai detik ini belum ada satu ilmuwan pun yang mampu memecahkan misteri, sebenarnya kenapa sih struktur kepala Hiu Martil bentuknya seperti itu?

Fungsi dari kepala berbentuk seperti palu itu sampai sekarang juga belum jelas. Ada yang memberikan hipotesa bahwa struktur tersebut adalah sensor bagi si Hiu.

Namun banyak juga yang menyangkal, mengingat lemahnya sensor di bagian kepala tersebut. Lantas apa alasan jelasnya? Sampai sekarang masih misteri.

Yang jelas, semua ciptaan Tuhan selalu memiliki manfaat. Hanya saja memang kita yang belum memahami semuanya dan perlu banyak belajar.

6Fairy Circle di Afrika

livescience.com

Pernah mendengar tentang Fairy Circle di kawasan Afrika? Dimana ladang-ladang atau tanah perkebunan di sana mendadak berlubang-lubang.

Lebih tepatnya tanahnya yang semula banyak tanaman atau rumput mendadak berlubang dan lubang-lubang tersebut ada banyak dengan bentuk lingkaran yang rapi.

Dan sampai sekarang hal tersebut masih menjadi misteri, kenapa terjadi dan terus berulang terjadi.

Itulah beberapa misteri kehidupan di dunia ini. Kita tak bisa menghindari bahwa muara segalanya adalah Tuhan Sang Maha Kuasa.

Ada hal-hal yang bisa kita logikakan namun masih banyak ilmu Tuhan yang tak akan pernah mampu dilogikan oleh otak lemah manusia ini.