Menjadi mahasiswa di perantauan yang jauh dari orang tua tentunya menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Mulai dari pengalaman pahit maupun pengalaman manis.

Ketika di perantauan ada beberapa yang berbeda dibandingkan ketika kita di rumah bersama orang tua. Berada di rumah bersama orang tua maka beberapa urusan akan di tanggung orang tua.

Bagaimana jika kita di perantauan yang jauh dari orang tua? Ya otomatis urusan yang biasanya dikerjakan orang tua kita harus kerjakan sendiri. Mencuci baju, mencuci piring, makan, membersihkan kamar dan lain-lain.

Sebagai mahasiswa di tanah perantauan tentunya uang jajan kita sudah di jatah oleh orang tua. Nah di sinilah kita harus bisa memutar otak bagaimana dengan uang jatah bulanan tersebut akan cukup.

Tentunya banyak kebutuhan yang harus kita penuhi mulai dari makan, kebutuhan alat tulis, pulsa, bensin, dan lain-lain. Kamu harus berpikir bagaimana caranya uang tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Berikut beberapa tips berhemat ala mahasiswa dan anak kos di perantauan.

1Masak Nasi Sendiri

www.carabuas.xyz

Tingginya biaya makan seringkali mencekik para mahasiswa dan anak kos. Namun, ini bisa disiasati dengan masak nasi sendiri. Dengan masak nasi sendiri kita bisa berhemat beberapa ribu.

Untuk lauk kita bisa sesekali membeli yang enak seperti daging atau telur. Karena harga sudah dipotong nasi. Cukup jitu bukan tips berhemat ala mahasiswa ini. Selain bisa berhemat kita juga bisa makan sedikit bergizi.

2Pilih Warung Prasmanan

kuliner.panduanwisata.id

Cara berhemat ini sangat disukai para mahasiswa dan anak kos. Dengan harga yang dipukul rata kalian bisa mengambil nasi dan sayur sesuka hati. Tinggal lauk yang menyesuaikan.

Tapi teknik ini juga cukup beresiko, alih-alih mau berhemat malah habis banyak buat makan. Karena warung dengan mode prasmanan cenderung memiliki banyak pilihan lauk.

Lauk yang menggoda seperti telur, aneka gorengan, ayam, dan sosis. Ini godaan yang cukup berbahaya kalau kamu tidak hati-hati dalam memilih.

3Bawa Bekal Sendiri

shelltam.blogspot.com

Bekal yang dibawa tidak usah terlalu mewah. Cukup bekal sederhana berisi nasi dengan lauk telur goreng dan sayur. Tips ini sangat jitu karena jajan di kantin kampus biasanya harganya cukup mahal.

Setelah makan, minum dengan air yang bawa sendiri juga dari kos. Tidak usah membeli minuman lagi. Hemat bukan?

4Hindari Tempat Makan dengan Tukang Parkir

lamongankab.go.id

Bayangkan saja jika kamu sedang bepergian karena suatu urusan dan harus berhenti atau membeli sesuatu dari berbagai toko, tiap toko yang kamu kunjungi ada tukang parkirnya. Bisa habis berapa ribu hayo?

5Maksimalkan Wifi Gratis

www.brilio.net

Ketika kamu butuh mengerjakan tugas-tugas pastinya teman kamu adalah internet. Carilah wifi gratis baik itu di kampus ataupun di tempat lain seperti cafe dan taman.

Bahkan beberapa mahasiswa rela sampai malam berada di kampus hanya untuk mencari wifi gratis. Penulis juga memiliki teman yang rela menginap di kampus ketika akhir pekan hanya untuk wifi gratis.

6Kumpulkan Recehan

www.travelmatekamu.com

Jangan remehkan the power of recehan. Seringkali para mahasiswa meremehkan recehan. Ketika ada kembalian lima ratus rupiah maka tanpa pikir panjang akan langsung ditukar dengan gorengan.

Padahal recehan lima ratus jika dikumpulkan bisa juga jadi nilai yang fantastis. Penulis sendiri pernah membeli bensin 30 ribu di SPBU dengan recehan satu plastik sampai petugas kebingungan.

Jika dikumpulkan bisa jadi bensin, lumayan bukan? Malu beli pake recehan banyak? Cuek saja ah, recehan juga uang.

7Mencuci Baju Sendiri

www.youtube.com

Bagi para mahasiswa harusnya jangan terlalu sering menitipkan cucian di tempat laundry. Sungguh sangat tidak ekonomis. Cucilah sendiri baju kotor kamu, selain ekonomis juga bisa sebagai kegiatan olahraga.

8Sampai Tetes Terakhir

blog.8share.com

Ya inilah tips berhemat ala mahasiswa dan anak kos yang cukup lucu. Ketika mengetahui shampo atau sabun cair yang sudah mau habis, maka biasanya diencerkan dengan air agar bisa lebih banyak dan hemat.

SHARE