Manusia merupakan makhluk yang hampir semua makanan dimakan. Tak heran jaman sekarang banyak manusia yang bermasalah dengan perutnya, karena banyak jenis makanan yang masuk.

Memang sumber utama penyakit adalah di perut, untuk itu makan harus diatur benar.

Agama islam merupakan agama yang lengkap, bahkan soal makan pun juga diatur sedemikian rupa agar manusia tetap berada daam kondisi sehat. Adapun cara makan islam telah dicontohkan oleh Rasulullah, yaitu berhenti makan sebelum kenyang.

Ajaran tentang makan rasulullah ini ternyata sangat bermanfaat, banyak sekali hikmah yang dapat diambil dengan berhenti makan sebelum kenyang. Di bawah ini akan diuraikan akibat jika kita makan terlalu kenyang.

1Terjadi Gangguan Pencernaan

genggaminternet.com

Memang idealnya  perut terisi terdiri tiga bagian, yaitu 1/3 bagian makanan, 1/3 air dan yang 1/3 udara. Jika kelebihan makanan didalam lambung, maka enzim tidak dapat mencerna makanan secara sempurna.

Makanan yang tidak tercerna sempurna ini akan masuk ke usus dan menyebabkan fermentasi, salah cerna, dan menimbulkan gas. Itulah yang menyebabkan  kita sakit wasir, kembung, hingga dapat berakibat muntah dan diare.

2Melonjaknya Kadar Gula Darah

dietsempurna.com

Makan berlebihan akan mengakibatkan kadar gula darah melonjak drastis, hal ini mengakitbatkan orang mudah kena diabetes atau jika luka akan sulit untuk sembuh.

Selain itu tubuh akan mengalami pembengkaan, berat akan naik tapi ketahanan tubuh menurun.

3Berdampak Terhadap Kebugaran

penyakitlambung.com

Jika terlalu banyak makan, otomatis hormon insulin juga akan meningkat, hal ini mengakibatkan manusia akan cepat lemas, mudah mengantuk dan kekuatan tubuh juga menurun.

Akibat dari lemas atau ngantuk otomatis orang akan malas bergerak, sehingga kebugaran otot dan tubuhnya menjadi surut.

4Dapat Membuat Sesak Nafas

dietsempurna.com

Dengan masuknya makanan yang mengandung karbohidrat masuk ke tubuh, maka tubuh akan banyak memproduksi karbondioksida. Secara otomatis tubuh akan kelebihan karbondioksida dan oksigen berkurang sehingga sulit untuk bernafas.

5Tubuh Akan Menyimpan Cadangan Energi dalam Bentuk Lemak

blogoinformasi.com

Jika terlalu banyak makan, maka tubuh akan membuat cadangan energi berbentuk lemak. Lemak inilah yang banyak menyebabkan berbagai penyakit kronis, jantung, darah dan lain sebagainya.

Itulah hikmah yang diajarkan oleh Rasulullah,walaupun rasulullah belum menegrti teknologi tapi beliau sudah tahu apa yang harus diperbuat, subhanallah ya, pengen sehat? Yuuk ikuti ajaran Rasulullah kita.