Kebahagiaan dalam hidup adalah tujuan semua orang. Orang yang sibuk mencari banyak uang, pasti tujuannya pun untuk bahagia, begitu pula orang yang melakukan kegiatan-kegiatan sosial, tujuannya pun pasti sebuah kebahagiaan.

Nah, selain itu, ketika kita memutuskan untuk menikah pun, tujuan hakiki yang ingin kita capai adalah sebuah kebahagiaan. Tapi, untuk mendapatkan kebahagiaan pernikahan, tentunya tidak seperti membalikkan telapak tangan juga.

ummi-online.com
ummi-online.com

Walaupun demikian, untuk bahagia dalam hubungan pernikahan, tentunya sangat bisa untuk kita raih. Asalkan kita selalu memiliki pikiran positif akan hal itu.

Sebenarnya, apa yang bisa kita lakukan agar pernikahan kita bahagia? Mungkin jawaban dari pertanyaan ini bisa beragam. Namun, salah satu yang perlu kamu hindari agar kamu bahagia, adalah dengan tidak mempercayai mitos-mitos berikut ini.

1Pertengkaran Tidak Ada dalam Pernikahan

hijapedia.com

Bagi kamu yang menganggap pernikahan itu tidak boleh ada konflik, maka sebaiknya kamu perlu menghilangkan pemikiran kamu tentang hal itu.

Kenapa begitu? Karena yang namanya pernikahan, baik itu pernikahan yang harmonis atau tidak, pasti akan menemukan konflik.

Apakah pernikahan yang penuh konflik itu tidak bahagia?

Pernikahan yang penuh konflik tidak bisa disimpulkan tidak bahagia juga, karena kunci dari sebuah kebahagiaan dalam pernikahan adalah mengenai kebijaksanaan kita dan pasangan menyikapi konflik tersebut.

ummi-online.com
ummi-online.com

Jadi, konflik atau pertengkaran adalah bumbu dalam sebuah pernikahan. Jika kamu menemukan kejadian ini dalam pernikahanmu, maka selesaikanlah dengan cara berkomunikasi.

Dengan cara ini, maka kamu akan menemukan solusi dalam memecahkannya.

Dengan semakin sering kamu mencoba memecahkan konflik bersama pasanganmu, maka kondisi rumah tanggamu justru akan semakin kokoh, karena sudah mengetahui caranya menyelesaikan konflik.

2Supaya Dapat Imbalan, Berikan yang Terbaik

islamituindah.my

Ketika berkeluarga, maka saat melakukan segala sesuatu, lakukanlah dengan ikhlas. Kenapa begitu? Karena jika kamu berharap pasanganmu akan melakukan kebaikan yang sama denganmu, maka kamu justru akan kecewa.

Jika kita masih memiliki pemikiran kalau kita berbuat baik akan mendapat imbalan, maka pasangan kamu belum tentu akan memenuhi apa yang kamu inginkan, hal ini justru akan merusak keharmonisan rumah tangga yang sedang kamu bina.

Satu prinsip yang perlu kamu lakukan dalam kehidupan ini, ada atau tidak adanya imbalan, maka kamu harus tetap melakukan segala hal dengan baik. Jangan cuma karena tidak ada imbalan lantas kamu mengerjakan sesuatu asal-asalan.

3Hobi atau Kebiasaan yang Sama

ariefnd.wordpress.com

Mungkin sebelum menikah, kamu pernah berpikir bahwa jodoh kamu adalah orang yang memiliki hobi dan kebiasaan yang sama dengan kamu. Namun pada kenyataannya, konsep pernikahan itu adalah saling melengkapi.

Perbedaan bisa kamu temui dalam banyak hal setelah nanti. Mungkin kamu dan pasanganmu sama-sama memiliki hobi yang serupa, misal menulis. Tapi, ada saja perbedaan yang akan kamu temui.

yz-jinquan.com
yz-jinquan.com

Contoh perbedaan sederhana, misalnya pada selera makan, misal kamu menyukai masakan pedas, sedangkan pasangan kamu tidak menyukainya atau kamu suka bersosialisasi, sedangkan pasanganmu masih banyak perbedaan-perbedaan lainnya.

Jadi, kunci kebahagiaan lainnya saat kamu sudah menikah adalah berlapang dada. Kamu harus menerima pasangan kamu secara utuh, baik kekurangan maupun kelebihan.

Jadikan perbedaan sebagai sebuah warna yang akan membuat indah hubungan pernikahanmu.

Satu hal juga yang perlu kita ingat untuk mencapai sebuah kebahagiaan, kebahagiaan sejatinya adalah sebuah pilihan.

Kamu bisa bahagia atau tidak, itu tergantung dari keputusan yang kamu ambil. Jika kamu mau bahagia, berbahagia sajalah, tidak perlu alasan.