Zaman sekarang, punya media sosial itu memang bisa mempermudah hidup kamu. Tapi tetap saja ada sisi negatif dan positif.

Adanya media sosial pun semakin mempermudah kita untuk menyebarkan informasi. Mulai dari informasi bermanfaat sampai informasi yang tidak benar. Ini contohnya:

1Makanan Berbahaya

m.monitorday.com

Sering sekali ada teman yang mendadak mengirim berita kalau ada makanan yang mengandung bahan tertentu yang tidak baik untuk dikonsumsi. Temanmu sudah yakin sekali dengan itu tanpa mengecek kebenarannya.

2Berita Orang Meninggal

pbs.org

Mungkin sekadar cari sensasi. Tapi info orang meninggal cukup sensitif untuk dibuat lelucon. Entah itu info orang meninggal atau orang hilang, jelas-jelas semua orang tahu kalau orang yang dimaksud itu masih hidup. Ini sungguh tidak lucu.

Sayangnya, berita yang seharusnya tidak jadi bahan bercandaan ini tetap saja ada di mana-mana. Tersebar luas tanpa bisa dikendalikan.

3Konspirasi

serunik.com

Setiap hal dikaitkan dengan teori konspirasi. Kemudian disebarluaskan dengan anggapan agar masyarakat dapat teredukasi.

Mungkin maksud si penyebar dan pembuat berita ini baik, tapi perlu dikroscek kembali apakah hal tersebut benar-benar konspirasi atau hanya kita saja yang menganggapnya begitu.

4Lowongan Kerja

cmedialab.org

Biasanya yang menjadi korban berita lowongan kerja hoax adalah pelajar atau mahasiswa yang baru lulus. Mungkin termasuk kamu. Kamu jangan asal kirim CV, tapi lihat dulu baik-baik, cermati perusahaannya.

Biasanya, kalau perusahaan yang cukup bonafit, tidak pakai email seperti gmail, yahoo, atau ymail. Pasti ada nama perusahaanya di alamat email.

5Konser

blog.tokopedia.com

Belum lama ada berita ini yang ramai di media sosial bahwa ada salah satu band luar negeri yang akan datang ke Indonesia tapi ternyata tidak. Mungkin ada indikasi si penyebar berita bohong ini ingin mendapat keuntungan, misalnya ada yang tertarik beli tiket konsernya.

6Kriminalitas

fokusjabar.com

Ada saja kejadian kriminal yang terekam CCTV, kemudian disiarkan luas di Indonesia. Padahal sebetulnya itu rekaman CCTV kejadian kriminal di luar negeri.

Kasus seperti ini banyak sekali. Tapi biasanya tidak muncul di televisi karena pasti sudah diseleksi dan diketahui kebenarannya jika sampai disiarkan di TV.

7Pemeran Dalam Film

permanentway.pbworks.com

Dunia perfilman juga diserang info hoax di media sosial. Tokoh A bermain di film ini, tokoh B sedang membuat film itu, dll. Faktanya, semua cuma info adalah hoax.

Hampir sama seperti musik, para fans pasti akan kecewa. Seperti fans John Depp misalnya. Ada berita kalau dia bermain film The Godfather. tapi ternyata itu cuma hoax belaka.

8Masalah Keluarga

lampung.tribunnews.com

SMS macam ini sudah umum, bahkan menjadi kewajaran di masayarakat. Saking seringnya sms ini sampai di HP kita, entah bagaimana caranya. Kemungkinan besar, ketika kita sedang isi pulsa di counter, nomor kita akan dicatat.

Nah, boleh jadi dengan cara seperti itu si pengirim sms ini hendak menipu kita.

Berita-berita hoax ini harus menjadi alarm bagi kita untuk semakin jeli melihat informasi. Media sosial yang mudah sekali diakses dan informasinya yang dengan cepat tersebar luas, tanpa kejelasan apakah ada sumbernya, apakah sumbernya benar atau tidak.

Kehati-hatian dan kewaspadaan harus menjadi poin utama agar tidak mudah terlibas arus berita yang makin hari makin penuh sesak dengan kebohongan. Jika dulu mungkin kita bisa dengan mudah mengetahui ini berita bohong atau benar.

Maka sekarang, bukalah mata dan telingamu lebar-lebar. Awas berita hoax!

SHARE