Hal yang paling ditunggu oleh setiap umat Muslim yang menjalankan puasa, baik puasa sunnah maupun puasa wajib di bulan suci Ramadhan adalah waktu berbuka puasa.

Waktu yang ditandai dengan dikumandangkannya adzan maghrib tersebut menandakan seorang hamba Allah yang telah seharian menahan haus dan lapar bisa kembali menikmati makanan maupun minuman.

Itu adalah salah satu kenikmatan yang Allah SWT berikan kepada hambaNya agar mereka semua bersyukur kepadaNya. Tak hanya nikmat sajian yang halal dan nikmat, namun juga waktu mustajab di waktu berbuka yang bisa dimaksimalkan untuk berdo’a.

Namun ternyata masih banyak umat Muslim yang kurang mampu mensyukuri waktu istimewa yang Allah berikan tersebut. Sehingga kenikmatan yang harusnya bisa diraup dengan maksimal malah menjadi sesuatu yang sia-sia.

Salah satunya adalah terlalu berlebihan dalam menyantap hidangan berbuka puasa. Walaupun seharian tidak makan dan minum, namun bukan berarti bisa menjadikan kita rakus bukan? Karena dampaknya ternyata sangat merugikan lho!

1Perut Sakit, Ibadah Malam Hari Terganggu

febireginasari.wordpress.com

Jika seharian perut kosong, yang seharusnya dilakukan bukan langsung mengisinya secara membabi-buta dalam kapasitas banyak, namun dengan cara pelan-pelan. Tak langsung makanan berat namun makanan ringan dulu.

Karena sistem pencernaan yang telah sekitar 12 jam kosong tak akan mampu langsung dipaksa bekerja berat, sehingga harus dilakukan pembiasaan pelan-pelan agar tidak kaget.

Jika kaget, perut akan menajdi sakit, perih, bahkan bisa menjadi mual disertai muntah. Jika sudah demikian, sholat maghrib, sholat isya, sholat tarawih, dan tilawah Qur’an akan terganggu. Bahkan sakitnya bisa terasa sampai esok hari kan?

2Menjadikan Malas

osamuunosawa.com

Jika makan saat berbuka terlalu berlebihan, yang ada akan memicu rasa kantuk yang sangat kuat. Tubuh juga akan menjadi lemas dan merangsang rasa malas.

Nah, apabila sudah demikian, maka seseorang akan malas melangkahkan kaki ke masjid untuk menjalankan sholat wajib maupun sholat tarawih, bahkan untuk tadarus Qur’an. Apa tidak rugi sekali tuh ya?

3Ibadah Menjadi Tidak Kusyu’

youtube.com

Kalaupun masih sanggup melangkahkan kaki ke masjid untuk beribadah, dengan kondisi tubuh yang sangat kekenyangan dan merangsang rasa kantuk datang, maka ibadah bisa dipastikan menjadi tidak kusyu’.

Rasa kantuk yang datang membuat seseorang menjadi hilang konsentrasi dan sering menguap. Akhirnya sholat menjadi tidak kusyu’, dan lebih memilih tidur daripada menghafal atau membaca Qur’an. Sayang sekali ya?

Hmm, setelah kamu mengetahui dampak-dampak buruk dari terlalu berlebihan makan saat berbuka puasa tersebut, apa kamu masih akan nekat melebih-lebihkan makanmu seperti biasanya? Hehehe, jangan sampai deh!