Dunia sekarang udah modern, betul ngga gaes? Buktinya sekarang kamu baca artikel ini pake gadget yang bisa dibilang udah cukup canggih. Tapi, kemajuan zaman ternyata ngga berimbas pada kebiasaan orang Indonesia yang satu ini.

Berobat tanpa obat? Gimana caranya? Hanya orang-orang Indonesia yang tau itu. Hehehe. Mungkin jadi penjual obat bukan pilihan terbaik buat kamu. Hiks.

1Minum Air Jampi-Jampi

cari-manfaat.com

Jampi itu lawan kata dari jompo. Hahaha.

Jangan percaya dulu. Jampi disini maksudnya adalah air yang sudah dibacakan dengan bacaan-bacaan khusus. Misalnya, itu memang cuma air biasa. Terus ditaruh didepan orang yang akan membacakan bacaan-bacaan khusus itu tadi.

Nah, selesai dibacain air itu dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Katanya sih gitu. Cuma katanya loh ya.

2Diurut

irinenadia.blogspot.com

Jatoh dari hati diurut. Ups! Emang ada jatuh dari hati? Itusih nasibmu mblo. Hahaha

Di Indonesia, biasanya orang kalo jatuh dari motor langsung diurut, sakit perut diurut, malarindu diurut. Malaria mungkin maksudnya. Heuheu.

Entah bener apa ngga metode si tukang urut, pokoknya diurut dulu. Nanti si tukang urut suka ngasih diagnosa gitu sambil urut-urut kaki dan bilang, “wah ini lambungnya nganu,,,” “ini darahnya nganu,,,” nganu dan nganu lah pokoknya.

3Minum Ramuan Herbal

www.konsultankolesterol.com

Ramuan herbal seperti jamu memang bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Tapi, jaman sekarang ramuan herbal udah banyak yang dikemas dalam bentuk kapsul, ya ngalah-ngalahin ramuan modern lah.

Katanya, ini obat manjurnya luar biasa. Bisa nyembuhin mulai dari sakit flu biasa sampai kangker. Tapi, kalo gitu kenapa dokter dirumah sakit ngga rekomendasiin ramuan-ramuan itu ya? Hihihi.

4Dikerok

www.pulsk.com

Seumur hidup kamu, ada yang ngga pernah dikerok?

Ini obat paling ampuh buat masuk angin. Katanya kalo dikerok nanti anginnya bisa keluar. Padahal, dikerok justru membuka pori-pori, itu artinya membuka peluang untuk lebih mudah terserang masuk angin.

Dikerok juga ngga baik buat tubuh. Ini bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Cuma, kebanyakan orang di Indonesia terlanjur enak dikerok sih. Eh tapi emang sebenernya ada ya penyakit masuk angin?

5Ke Orang “Pinter”

munsypedia.blogspot.com

Woho! Orang pinter? Definisi pinter di Indonesia emang beragam. Jadi kamu ngga usah heran ya.

Ini mungkin karena kebanyakan orang udah parno duluan sama mahalnya biaya berobat ke dokter. Yaudah, mereka pilih ke orang pinter aja, toh dokter juga harus pinter dulu buat jadi dokter. Wkwkwk.

6Ganti Nama

cari-manfaat.com

Asyik! Kalo ganti nama berarti potong kambing dong. Jangan lupa bagi-bagi ya gaes. Hehehe

Ada yang bilang, kalau bayi atau anak kecil suka sakit-sakitan itu karena keberatan nama. Loh? Emang ada timbangannya yah? Mau dong, nama aku ditimbang.

Biasanya proses ganti nama ini menggunakan beras merah sebagai pelengkap ritual. Ckckck, enakan dibikin bubur deh gaes. Jangan lupa ke kantor kelurahan atau desa deh ya kalo kamu jadi ganti nama.

7Makan Masakan Mama

hijapedia.com

Kadang sakit itu bukan melulu masalah fisik. Mungkin lagi kena virus galau. Hehehe. Nah, yang paling pas untuk ngobatin kamu disaat sakit begini itu ya masakan mama. Masakan mama emang bikin hati jadi balik adem. Aduh, jadi mellow gini sih.

Yah, begitulah kenyataannya. Kebanyakan orang di Indonesia lebih memilih alternatif lain dari pada kedokter. Biayanya yang mahal bikin orang berpaling. Walaupun kemujarabannya ngga ada yang bisa jamin seratus persen.

But, tetep aja mereka jalanin dulu. Nanti kalo udah capek ternyata ngga sembuh-sembuh, baru deh kapok dan lari ke dokter. Xixixi.

SHARE