Halba merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam famili fabaceae. Tanaman ini ditanam di seluruh dunia sebagai tanaman separa gersang.

Daunnya digunakan sebagai herba dan bijinya sebagai rempah. Halba banyak ditanam di berbagai negara seperti India, Argentina, Mesir, Prancis, Spanyol, maupun China.

Tahukah kamu bahwa tanaman ini adalah rempah menurut sabda Nabi Muhammad SAW. Rasulullah bersabda,

“Jika umatku tahu apa yang ada pada hulbah, mereka pasti membeli dan membayarnya dengan emas.”

Pada suatu hari Rasulullah menjenguk sahabat Saad bin Abi Waqqas yang sedang sakit. Rasulullah menyuruh dipanggil tabib.

Al Harith Ibn Qaldah datang merawat Saad bin Abu Waqqas. Beliau menganjurkan agar Saad makan Hulba dan kurma Ajwa.

Akhirnya dengan ijin Allah, Saad sembuh. Kemudian Rasulullah bersabda, “Gunakanlah Hulba sebagai obat.”

Al-Qasim b.’Abd al-Rahman telah meriwayatkan bahwa Rasulullah telah bersabda, “Carilah penawar dengan hulba.”

Dan disebutkan oleh Ibnu Qayyin Al-Juziyyah sebuah hadis, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Berobatlah kamu sekalian dengan (biji) hilba.”

Begitulah Hilba sering disebut Rasulullah sebagai obat yang sangat ampuh. Biji halba memiliki manfaat bagi kesehatn tubuh.

Biji halba merupakan sumber yang kaya dari dari galactomannan poisakrida. Biji halba memiliki sifat melegakan, melawaskan kencing mengeluarkan angin dan sebagai tonik perangsang untuk meningkatkan nafsu makan.

Teh yang dibuat dari biji galba dapat meurunkan demam. Ambilah biji halba sekitar 2 sampai 3 gram dan kemudian rendam dengan air hangat.

Minumlah setiap pagi, ia dapat memberikan kesan terapi dan penyembuhan untuk sakit sendi tanpa memberikan efek samping.

Tidak hanya itu, biji halba juga dapat dijadikan obat kumur yang bermanfaat dalam merawat sakit tekak.

Jika ingin membuat obat kumur, sama halnya membuat teh tapi lebih pekat dari teh.  Kamu juga bisa menjadikan obat tersebut untuk menghilangkan bau mulut dan bau badan.

Biji halba juga memeiliki sifat hipoligsemia yang ringan. Ia dipercaya dapat mengobati sakit diabetes dengan mengurangkan glukosa serum dan meningkatkan toleransi glukosa.

Masih banyak lagi khasiat dari biji halba antara lain merangsang dan menstabilkan hormon pria dan wanita, mengurangi rasa sakit haid, membantu mnegurangi risiko kanker, dan lain-lain.