Momen lebaran adalah momen yang sangat di tunggu-tunggu. Biasanya para ibu-ibu mulai sibuk menyiapkan berbagai hal terutama yang berkaitan dengan hal-hal di dapur.

Memang lebaran biasanya  tidak jauh-jauh dari yang namanya kue. Salah satu kue yang dapat bunda buat adalah kue biji ketapang. Mungkin tanaman ketapang masih asing di telinga kita.

Tapi, ternyata biji buah ketapang ini dapat dimanfaatkan sebagai camilan yang diolah menjadi kue yang renyah, lezat, dan enak, hampir mirip dengan kacang almond yang renyah dan gurih.

Biji ketapang memang sangat enak untuk dimakan. Maka dari itu banyak pembuat kue menggunakan biji ketapang sebagai pengganti kacang almond.

Biji ketapang kaya akan berbagai asam lemak seperti asam oleat, asam palmitat, asam linoleat, asam miristat, dan asam stearat.

Selain itu ia juga mengandung 16 persen gula dan 25 persen protein.

Nah, berikut cara membuat kue biji ketapang yang renyah dan enak. Siapkan bahan-bahan terlebih dahulu.

Bahan tersebut meliputi, 500 gram tepung terigu, 100 gram tepung sagu, 200 gram gula pasir, 100 gram mentega, 2 butir telur, 250 mililiter santan, 100 gram parutan kelapa sangrai, setengah sendok teh vanili dan setengah sendok teh garam.

Buatlah adonan dengan mencampurkan mentega, telur, gula, parutan kelapa sangrai, garam dan vanili. Semua bahan tersebut diaduk sampai rata.

Sambil membuat adonan, bunda bisa masak santan terlbih dahulu sampai mendidih.

Selanjutnya ayaklah tepung terigu dan tepung sagu di atas adonan. Kemudian aduk hingga rata.

Setelah itu masukkan santan yang sudah mendidih tadi ke dalam adonan dan aduk adonan sampai rata.

Jika sudah, bentuklah adoan sesuai dengan selera. Bunda bisa membuat bentuk bulat-bulat, oval atau bentuk lainnya.

Namun, untuk memberi ciri khas kue biji ketapang, bunda bisa membuat bentuk mirip biji ketapang. Caranya dengan membentuk lonjong-lonjong lalu dipotong pipih.

Siapkan minyak goreng dan panaskan, kemudian goreng bentuk adonan tadi sampai matang hingga berwarna kekuning-kuningan.

Diamkan sebentar, tiriskan sampai minyaknya hilang. Selanjutnya kue siap disajikan. Mudah kan bunda? Selamat mencoba.