Pernah kah kamu minum campuran minuman yang berbentuk bulat-bulat kecil dengan selaput bening? Ada yang bilang bentuknya seperti telur kodok.

Yup, itu adalah biji dari tanaman selasih. Memang bjii selasih biasanya digunakan untuk campuran minuman dingin sebagai pelengkap seperti es buah, puding maupun jelly.

Ternyata tidak hanya menyegarkan dan enak rasanya, biji selasih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurutu Prof. Hembing, seorang ahli tanaman menyatakan bahwa biji selasih mempunyai khasiat bagi kesehtan.

Bagi kamu yang mengalami sulit tidur atau rasa gelisah yang berat, cobalah mengkonsumsi beberapa biji selasih.

Atau kamu bisa menambahkannya dalam makanan. Menurut penelitian, biji selasih mempunyaikhasiat menenangkan atau sedative.

Sehingga ia bermanfaat untuk mengurangi keadaan gelisa, sering gugup atau susah tidur.

Untuk mengatasi rasa gugup, caranya cukup mudah. Seduh 5 biji selasih dengan 200 cc air panas kemudian minum air tersebut setiap hari. Dalam sekali minum, konsumsi 2 sendok teh.

Bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan juga cocok mengkonsumsi biji ini. Biji selasih sangat baik dalam mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit ataupun panas dalam.

Kamu bisa mengkonsumsi biji selasih secukupnya dalam sajian bersama makanan.

Tidak hanya itu, menurut beberapa penelitian kesehatan, biji selasih dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Bagi penderita diabetes tipe 2, biji selasih sangat baik untuk dikonsumsi karena ia berfungsi mengontrol kadar gula darah yang tinggi.

Nah, bagi kamu yang sedang melakukan program diet, biji selasih sangat bagus untuk kamu konsumsi. Karena biji yang satu ini juga berfungsi membnatu menahan rasa lapar.

Biji selasih juga dapat mengatasi radang lambung. Caranya rebus 5 gram selasih dengan 200 cc air. Kemudian tambahkan madu sebanyak satu sendok makan.

Minumlah 2 kali sehari dalam keadaan hangat dengan takaran masing-masing 100 cc.

Biji selasih juga bermanfaat bagi kecantikan. Ia dapat membantu menghaluskan kulit wajah. Caranya haluskan menjadi bubuk biji selasih secukupnya.

Lalu tambahkan air dingin secukupnya dan balurkan ke kulit wajah. Diamkan beberapa menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan hal tersebut sekali dalam sehari.

Banyak sekali khasiat di balik si kecil biji selasih ini, semoga bermanfaat.