Selfie atau memfoto diri sendiri dengan gaya-gaya tak biasa sekarang memang sedang menjamur. Tak hanya anak muda, bahkan anak-anak kecil dan orang tua pun ikut terjangkit hobi yang satu ini.

Memang banyak efek buruknya sih, namun kita tak bisa seratus persen menyalahkan personalnya yang melakukan hobi tersebut. Karena dewasa ini, berbagai peralatan canggih telah disediakan untuk semakin mendukungnya.

Sebut saja kebutuhan yang harusnya tersier kemudian beralih menjadi primer saat ini. Ya, dia adalah smartphone. Sebuah teknologi yang tak hanya digunakan berkomunikasi, tapi sekarang menjadi lifestyle.

Jika dahulu telepon genggam hanya dibutuhkan untuk sekedar mempermudah komunikasi, sekarang ponsel yang dicari adalah yang dilengkapi berbagai fitur menggiurkan untuk mendukung gaya hidup.

Seperti aplikasi chat, aplikasi berfoto, aplikasi membuat video, aplikasi menggabungkan foto, atau aplikasi selfie yang lainnya.

Membicarakan tentang aplikasi foto, berikut ini adalah ulasan cara-cara mengambil foto dengan kamera smartphone biasa yang menarik untuk kamu coba.

Dengan begini, untuk menciptakan gambar bagus, kamu tak perlu lagi bingung jika tak memiliki DSLR.

1Menggunakan Balon Helium

www.kaskus.co.id

Apakah kamu tahu balon helium? Ternyata balon ini bisa menjadi alat bantu untukmu mendapatkan gambar bagus dengan kamera smartphone, lho!

Caranya pun tidak sesulit yang kamu kira.

Cukup dengan kamu atur pewaktu dari kamera smartphone, kemudian terbangkan dengan balon helium dengan jarak yang telah kita atur.

Tentunya smartphone harus kamu ikat dulu dengan kencang agar tak jatuh. Kalau ditanya bagaimana hasil jepretannya? Ternyata hampir sebelas duabelas dengan drone! Luar biasa!

2Menggunakan Kacamata Hitam

tikantikannada.blogspot.com

Jika selama ini kamu sering bertanya-tanya sendiri bagaimana teknik yang digunakan untuk menggambil gambar sunset atau sunrise yang memiliki efek gelap dan terang yang bagus, cobalah tips berikut ini.

Gunakan kacamata hitam untuk menghasilkan gradasi efek terang atau gelap saat kamu akan mengambil gambar obyek.

Dengan kacamata hitam ini, warna gelap terang yang kamu inginkan akan bisa kamu dapatkan walau hanya memakai kamera smartphone biasa.

3Kardus yang Dilubangi

bsdbox.wordpress.com

Pernah melihat teknik pinhole? Ya, teknik fotografi yang satu ini juga lumayan digemari oleh para fotografer di dunia. Karena selain unik, obyek yang diambil juga lebih fokus.

Namun, pernahkah terpikirkan olehmu bahwa teknik yang satu ini bisa dilakukan lho, walau hanya dengan peralatan sederhana dan menggunakan kamera smartphone biasamu?

Caranya juga cukup mudah. Kamu hanya membutuhkan kardus yang kamu lubangi dengan ukuran standar, lalu ambil gambar obyek dari lubang tersebut.

Dan jadilah foto dengan efek pinhole yang sangat menarik!

4Menggunakan Berbagai Macam Aplikasi Smartphone

forumjualbeli.com

Di zaman serba canggih saat ini, bahkan telepon genggam pun telah menjadi sebuah barang serba guna yang banyak diburu orang.

Beberapa aplikasi yang ditawarkan juga menjadi daya tarik sendiri dari ponsel-ponsel cantik dan berkelas ini.

Beberapa aplikasi dari foto juga mulai bisa kamu temui di layanan download ponsel kamu. Jika kamu memakai android misalnya, bisa kamu unduh di play store.

Misalkan, jika kamu tertarik membuat foto panorama dengan efek yang menarik untuk kamu unggah di Instagram, kamu bisa mencoba aplikasi “tiny planet”.

Aplikasi yang satu ini bisa mengubah foto panoramamu menjadi seperti planet-planet kecil yang lucu.

Dan tentunya masih banyak sekali aplikasi lain yang bisa kamu unduh untuk menghias hasil jepretanmu menjadi lebih menawan.

Nah, itulah tadi beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba untuk mendapatkan hasil jepretan obyek yang bagus, hanya dengan kamera smartphone biasa.

Jadi, jika kamu bisa melakukan hal yang lebih simpel, kenapa harus memakai yang mahal bukan?