Salah satu kunci sukses manusia adalah produktif, yup, produktif merupakan salah satu kiat yang harus dilewati dan dijalani jika seseorang ingin menggapai impian. Tidak hanya sekedar menggapai impian tapi juga bagaimana menjalani kehidupan.

Karena kehidupan terbaik dari manusia adalah bagaimana menjalani hari-harinya dengan produktif dan tidak malas-malasan.

Banyak manusia tidak sadar bahwa dirinya tidak produktif, sehingga impian hanya sekedar impian dan tidak mungkin jadi kenyataan.

So, Bagi kamu yang ingin hari-harinya penuh dengan ide, penuh dengan kreatifitas dan semangat yang terus ada, kamu bisa coba beberapa hal di bawah ini.

1Sediakan Waktu Untuk Membaca

merdeka.com

Sediakan dalam waktu sehari 24 jam khususkan waktu untuk membaca, paling tidak 15-20 menit minimal untuk membaca.

Membaca apa saja yang kira-kira sesuai bakat dan minat kamu atau bisa juga baca pengetahuan tentang sesuatu yang kaitannya dengan pekerjaan kamu. Dengan membaca kamu akan mendapat informasi walau sedikit paling tidak setiap hari terus bertambah.

2Luangkan Waktu Sejenak Untuk Mengisi Energi

7twist.com

Berikan dirimu waktu dalam sehari paling tidak waktu 30 menit untuk “me time”. Sekedar relaksasi tubuh, menghirup udara segar, mengontrol pikiran yang mungkin banyak problem  atau bisa juga relaksasi tubuh agar siap untuk aktifitas berikutnya.

Kamu bisa juga melakukan menarik nafas yang dalam agar lebih bisa mengontrol emosi yang mungkin lagi tidak stabil, disaat ini jangan ada pikiran lain, jangan ada yang mengganggu, pokoknya waktu ini adalah waktu kamu untuk mengisi energi kembali.

3Pertahankan Istiqomah dalam Ibadah

detikislam.blogspot.com

Istiqomah dalam ibadah memang sangat sulit, tapi disinilah kunci dari semua ketenangan. Dengan istiqomahnya ibadah pikiran kamu akan jauh lebih tenang, lebih terbuka, hati lebih adem, meluas dan tentunya akan banyak ide yang keluar di saat seperti itu.

Dengan ibadah itu pula akan mengontrol pikiran yang ruwet, yang buntu dengan ide, segala gerak akan lebih tenang dan terencana dengan baik.

4Biasakan Bawa Catatan Kecil

pendoeblog.com

Biasakan saat keluar rumah selalu bawa catatan kecil, karena biasanya kamu akan dapat ide disaat kamu jalan-jalan keluar, saat kamu melihat sesuatu atau bertemu dengan seseorang.

Saat ide itu muncul segera catat karena bisa saja ide itu hilang lagi dan kamu tidak menemukannya lagi. Sifat dari ide itupun munculnya tidak bisa diperkirakan, jadi bawa terus catatan kecil entah itu buku kecil atau hanya secarik kertas.

5Lebih Banyak Mendengar Daripada Berbicara

life.viva.co.id

Salah satu aktifitas yang bikin tidak produktif dan merugikan adalah terllau banyak bicara yang tidak perlu, bahkan hal ini juga dapat menyakiti orang lain.

So, kurangi bicara lebih banyaklah mendengar, dengan itu kamu akan dapat belajar dari siapapun, merasalah untuk terus menjadi seorang siswa yang belajar, bedanya kamu belajar di segala hal, dengan siapapun, dimanapun bahkan dengan anak kecil sekalipun

6Luaskan Pergaulan, Jangan Menutup Diri

satuharapan.com

Ha berikutnya yang harus kamu lakukan adalah perluas pergaulan kamu, jangan menutup diri berdiam dirumah, malas-malasan, tiduran, nonton tv dan lainnya.

Keluarlah, banyak dunia luar akan menginspirasi kamu, memberi kamu ide, beri kamu gagasan dan tentunya pergaulan yang akan menjadi jalan rizky.

Semakin banyak kamu bergaul semakin banyak pula yang bisa kamu kerjakan, sehingga kamu pun bis amenjadi manusia yang produktif dalam segala hal.

7Tingkatkan Minat Pada Seni

cina.panduanwisata.id

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan agar kamu menjadi manusia produkti adalah tingkatkan minat kamu pada seni, karena seni itu timbul dari ide dan pikiran manusia.

Seni itu sangat luas, tidak ada aturan yang membatasi, setiap orang boleh berkarya seni. Dengan kamu minat pada seni, kamu akan lebih banyak berpikir, sehingga akan muncul ide-ide dari diri kamu.

Itulah 7 kebiasaan yang bisa kamu lakukan jika ingin jadi manusia produktif, walau sederhana tapi efeknya luar biasa. Semoga bermanfaat ya