Pernikahan berhasil bukanlah ketika menemukan pasangan yang serasi dan ideal, bukan juga tentang bagaimana bisa selalu rukun tanpa konflik rumah tangga.

Hampir setiap rumah tangga pasti ada konflik dan permasalahan yang berujung pada pertengkaran suami dan istri. Hal ini dikarenakan sifat keegoisan salah satu atau keduanya, merasa benar dan tidak ada yang mau mengalah.

Pertengkaran itu pula yang menyebabkan melunturnya cinta, membuat jauh dari bahagia.  Berikut 3 hal yang wajib kita perhatikan jika keluarga kita banyak masalah dan di sisi lain kita mendambakan kebahagiaan.

1Setiap Manusia Punya Kekurangan

pusatmuslimah.com

Jika kita melihat banyak kekurangan dalam pasangan kita, maka bercerminlah, apakah kita manusia yang suci, tanpa sedikitpun kekurangan? Tentu pasti ada, tidak mungkin tidak ada.

Jadi bagaimana mungkin kita terus menyalahkan pasangan kamu sementara kita juga banyak kekurangan?

Jika kita menikah dengan orang lain pun, orang lain itu juga akan mempunyai kekurangan, tidak ada manusia yang ideal dan sempurna tanpa kekurangan, semua pasti punya.

Kalaupun kita mencari pasangan yang tanpa kekurangan, pasti kita akan membujang selamanya.

2Saat Mengalami Konflik dan Kita Kecewa

musmus.me

Jika saat konflik terjadi dan kita merasa kecewa, kita harus sadar betul bahwa konflik tersebut terjadi juga kita ikut andil menimbulkan konflik tersebut, bukan hanya pasangan kamu saja faktornya.

Ketika kita menikah dengan orang lain pun pasti akan timbul konflik yang menyebabkan kekecewaan juga, tidak mungkin kita terbebas konflik.

Dan yang perlu kita ketahui betul adalah tidak mungkin tidak terjadi konflik, ketika manusia berinteraksi dengan sifatnya yang berbeda pasti akan timbul konflik yang ujungnya mengecewakan.

Jadi jangan kaget, jangan bingung, konflik pasti terjadi, tergantung sikap kita menghadapinya.

3Jika Kita Ingin Selalu Menjaga dan Memperbaiki Hubungan

muslimahcorner.com

Jika kita ingin selalu menjaga dan memperbaiki hubungan tentu kita harus paham betul bahwa siapa diri dan pasangan kita, kita harus ingat ketika niat awal menikah, disaksikan oleh ALLAh dan orang banyak tentu menjadi pegangan yang kuat bagi kita.

Konflik terjadi karena adanya kita berdua yang terlalu egois, mementingkan pendapat sendiri, jadi konflik bisa saja mudah terselesaikan jika kita bersikap lebih dewasa, begitu pula jika konflik susah terselesaikan berarti sikap kita yang belum dewasa.

Kita harus paham betul bahwa tidak perlu ideal dan sempurna untuk mencapai kebahagiaan, justru dengan kekurangan yang akhirnya saling menutupi tersebut yang akhirnya menjadi sumber kebahagiaan.

Jadi rasakan cinta dan kebahagiaan tanpa harus menunggu pasangan kita menjadi manusia ideal dan sempurna.

Semoga bermanfaat ya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here