www.99gambar.blogspot.co.id

Tips Agar Binatang Kesayangan Sehat dan Menggemaskan

Posted on

Binatang peliharaan merupakan bagian dari keluarga kamu pecinta hewan. Kamu bahkan tak perlu khawatir membiarkan binatang peliharaan bermain dengan si kecil yang masih balita.

Rasa sayang terhadap binatang piaraan biasanya berbalas. Binatang tersebut setia dan menurut dengan pemiliknya. Namun, jika binatang peliharaan tersebut tidak di rawat dengan baik, bisa jadi malah membawa virus penyakit.

Beberapa tips dibawah ini dapat menjaga binatang kesayangan tetap sehat dan menggemaskan.

Jagalah Kebersihan Binatang dan Kebersihan Kandang

www.sekalungbicarasetitistinta.blogspot.com
www.sekalungbicarasetitistinta.blogspot.com

Kebersihan menjadi syarat mutlak untuk menjaga kesehatan binatang. Hewan yang tidak terjaga kebersihannya biasanya mudah terserang penyakit dan rawan tertular kepada pemiliknya.

Jagalah kebersihan hewan peliharaan dengan memandikannya secara teratur. Sekali-kali bawalah hewan peliharaanmu ke salon hewan agar penampilannya lebih menarik dan lebih menggemaskan.

Begitu juga dengan kebersihan kandang. Bersihkanlah kandang secara teratur. Semprotlah dengan obat yang dapat mencegah berkembangnya penyakit dalam kandang.

Ajarkan Kebiasaan Baik pada Binatang

www.izyahya.com
www.izyahya.com

Ajarkan beberapa kebiasaan baik seperti tidak buang kotoran sembarangan. Membuang kotoran sembarangan akan menyulitkanmu membersihkan rumah. Terlebih lagi jika kamu memiliki anak kecil yang gemar memasukkan apapun ke dalam mulutnya.

Awalnya memang sulit mengajarkan kebiasaan baik pada binatang. Namun dengan kesabaran dan ketelatenan lama kelamaan binatang peliharaanmu mengerti dan menurut.

Jika binatang peliharaanmu sudah memiliki kebiasaan baik, akan lebih mudah menjaga kesehatan binatangmu sekaligus kesehatan keluargamu. Kamu juga dapat mengajarkan keterampilan-keterampilan khusus pada binatang peliharaanmu.

 www.ayeey.com
www.ayeey.com

Siapa tau kelak ia akan jadi langganan pemenang lomba binatang yang sering diadakan di pusat-pusat perbelanjaan.

Jagalah Kesehatan Binatang

id.up-wallpaper.com
id.up-wallpaper.com

Meskipun sudah menjaga kebersihan binatang peliharaanmu, namun kamu juga perlu waspada terhadap kesehatannya. Saat binatang peliharaanmu bermain dengan binatang peliharaan tetangga atau anak-anak tetangga memberikan potensi terserang penyakit.

Terlebih cuaca yang sering tidak terprediksi. Si pemilik binatang pun mudah terserang penyakit. Bawalah binatang peliharaanmu ke dokter hewan secara periodik.

Begitu juga jika binatang peliharaanmu terlihat tanda-tanda kurang sehat seperti badannya lemas, tidak aktif bergerak seperti biasanya, matanya layu, dan makanannya tidak habis.

Kamu harus segera membawanya periksa ke dokter sebelum sakitnya semakin parah.

Pastikan Tempat Tidur Binatang Aman

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Biasanya binatang peliharaan tidur di kandangnya. Oleh karena itu jagalah kondisi kandangnya aman dari hujan dan angin malam.

Apalagi jika binatang peliharaanmu memiliki harga yang mahal sehingga berpotensi menjadi incaran maling. Kamu harus lebih berwaspada menjaganya tetap aman.

Tak masalah jika kamu ingin membawanya tidur bersamamu. Namun, pilihan untuk mengajaknya tidur bersamamu dalam satu ranjang perlu dipikirkan lebih matang.

Biasanya dalam kondisi tidur kamu tidak sadarkan diri sehingga berpotensi menyakitinya. Ada juga beberapa orang yang takut tertular penyakit dari hewan peliharaan meskipun sudah menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Pilihan pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan membelikan tempat tidur seperti tempat tidur bayi untuk kemudian ditempatkan di kamarmu. Ada juga tempat tidur unik yang menyediakan ruangan untuk binatang peliharaanmu.

Sebuah perusahaan Brazilian Company Colchao Inteligente Postural menciptakan desain tempat tidur dengan ruangan kecil yang bisa digunakan untuk tidur binatang peliharaanmu.

Kamu dapat selalu dekat dengannya tanpa khawatir dampak buruk yang diberikan binatang tersebut.

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Ruangan kecil dari tempat tidur tersebut juga dilengkapi dengan tirai kecil. Hal ini memberikan kesan seakan-akan binatang peliharaanmu memiliki ruang yang sama eksklusifnya dengan tempat tidurmu.

Bagaimanapun juga mencintai binatang peliharaan adalah kewajiban seorang muslim sebagai khalifah. Jika kamu memutuskan memelihara binatang, maka kamu juga harus bertanggung jawab merawatnya dengan sebaik-baiknya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *