indonesiasakinah.wordpress.com

Bingung Anak Nggak Mau Curhat? Ini Dia Solusinya

Posted on

Seorang ibu pernah bercerita kepada guru anaknya, “Kenapa sih anak saya selalu diam aja kalau ditanya tentang kegiatannya di sekolah? Saya kan ingin tahu apa yang dilakukannya selama di sekolah.”

Beberapa orang tua mengeluhkan hal yang sama seperti ibu di atas. Apa yang menyebabkan hal ini? Ini mungkin disebabkan karena memang tidak semua anak mudah untuk diajak bercerita, mungkin karena temperamen ataupun pola asuh.

expertbeacon.com
expertbeacon.com

Selain itu, anak-anak seringkali tidak memahami makna dari sedih, gembira, jijik, takut ataupun marah. Inilah penyebab lain mengapa mereka sulit mengungkapkan apa yang mereka rasakan dan alami.

Lalu, bagaimana ya cara supaya anak mau curhat tanpa harus selalu ditanya? Kita ulas caranya di sini, yuk!

Pakai Boneka untuk Bercerita

Dunia anak masih erat kaitannya dengan dunia imajinasi dan dunia bermain. Jadi, ketika kita ingin anak kita nyaman bercerita dengan kita, kita perlu masuk dulu ke dalam dunia anak.

hidupunik.com
hidupunik.com

Nah, salah satu bentuk imajinasi itu adalah dengan bermain peran. Untuk lebih membuat anak tertarik, kita bisa menggunakan alat bantu semisal boneka dengan karakter-karakter yang mereka sukai.

Apabila anak sudah mulai nyaman dengan perannya, barulah kita masukkan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan anak untuk menceritakan pengalamannya di sekolah.

Mulailah dengan Mendongeng

Sebagai orangtua kita harus adil di mata anak. Jika kita ingin anak bercerita, maka mulailah dengan bercerita lebih dulu. Cerita bisa berupa dongeng atau cerita yang dialami sehari-hari.

eduku.co
eduku.co

Percaya atau tidak, ketika kita bercerita kepada anak tentang pengalaman kita, tanpa perlu diminta dan ditanya anak akan dengan senang hati menceritakan pengalamannya juga.

Mendengarkan dengan Empati

Anak pasti akan senang jika kita mendengarkan ceritanya dengan penuh seksama. Apalagi jika kita bisa memahami apa yang anak rasakan pada saat dan setelah peristiwa yang diceritakan terjadi.

twicsy.com
twicsy.com

Jika sikap empati ini kita terapkan secara konsisten, maka anak akan selalu senang bercerita. Kenapa begitu? Karena ia merasa selalu diterima oleh orangtuanya.

Anak yang selalu diterima dan didengarkan tidak pernah takut menyampaikan keluh kesahnya, karena orangtuanya memahami apa yang ia rasakan, tidak asal menghakimi.

Ajukan Pertanyaan yang Luar Biasa

Sesuatu yang luar biasa selalu menarik perhatian anak. Begitupula dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan kita ajukan.

nanomistmci.com
nanomistmci.com

Jangan lupa untuk menghindari pertanyaan-pertanyaan yang akan membuat anak menjawabnya dengan kata iya atau tidak.

Ajukanlah pertanyaan yang membuat mereka menjawab lebih banyak. Misalnya pertanyaannya kita mulai dengan kata mengapa ataupun bagaimana.

Memberi Penjelasan Jika Anak Bertanya

Jika anak bertanya kepada kita, sebisa mungkin kita harus menjawabnya dan menjelaskan sesuai dengan usianya. Jika kita tidak tahu jawabannya, maka kita bisa jujur ke mereka dan mengajak mereka mencari tahu jawabannya.

inspirably.com
inspirably.com

Nah, kalau pertanyaannya selalu dijawab. Anak juga akan merasa perlu menjawab pertanyaan kita. Ingatlah bahwa anak-anak itu mencontoh apa yang dilakukan lingkungannya.

Hargai Keberaniannya

intisari-online.com
intisari-online.com

Tidak semua anak berani untuk curhat, apalagi untuk mengakui kesalahannya. Oleh karena itu, ketika anak berani dan mau bercerita, maka berilah penghargaan dengan memberikan pujian kepadanya.

Berikan Nasihat dan Pilihan Solusi

Saat anak kita punya masalah dan menceritakannya kepada kita, maka bantulah ia untuk mencari solusi. Kita sebagai orangtua hanya perlu memberikan pilihan-pilihan solusi.

dspriadi333.blogspot.com
dspriadi333.blogspot.com

Apabila anak selalu merasa terbantu dengan pilihan-pilihan yang kita buat bersama mereka, maka jika suatu saat mereka ada masalah, anak akan kembali bercerita kepada kita.

Demikianlah beberapa cara untuk merangsang anak curhat. Namun yang perlu kita sadari, cara ini bisa berhasil jika kita lakukan dengan konsisten.

[td_smart_list_end]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *