Memilih jurnal ilmiah tentu membutuhkan keterampilan khusus. Dan bagi kamu yang saat ini sedang menempuh studi, baik di S1, S2 ataupun S3 tentu harus memiliki kemampuan ini.

Bagi kamu yang masih kebingungan bagaimana cara memilih artikel jurnal ilmiah yang efektif dan efisien, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1Seleksi Artikel Berdasarkan Judul

dx.doi.org

Judul memberikan gambaran besar apa yang menjadi bahasan penulis pada artikel jurnal tersebut. Pada judul, peneliti dapat menemukan proposisi dari konsep dan variabel apa saja yang diteliti.

Misalnya, sebuah jurnal yang berjudul: “Pemanfaatan Daun Pepaya Sebagai Sumber Obat Modern” bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penting.

Seperti apa saja senyawa Karbon yang telah ditemukan di dalam daun pepaya selama 3-5 tahun terakhir; apa saja metode yang digunakan untuk mencuplik senyawa-senyawa tersebut;

Terhadap penyakit apa saja senyawa-senyawa itu telah diuji, sudah sampai di mana pengujian tersebut, dan bagaimana hasilnya.

Lakukanlah seleksi secara manual dengan membaca judul artikel jurnal  yang akan diunduh. Jika judul sudah sesuai dengan apa yang diinginkan, maka peneliti dapat mengunduhnya.

2Pilah Artikel Berdasarkan Abstrak

dx.doi.org

Abstrak sebagaimana namanya merupakan bentuk ringkas dari sebuah artikel jurnal. Membaca abstrak dapat memberikan gambaran kepada penulis tentang apa yang dibahas pada artikel jurnal tersebut.

Tujuan utama abstrak adalah untuk memberikan gambaran singkat pada pembaca tentang tujuan, metode dan hasil penelitian serta memberikan sorotan penting dari penelitian tersebut.

Walaupun demikian, penulis jangan gegabah menganggap telah memahami hasil penelitian secara keseluruhan, jika hanya membaca abstraknya saja. Adakalanya abstrak tidak selalu mencerminkan dan sesuai dengan isi artikel jurnal.

Jika setelah membaca abstrak, peneliti menemukan bahwa artikel jurnal tersebut bukanlah yang dicari, maka peneliti harus memisahkannya dari daftar bacaan.

3Jangan Pernah Percaya Bahwa Sebuah Artikel Jurnal Itu Sempurna

indonesianskeptics.blogspot.com

Satu hal yang penting diketahui oleh para peneliti, bahwa data yang disajikan dalam artikel jurnal dapat dipercaya hingga sebesar 70%, akan tetapi pada bagian diskusi, peneliti harus kritis antara percaya atau tidak. Hal ini berdasarkan pada berbagai teori kebenaran ilmiah.

4Bacalah dengan Scanning dan Skimming

pkab.wordpress.com

Bagi peneliti pemula yang belum terbiasa dengan kegiatan membaca jurnal, melakukan scanning atau membaca secara sepintas dan skimming atau membaca cepat mungkin cukup sulit untuk dilakukan.

Maka mulailah dengan membaca sedikit demi sedikit hingga peneliti mampu karena telah terbiasa. Jika peneliti bisa melakukan keduanya, maka tidak perlu berlama-lama membaca secara detail kalimat demi kalimat.