Kehidupan berumah tangga kerap sekali terjadi permasalahan, mulai dari permasalahan mendidik anak, hingga permasalahan finansial. Apalagi jika dibumbui rasa tidak percaya antar pasangan.

Namun, kali ini kita akan fokus membicarakan masalah finansial yang kerap dialami oleh ibu rumah tangga. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan dan harga-harga yang semakin melambung, namun tidak diiringi penambahan uang belanja oleh suami.

Bisa kebayang kan bagaimana istri harus bicara kepada suaminya? Di satu sisi istri tidak ingin membebani suami, namun di sisi lain istri membutuhkan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan bersama.

Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, maka bisa jadi istri memutuskan berhutang ke sana-sini. Dan cara ini jauh lebih berbahaya lagi bagi stabilitas ekonomi keluarga.

Lantas, apa yang perlu dilakukan oleh sang istri? Nah, berikut adalah langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk memecahkan permasalahan ini. Kita lihat bersama yuk!

1Sisihkan Waktu Berbicara dengan Suami

ummi-online.com

Ada atau tidaknya masalah, seorang istri harus menyisihkan waktu bersama suaminya. Jika sudah sering melakukan dialog dengan suami, maka istri akan dengan mudah menyampaikan segala permasalahan yang terjadi.

Lalu, bagaimana dengan tambahan uang belanjanya? Ya, kalau komunikasi dengan suami terjalin dengan baik, maka akan mudah menyampaikan hal itu juga. Jadi yang harus kita lakukan pertama kali adalah komunikasi.

2Perjelas Keinginan Mendapat Uang Tambahan

ukhtiindonesia.com

Nah, kamu sebagai istri harus paham karakter suami kamu. Kalau suami kamu orangnya kurang peka dengan keadaan atau tidak mengerti bahasa sindiran, maka kamu harus memperjelas niat kamu meminta uang tambahan belanja.

Namun saat memperjelas keinginan kamu, kamu pun harus melihat keadaan suami kamu. Kalau suami kamu sedang kelelahan atau emosinya sedang tidak stabil, maka kamu perlu menunda untuk berbicara dengannya. Tunggu sampai ia tenang.

3Siapkan Mental

yuritho.deviantart.com

Nah, saat kamu memutuskan untuk bicara dengan suami kamu, maka kamu harus menyiapkan mental. Kenapa perlu menyiapkan mental? Karena bisa jadi suami kamu tidak sependapat dan tidak mau memberikan uang belanja tambahan.

Apapun hasilnya, kamu harus menerimanya, jangan sampai mengedepankan emosi. Bukankah masih banyak solusi yang bisa kamu tempuh?

4Mencari Uang Sendiri Bisa Jadi solusi

banjirpelanggan.com

Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan, jika ternyata suami kamu tidak mau atau tidak mampu lagi menambah uang belanja adalah dengan mencari uang sendiri.

Dengan mencari uang sendiri, selain kamu tidak perlu minta uang tambahan sama suami, kamu juga bisa mengurangi beban suami serta menambah tabungan untuk keluarga.

Cara untuk mendapatkan uang sendiri juga bisa berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Tentunya tergantung pada keterampilan dan keahlian yang dimiliki.

5Meminimalisir Pengeluaran

mrasyiduddin.blogspot.com

Jika menambah uang belanja sudah tidak mungkin dilakukan dalam waktu dekat, mungkin kamu bisa melihat kembali rencana pengeluaran keluarga. Jika tidak bisa menambah anggaran, ya salah satu solusinya adalah menurunkan anggaran.

Keperluan-keperluan yang sifatnya sekunder apalagi tersier, mungkin bisa kita hapus dulu dari anggaran. Kita bisa memunculkannya lagi jika kondisi keuangan keluarga kita sudah stabil.

6Perlu Saling Terbuka Terkait Keuangan

selasar.com

Satu hal yang perlu diingat dalam pengelolaan keuangan keluarga adalah transparansi. Jadi tidak hanya istri yang pusing mengatur keuangan keluarga. Suami pun harus ikut memikirkannya juga.

Jika solusi datang dari kedua belah pihak, maka permasalahan apapun dalam keluarga akan lebih mudah untuk diselesaikan.