Salah satu masalah terbesar bagi pasangan yang baru saja menikah adalah perihal tempat tinggal. Sampai-sampai, ada keluarga dari pihak perempuan yang hanya akan menerima pinangan atau pernikahan dari pihak laki-laki jika telah ada jaminan rumah atau tempat tinggal.

Mereka memiliki maksud untuk menentramkan hati pihak perempuan. Selain itu, juga sebagai ukuran apakah calon mempelai pria memiliki kesungguhan dalam mencari nafkah harta untuk kehidupan keluarganya nanti.

Walau demikian, ada beberapa alternatif solusi yang bisa kamu lakukan jika memang belum sanggup membeli tempat tinggal atau rumah seperti berikut ini.

1Mengontrak Rumah

rumahdijual.com

Memang benar, jika kamu tinggal berdua secara mandiri dengan pasanganmu, biarpun di rumah kontrakan yang mungil tetap bisa bebas berekspresi.

Berbeda halnya bila kamu tinggal bersama dengan orang tua dan mertua. Tentu tidak bisa demikian sebagaimana di tempat tinggal sendiri.

Bila di rumah kontrakan sendiri, kedua belah pasangan dapat mengenal karakter lebih intens satu sama lain. Kalau di rumah orang tua atau mertua, terkadang masih suka jaga image. Kalau di rumah, seandainya pun mau nangis bombay juga tak perlu ditahan-tahan.

Dengan cara seperti ini, proses adaptasi pun akan semakin mudah dilalui.

2Tinggal Menetap dengan Keluarga

money.id

Memang banyak pertimbangan yang menjadikan seseorang pada akhirnya harus memutuskan untuk tinggal bersama orang tua atau mertua terlebih dahulu di masa-masa awal pernikahan.

Beberapa faktor tersebut seperti kesiapan dana, kesiapan infrastruktur, kondisi orang tua, dan lain sebagainya.

Setiap pilihan keputusan, pada akhirnya selalu ada manfaat dan mudharatnya. Sebagaimana kata seorang ustadz, selama masih tinggal bersama orang tua atau mertua, “lidah tidak dapat selamanya berkata lurus dan telinga harus lebih tebal”.

Walaupun terdapat banyak kesamaan diantara seluruh anggota keluarga yang tinggal serumah. Akan ada saja perbedaan-perbedaan kecil yang muncul dan mempengaruhi harmoni hubungan kita dengan orang tua atau mertua.

3Membeli Secara Patungan

kemandirianfinansial.blogspot.com

Semisal kamu bisa mengajak saudaramu untuk membantu membeli sebuah rumah. Kamu membayar setengah harga rumah dan saudaramu melunasinya.

Kemudian kamu akan membayar kepada saudaramu secara rutin dengan angsuran yang ringan hingga tidak memberatkan kedua belah pihak.

ummi-online.com
ummi-online.com

Walau demikian, bukan berarti kamu bisa dengan mudah mencari pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya.

Khususnya yang menggunakan pola riba dalam sistem mengangsurnya. Karena hal ini justru akan memberatkanmu dan membuatmu tenggelam dalam hidup yang penuh tekanan.