Bagian tersulit dari merapikan rumah adalah menyimpan perkakas atau barang-barang berukuran kecil. Kalau mau asal tersimpan sih sebenarnya mudah-mudah saja. Kita bisa saja menyimpannya di container besar, tapi kita akan sulit mencari jika membutuhkannya.

Walaupun barang-barang ini berukuran kecil dan jarang-jarang kita pakai, namun benda-benda kecil ini terkadang sangat kita butuhkan, misalnya saja gunting kuku, pensil, dan benda lainnya.

Jadi permasalahannya di sini, bagaimana caranya menyimpan barang berukuran kecil, namun mudah untuk dicari? Nah, salah satunya adalah dengan menyimpannya di wadah-wadah dengan peruntukannya masing-masing.

Maksudnya bagaimana sih? Maksudnya, kalau kita nyimpan payung ya di tempat payung, kalau nyimpan piring ya di tempat piring, begitu pula dengan benda yang lain.

Supaya kamu tergambar bentuk tempat barang-barangnya, kita lihat yuk ide-ide tempat menyimpan barang berikut ini. Siapa tahu bisa kita aplikasikan di rumah kita.

1Tempat Penyimpanan Serbaguna

architechturendesign.net

Ide tempat menyimpan berikut ini diawali dengan box yang bisa kita gunakan untuk menyimpan aneka perkakas. Terutama yang memiliki ukuran agak besar, misalnya saja payung atau pun helm.

Jika ada tempat menyimpan seperti ini, tentunya kamu tidak akan menemukan lagi payung yang tergeletak di pojokan rumah atau helm yang teronggok di atas meja. Semua benda tersimpan rapi.

2Pengering Piring

architecturendesign.net

Salah satu tempat penyimpanan yang sepertinya kita perlukan di rumah kita adalah tempat untuk menyimpan piring basah setelah dicuci. Tentu kamu pernah kan merasa bingung setelah mencuci piring, bingung nyimpannya di mana.

Kalau piring basah langsung kita simpan di lemari penyimpanannya, tentu piring-piring itu akan lembab dan mudah berjamur kan, nah untuk itu kita butuh tempat penyimpanan khusus.

Jika kamu punya masalah yang sama, mungkin kamu bisa mencoba membuat tempat penyimpanan seperti gambar di atas. Sebuah tempat penyimpanan yang nantinya kamu bisa simpan di bawah kompor untuk membatu mengeringkan piring.

3Denim Organizer

architecturendesign.net

Jika kamu memiliki banyak celana jeans tua, maka kamu bisa manfaatkan untuk membuat denim organizer seperti gambar di atas. Bagaimana cara membuatnya? Kamu hanya perlu memotong bagian kantong belakangnya dan menyatukannya dengan cara dijahit.

4Rak Sepatu

architecturendesign.net

Satu hal yang paling menyebalkan, jika melihat sepatu berserakan di dekat pintu masuk. Selain merusak pemandangan, juga menebarkan bau yang tidak sedap.

Untuk itu, kita butuh tempat menyimpan sepatu-sepatu di rumah kita. Tentunya yang kita butuhkan adalah tempat menyimpan sepatu yang bisa muat banyak, namun dengan ukuran sepatu yang nggak makan tempat.

Nah, bentuk rak sepatu seperti gambar di atas sepertinya bisa jadi solusi. Dengan bentuknya yang segitiga, maka ia bisa menampung banyak sepatu di rumah kita. Sepatu-sepatunya rapi, rumah kita pun terlihat luas.

5Tempat Menyimpan Handuk

architecturendesign.net

Paling sebel deh kalau ada salah satu dari anggota keluarga kita yang meletakkan handuk basah sembarangan. Selain membuat rumah tampak berantakan. Handuk basah pun bisa membuat lembab tempat diletakkannya benda ini.

Andai saja di rumah kita ada tempat menyimpan handuk seperti di atas, semua handuk pasti akan tersimpan rapi dan apabila kita letakkan di bawah sinar matahari, maka handuk yang telah kita pakai pun akan kering.

6Tempat Menyimpan Bahan Makanan di Freezer

architecturendesign.net

Saat kita membuka freezer di bagian kulkas kita, maka seringkali kita temui semua bahan makanan bercampur jadi satu dan saling menimpa satu sama lain. Akibatnya kita akan kesulitan saat ingin menggunakannya.

Namun, hal ini tidak akan terjadi jika kita memiliki wadah penyimpanan seperti di gambar. Tiap jenis makanan memiliki wadahnya masing-masing. Jadi tidak akan saling menempel saat beku dan mudah diambil saat kita mau pakai.