masseffect.wikia.com

Wah! 5 Bintang Ini Selalu Setia Menampakkan Dirinya di Kerajaan Langit

Posted on

Sebuah bintang tampak terang karena memang memancarkan cahaya yang begitu terang atau juga karena jaraknya yang terlalu dekat. Bintang merupakan bola besar gas panas yang bersinar. Matahari juga merupakan salah satu jenis bintang yang terdekat dari bumi.

Tentu kamu sering mendengar tentang Galaksi Bima Sakti. Jika kamu melihat banyak bintang bertebaran di langit malam, itu menandakan bahwa bintang tersebut berada dalam ruang lingkup Galaksi Bima Sakti.

Nah, tahukah kamu apa saja bintang yang paling terang di Galaksi Bima Sakti? Simaklah ulasannya pada artikel berikut.

SIRIUS

www.teloschannel.com
www.teloschannel.com

Bintang yang disebut di dalam Al Quran ini memang memiliki pancaran cahaya yang sangat terang. Sirius memiliki jarak 8,6 tahun kecepatan cahaya dari bumi. Jika pada malam hari kamu melihat sebuah bintang yang paling terang di antara bintang lainnya itu adalah bintang SIRIUS.

Jadi kapan kamu mau Sirius? Eh serius ya? Xixi.

CANOPUS

www.imagejuicy.com
www.imagejuicy.com

Bintang Canopus dinamakan sesuai dengan sebuah kota kuno di utara Mesir, Canopus adalah bintang paling terang kedua di langit. Ia memiliki jarak 74 tahun kecepatan cahaya dari bumi. Wah! Sangat jauh pastinya.

RIGIL KENTAURUS

www.astropilar.com.ar
www.astropilar.com.ar

Rigil Kentaurus, juga dikenal sebagai Alpha Centauri, adalah bintang paling terang ketiga di langit. Namanya secara harfiah berarti kaki centaur. Jarak bintang ini dengan bumi adalah 4,3 tahun kecepatan cahaya.

ARCTURUS

masseffect.wikia.com
masseffect.wikia.com

Arcturus adalah bintang paling terang di rasi Bootes, yang merupakan salah satu rasi bintang tertua di langit malam. Bintang yang memiliki jarak 34 tahun kecepatan cahaya dari bumi ini terkadang menampakkan dirinya di langit malam.

Dengan magnitudonya yang tampak −0.05, setelah Sirius dan Canopus, bintang ini juga terdiri dari dua bintang berdekatan yang sangat terang benderang sehingga tidak dapat dipisahkan oleh mata.

VEGA

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Vega adalah bintang paling terang kelima di langit. Namanya berasal dari bahasa Arab untuk ‘elang yang menukik’. Unik bukan?

Vega adalah bintang paling terang di rasi Lyra, bintang paling terang ke lima di langit malam, bintang paling terang kedua di belahan langit utara setelah Arcturus, dan merupakan “bintang tetangga” Matahari pada jarak 25,3 tahun cahaya.

Wah! Menarik bukan mengenal bintang-bintang yang selalu setia menghiasi malam?

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *