Banyak dari media internasional mungkin akan bingung dalam memberitakan Jokowi. Beberapa diantaranya menganggap sebutan Jokowi adalah semacam middle name Joko Widodo.

Padahal sama sekali tidak. Beberapa sumber menyebutkan nama Jokowi berasal dari rekanan bisnisnya di Perancis, sumber lain menyebutkan rekanan bisnis Jokowi asal Jerman.

thejakartaportal com
thejakartaportal.com

Banyak hal beredar tentang Jokowi (baik positif maupun negatif) yang belum jelas sumbernya. Bapak Presiden Jokowi barangkali akan menjadi sejarah yang paling unik dalam keberlangsungan sejarah kehidupan bangsa Indonesia.

Bagaimana tidak, dalam waktu kurang dari 10 tahun sejak namanya mulai masuk media nasional, ia dapat menjadi presiden dengan jenjang karir yang sangat langka.

Meskipun hingga saat ini masih banyak catatan tentang pemerintahan beliau yang harus dikritisi dan diberikan alternatif solusi. Namun, banyak juga hal-hal menarik dari kehidupan Jokowi yang dapat menjadi pelajaran buat kamu calon pemimpin Indonesia masa depan.

1Jokowi Kecil dan Jokowi Dewasa

rmolsumsel.com

Lahir di Solo tanggal 21 Juni 1961, Jokowi anak pertama dari empat bersaudara. Dialah anak laki-laki satu-satunya yang harus menjadi kakak dari tiga adik perempuannya, Titik Relawati, Iit Sriyantini dan Ida Yanti.

Sembilan tahun kemudian setelah kelahiran Jokowi, presiden Indonesia pertama, bapak Soekarno wafat. Inilah hal unik pertama tentang Jokowi, tanggal kelahirannya sama dengan tanggal wafatnya Soekarno.

kliksangatta.com
kliksangatta.com

Jokowi menikah dengan Iriana dan dikaruniai tiga orang anak bernama Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Pada tahun 2005, Jokowi pertama kali masuk dalam kontestasi perpolitikan di Indonesia.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Jokowi hingga saat ini tercatat pernah mendapat 24 penghargaan dari berbagai lembaga pemerintaha, swasta, maupun internasional.

2Sarjana Kehutanan Jadi Pengusaha Mebel

risamariska.com

Beberapa orang mungkin akan mempertanyakan. Bagaimana seorang lulusan jurusan Kehutanan Universitas Gadjah Mada justru menjadi eksportir berbagai produk furnitur yang notabene berbahan baku kayu?

Namun, pada bagian kehidupan inilah Jokowi berjuang dengan keras untuk meningkatkan derajat kesejahteraan keluarganya. Beberapa orang akan skeptis dengan fakta pendidikan dan pekerjaan Jokowi yang bertolak belakang.

Namun, sejauh tidak ada hal buruk dalam upaya Jokowi meraih kesejahteraan, maka kamu juga harus dapat mencari dengan jeli pelajaran kehidupan apakah yang diajarkan oleh Jokowi.

3Pelopor dalam Perkembangan Cara Kampanye

kompasiana.com

Jokowi segera menjadi media darling dengan berberapa prestasinya di kota Solo. Hal ini kemudian yang mengantarkan ia pada pemilihan umum gubernur Jakarta. Jokowi dan tim suksesnya melakukan terobosan baru dalam dunia kampanye Indonesia.

Seolah dengan menonjolkan filosofi less is more Jokowi menokohkan diri menjadi wong cilik dengan pakaian sederhana. Gemar melakukan kunjungan ke berbagai tempat (blusukan), dan bersikap ramah serta humoris.

Rakyat seolah merasa dekat dengan Jokowi dan segeralah menjadi populer Jokowi seantero negeri. Ini yang akan membawa Jokowi pada kemenangan pemilihan presiden kelak.

jokowinomics.com
jokowinomics.com

Karena kesuksesan Jokowi menggunakan cara-cara kampanye unik semacam ini, banyak pemilihan kepala daerah dimana saat kampanye para calon menggunakan pola kampanye yang tidak jauh beda.

Saat ini memang belum banyak hal secara detil tentang Jokowi, namun kehadiran Jokowi dalam kehidupan rakyat Indonesia telah membawa sebuah alur baru perpolitikan Indonesia.

Sejarah akan mencatat, kegemilangan Jokowi dalam kapasistasnya sebagai walikota Solo, Jakarta dan Presiden Indonesia. Sejarah juga akan mencatat beberapa hal yang mungkin tidak dapat diselesaikan Jokowi dengan tuntas.

Hal yang dapat diambil hikmahnya adalah bahwa Indonesia butuh perjalanan yang lebih panjang dari sekedar 350 penjajahan dan 70 tahun kemerdekaan. Kesejahteraan adalah sebuah proses yang harus dilalui rakyat Indonesia.

Kesejahteraan bukanlah hasil. Selamat berjuang untuk Indonesia.