Soekarno adalah sebuah fenomena sejarah. Ia lahir dan besar pada masa-masa emas perjuangan Indonesia. Bersama Mohammad Hatta, mereka menjadi dwitunggal yang tidak akan tertandingi dalam sejarah Indonesia berikutnya.

Bahkan, salah satu bagian dari kehidupan Soekarno tetap menjadi pertanyaan yang tidak pernah selesai dibahas. Gerakan 30 September, yang bermuara pada naiknya Soeharto sebagai Presiden kedua Indonesia.

Banyak kejadian dari bagian hidup Soekarno yang tidak pernah kita tahu sebelumnya. Fakta dan datanya tercecer seiring berkembangnya profil Sang Proklamator oleh banyak penulis.

Berikut 4 hal tentang Soekarno yang Belum Pernah Kamu Tahu.

1Nama Soekarno

tjokromovie.com

Kalau kamu penggemar film sejarah kamu pasti nonton film Tjokroaminoto Guru Bangsa. Disana ditampilkan beberapa scene yang menokohkan seorang anak kos bernama Kusno yang menjalin cinta dengan anak Tjokroaminoto, Siti Oetari. Kusno itulah yang kelak kita kenal sebagai Soekarno.

Soekarno lahir dengan nama Kusno Sosrodiharjo pada tanggal 6 Juni 1901. Bapak Soekarno, Raden Soekemi Sosrodihardjo seorang aristokrat jawa dan guru sekolah, sedangkan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai seorang keturunan kasta Brahma dari Bali.

Saat kecil, Soekarno sering sakit-sakitan. Dalam kepercayaan orang jawa, mengganti nama adalah hal yang lazim untuk orang yang sering sakit-sakitan. Sehingga sejak umur 5 tahun, bergantilah nama Kusno menjadi Karna.

wayang.wordpress.com
wayang.wordpress.com

Karna adalah salah satu panglima perang yang ditokohkan mempunyai jiwa nasionalisme tinggi dalam epos wayang Barata Yudha. Seiring pelafalan orang jawa, nama Karna menjadi lebih populer dengan sebutan Karno.

Sementara itu tambahan “Su” dalam bahasa jawa berarti “baik”. Ketika telah menjabat sebagai presiden RI, Soekarno mengganti namanya menjadi Sukarno. Hal ini ia lakukan karena ejaan “oe” untuk “u” dianggap ejaan para penjajah.

2Photographic Memory dan Bakat Bahasa

zulkifli19.wordpress.com

Photographic memory disebut sebagai kemampuan istimewa seseorang yang dapat mengingat angka, huruf dan gambar secara akurat. Namun, beberapa penelitian tentang psikologi menyebutkan bahwa mengingat sebuah gambar seara tepat 100% adalah hal yang mustahil.

Para peneliti akhirnya menyimpulkan bahwa orang-orang dengan ingatan luar biasa memang mempunyai keunggulan pada daya ingat. Namun, tidak bisa diistilahkan sebagai photograpic memory.

Nah, Soekarno disebutkan oleh beberapa artikel dan tulisan bahwa memang Soekarno mempunyai daya ingat yang luar biasa. Selain itu, Soekarno juga menguasai 10 bahasa.

Soekarno mempunyai bakat yang hebat dalam mempelajari bahasa. Beliau dikenal dapat berkomunikasi secara verbal dan tulisan dalam bahasa Indonesia, Jawa, Bali, Sunda, Belanda, Inggris, Perancis, Arab, Jerman, bahkan Jepang.

3Sampul Depan Majalah Prestisius

bintang.com

Munculnya wajah Jokowi di sampul cover depan majalah-majalah populer seperti TIME, Fortune dan Globe disikapi dengan ketakjuban yang berlebihan oleh masyarakat Indonesia.

Kamu mungkin belum tahu saja bahwa Soekarno juga pernah “menguasai” sampul depan majalah TIME pada edisi bulan Desember tahun 1946. Beberapa presiden Indonesia sesudahnya juga pernah muncul di sampul depan majalah TIME.

Selain itu, majalah yang sangat populer dan prestisius sekelas National Geographic juga pernah mencantumkan foto Soekarno di sampul depan. Bahkan foto Soekarno dan Indonesia yang diulas pada tahun 1955 diterbitkan ulang.

tokopedia.net
tokopedia.net

Artikel berjudul This Young Giant, Indonesia, di-publish ulang dengan judul “Sang Raksasa Muda, Indonesia” pada National Geographic Indonesia edisi Agustus 2008. Bagaimana? Siapa menurutmu yang lebih keren?

Fakta berikutnya akan membuatmu yakin, siapa presiden Indonesia yang paling keren seantero dunia.

4Pemimpin Terbaik Dunia Sepanjang Sejarah

soekarnofiles.wordpress.com

Jajak pendapat yang digelar oleh theranking.com dalam skala internasional menempatkan Soekarno sebagai Pemimpin Terbaik Dunia Sepanjang Sejarah. Mengalahkan banyak tokoh pemimpin dunia lainnya.

Di urutan kedua ditempati Barack Obama, dan peringkat selanjutnya ditempati Vladimir Putin, Ronald Reagan, Ratu Elizabeth II dan Pranab Mukherjee. Jajak pendapat ini dilakukan sejak tahun 2013 hingga tahun 2014.