Umar bin Khattab (581 – November 644) merupakan salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW. Beliau menjabat sebagai khalifah kedua Islam pada periode 634-644 setelah wafatnya khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq.

1Keluarga

kiosmadinah.blogspot.com

Umar berasal dari keluarga kelas menengah yang lahir di kota Mekkah dari suku Bani Adi. Ayahnya bernama Khattab bin Nufail Al Shimh Al Quraisyi dan ibunya Hantamah binti Hasyim.

Keluarga Umar adalah salah satu keluarga yang paling disegani oleh kaum Qurais.

2Sebelum Memeluk Islam

aliffira.wordpress.com

Umar adalah orang yang paling keras menentang ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW. Sebagai keluarga terpandang, Umar juga melakukan semua kebiasaan jahiliyah masyarakat saat itu.

Salah satu yang kemudian disesali Umar adalah mengubur hidup-hidup putrinya yang baru lahir. Umar juga dikenal sebagai peminum anggur yang kuat.

Sebagai orang yang berkuasa, tercatat Umar juga merupakan orang yang paling banyak dan paling sering menggunakan kekuatannya untuk menyiksa pengikut Nabi Muhammad SAW.

3Masa Awal Memeluk Islam

ikram-klangat.blogspot.com

Umar pernah berusaha untuk membunuh Nabi Muhammad SAW. Tapi, saat itu beliau batal melakukannya dan memilih pulang karena kabar mengagetkan dari adiknya.

Salah satu adik Umar diketahui telah memeluk Islam. Ini membuat Umar marah luar biasa. Tapi keajaiban Al Qur’an surat Thoha ayat 1-8, ternyata melunakkan hati Umar hingga beliau memutuskan untuk memeluk Islam.

Berita masuk Islamnya Umar tentu membuat keluarganya berang. Akibatnya, Umar dikucilkan dari keluarga besarnya dan dari masyarakat yang dulu menghormatinya.

4Ikut Hijrah ke Madinah

askislam.my

Umar bersama rombongan Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah atau berpindah ke Madinah pada tahun 622 M. Di tempat baru ini, Umar disegani oleh umat muslim karena reputasinya sebelum dan setelah memeluk Islam.

Tercatat Umar mengikuti berbagai perang bersama Rasulullah, seperti perang Badar, Uhud, Khaybar serta penyerangan ke Syria.

Meski dulunya merupakan orang yang paling menentang Rasulullah, setelah masuk Islam, Umar menjadi orang terdepat yang selalu membela Nabi Muhammad SAW dan ajaran Islam.

Dalam berbagai kesempatan, Umar bahkan tidak ragu menantang kawan-kawan lamanya yang dulu bersama menyiksa para pengikutnya Nabi Muhammad SAW.

5Umar, Sang Khalifah

arrahmah.com

Pada masa pemerintahan khalifah Abu Bakar, Umar menjabat sebagai penasehat. Setelah Abu Bakar wafat pada 634 M, Umar kemudian ditunjuk untuk menggantikan Abu Bakar sebagai khalifah kedua.

Sejumlah prestasi ditorehkan Umar semasa kepemimpinannya. Kekuasaan Islam tumbuh berkembang pesat dan luas.

martinhumanities.com
martinhumanities.com

Pada masa itu, Islam menguasai Mesopotamia dan sebagian Persia. Selain itu mengambil alih Mesir, Palestina, Syiria, Afrika Utara dan Armenia dari kekuasaan Romawi.

Dua negara adidaya yang ada waktu itu, Persia dan Romawi pun berhasil ditaklukkan di bawah kekhalifahan islam.

Setelah berbagai penaklukan dilakukan, Umar juga melakukan banyak reformasi administratif, termasuk untuk daerah yang baru ditaklukkan. Umar juga memerintahkan dilakukan sensus atau pencatatan di seluruh wilayah kekuasaan Islam.

youtube.com
youtube.com

Menurut catatan, pada 638 M, Umar juga memerintahkan perluasan dan renovasi Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Selain itu, Umar juga memulai proses kodifikasi hukum Islam.

Meski seorang pemimpin sebuah kekhalifahan besar, Umar tetaplah sosok yang sederhana. Alih-alih bergaya hidup mewah seperti para penguasa zaman itu, Umar tetap dengan gaya hidup sederhananya.

Prestasi besar lain yang ditorehkan Umar adalah diputuskannya penanggalan Islam yang dihitung sejak peristiwa hijrah. Peristiwa ini terjadi pada sekitar tahun 17 Hijriah atau tahun keempat masa kekhalifahannya.

6Umar Wafat

wikipedia.co.id

Umar wafat pada tahun 644 karena dibunuh oleh Abu Lukluk (Fairuz), seorang budak yang fanatik, pada saat beliau akan memimpin salat Subuh. Budak ini adalah orang Persia yang masuk Islam setelah penaklukan.

Konon, penyebabnya adalah dendam pribadi Fairuz terhadap Umar karena kekalahan Persia. Setelah Umar wafat, jabatan kekhalifahan diteruskan oleh salah satu sahabat Rasulullah SAW yaitu Usman bin Affan.