a2bayu.wordpress.com

Inilah Informasi Tentang Bioteknologi Modern yang Wajib Kamu Tahu

Posted on

Bioteknologi modern berbeda dengan bioteknologi konvensional. Pada bioteknologi modern, bioteknologi dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Beberapa diantaranya adalah rekayasa genetika, penanganan polusi, penciptaan sumber energi, dan sebagainya.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa produk hasil bioteknologi modern meliputi bidang kedokteran, bidang pertanian, bidang peternakan, dan bahan bakar masa depan.

Bioteknologi Bidang Kedokteran

jokowarino.id
jokowarino.id

Dalam bidang kedokteran, bioteknologi digunakan untuk berbagai hal, seperti pembuatan antibodi monoklonal, vaksin, antibiotika, hormon bahkan bayi tabung.

Antibodi monoklonal adalah antibodi yang diperoleh dari suatu sumber tunggal. Manfaatnya antara lain adalah untuk mendeteksi kandungan hormon karionik gonadotropin dalam air seni wanita hamil.

Selain itu antibodi monoklonal juga bersifat mengikat racun serta dapat menonaktifkannya. Manfaat lainnya adalah dapat mencegah penolakan tubuh terhadap hasil transplantasi jaringan lain.

Manfaat lain bioteknologi pada bidang kedokteran yakni pembuatan vaksin. Vaksin dibuat dan digunakan untuk mencegah penyakit dalam tubuh yang berasal dari mikroorganisme.

Vaksin sendiri dibuat dari virus dan bakteri yang telah dilemahkan. Tetapi dapat juga dibuat dari racun yang diambil dari mikroorganisme tersebut.

Dalam bidang kedokteran, hasil lain bioteknologi adalah antibiotika. Zat ini dihasilkan oleh organisme tertentu dan memiliki fungsi untuk menghambat pertumbuhan organisasi lain di sekitarnya.

Antibiotika didapat dari jamur atau bakteri yang diolah dengan proses tertentu. Pada Perang Dunia II, zat ini diproduksi besar-besaran oleh Amerika Serikat dan juga Inggris.

Rekayasa berikutnya adalah pembuatan hormon. Ada beberapa hormon yang dihasilkan dari bioteknologi modern ini.

Hormon dibuat dengan rekayasa DNA dari mikroorganisme. Hormon-hormon yang telah diproduksi secara masal misalnya insulin, hormon pertumbuhan, kortison, dan testosteron.

kehamilanku.web.id
kehamilanku.web.id

Produk berikutnya adalah bayi tabung. Bayi tabung adalah hasil dari pembuahan secara in vitro atau di luar rahim ibu. Ovum dan sperma terpilih dipertemukan dalam sebuah ‘wadah’ hingga terjadi pembuahan.

Setelah pembuahan berhasil dan sel berkembang baik, baru kemudian ‘ditempelkan’ pada rahim ibu.

Bioteknologi Bidang Pertanian

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Bioteknologi juga dimanfaatkan pada bidang pertanian. Hal ini berkembang pesat sebagai jawaban dari semakin berkurangnya lahan pertanian sementara tingkat konsumsi masyarakat semakin tinggi.

Dengan bioteknologi, peneliti mengembangbiakkan bateri Rizhobium yang biasanya hanya hidup di tanaman polong-polongan menjadi dapat hidup di akar tanaman lain.

Sehingga dihasilkan tanaman yang dapat mengikat nitrogen sendiri. Bakteri yang dihasilkan juga diupayakan memiliki kemampuan mengikat nitrogen yang baik dengan teknik rekombinasi gen.

Upaya ini dilakukan untuk mengurangi atau meniadakan penggunaan pupuk nitrogen pada lahan pertanian yang kerugiannya justru lebih banyak dibanding manfaatnya.

Selain itu, bioteknologi juga bisa menghasilkan tanaman tahan hama penyakit. Melalui rekayasa gen dan kultur sel, didapatkan tamanan ini.

Gen kebal penyakit disisipkan pada sel tanaman. Sehingga saat tumbuh nanti, akan menjadi tanaman kebal penyakit dan dapat diperbanyak serta disebarluaskan.

arinifalah.wordpress.com
arinifalah.wordpress.com

Dengan bioteknologi, juga bisa dihasilkan bibit tanaman yang seragam. Ini didapat melalui teknik kultur jaringan. Dengan cara ini, bisa didapat bibit tanaman seragam dalam jumlah besar.

Bioteknologi Bidang Peternakan

kabutsutrabiru.blogspot.com
kabutsutrabiru.blogspot.com

Bioteknologi ternyata juga dikembangkan pada bidang peternakan. Produk yang dihasilkan antara lain hormon pertumbuhan.

Rekayasa genetik yang dilakukan menghasilkan hormon pertumbuhan hewan buatan atau BST (Bovin Somatotropin Hormon). Hormon ini didapat dari bakteri yang telah diinfeksikan pada hewan.

Hasilnya hewan akan tumbuh pesat dan menaikkan produksi susu.

Hasil lain dari bioteknologi modern adalah domba dolly. Hewan ini merupakan hasil kloning, yakni transfer inti sel autosom (diploid) ke dalam ovum (haploid) yang telah diambil inti telurnya.

Selain itu, dapat dihasilkan juga hewan transgenik. Hewan ini memiliki sifat dan kemampuan berbeda dari hewan sejenisnya. Contohnya adalah hewan yang dapat menghasilkan air susu yang mengandung faktor anti hemofili.

Bioteknologi Bahan Bakar Masa Depan

blog.ub.ac.id
blog.ub.ac.id

Di masa depan nanti, kandungan bahan bakar minyak yang tidak dapat diperbaharui akan semakin menipis. Karenanya, perlu dilakukan suatu hal.

Dengan bioteknologi modern, telah diproduksi bahan bakar pengganti. Saat ini ada dua jenis bahan bakar yang diproduksi dari fermentasi limbah, yaitu gasbio (metana) dan gasohol (alkohol).

Alternatif bahan bakar masa depan ini diharapkan dapat menekan konsumsi bahan bakar dan mempertahankan ketersediaan bahan bakar dunia.

Demikian tadi penjelasan mengenai bioteknologi modern dan beberapa hasilnya yang sudah dapat dinikmati hingga saat ini.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *